Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

 

Perbandingan biaya cat ulang mobil full body bengkel auto 2000 dengan biasa -  Untuk menjaga penampilanya agar tetap mulus, konsep auto detailing perlu dilakukan setidaknya 3 bulan atau setahun sekali. Untuk menjaga warna cat agar senan tiasa mulus proses poles perlu dilakukan baik pakai kompon atau sekedar melakukan wax sehabis dicuci. Toh jika bila tidak sempat melakukanya sendiri banyak jasa car wash yang sekaligus menyediakan jasa polish.

Namun meski melakuakan perawatan baik secara rutin, seiring berjalanya waktu tingkat glossy cat ada masanya mulai berkurang dan endinya cat mulai pudar bahkan ada beberapa bagian dempul yang terkelupas dan kropos. Bila permasalah semacam ini terjadi untuk mengembalikanya kembali mulus proses cat ulang perlu dilakukan atau sekedar ingin ganti warna. 

Untuk urusan mengecat mobil perlu dilakukan oleh para tenaga ahli yang profesional dan memiliki jam terbang lebih lama. Secara umum proses body repair dapat dilakukan di bengkel resmi seperti auto 2000 atau membawanya ke bengkel pinggir jalan. Sedangkan untuk soal harga tentu keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Baca juga Teknik Menambal Body Mobil Kropos Pakai Serat Fiber 

Sebetunya tanpa dibawa ke bengkel kita bisa mengerjakan sendiri dengan hasil tak tak kalah dengan garapan bengkel auto 2000 dan yang pasti lebih hemat biaya sampai 70%. Nah bagi yang tertarik untuk mencobanya proses mengecat ulang mobil bisa dipisahkan jadi 3 tahapan. Pendempulan, pengecatan dan ditutup dengan proses clear coat. Berikut penjelasanya :

Tahap awal bisa dimulai dengan mengamplas cat lama secara merata menggunakan amplas ukuran 400 dan dibilas dengan 1500,  jika permukaan cat masih bagus bisa langsung pakai 1500.. Kemudian cuci permukaan cat dengan air sabun hingga kesela bagian body, setelah tahap selesai bisa langsung dikeringkan untuk menuju steep berikutnya.

Mengapa harus diamplas ?? Sebetulnya tanpa diamplas cat  baru masih bisa menempel, hanya saja tidak sampai 5 bulan akan mengelupas. Jadi sebelum kita timpa pengampalsan wajib dilakuakan sebagai langkah menghilangakan jamur yang tertempel. Jika ada body yang kurang rata anda bisa melakukan proses pendempulan dan mengaplasnya setelah mengering. Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar

Setelah mendapatkan permukaan dempul yang rata anda bisa melapisinya dengan epoxy terlebih dahulu. Tunngu hingga poxy mengering 3-4 jam untuk mengaaplasnya kembali pakai amplas nomor 240 dan dibilas 400 utuk menghasilkan permukaan yang halus. Jika sudah mengering tinggal memberi warna cat dasar.

Setelah menunggi 30 hingga cat dasar kering kita bisa mengamplasnya kembali pakai 1500 sampai menghasilkan permukaan yang halus. Setelah mengering bisa langsung menyemprotkan warna cat inti dengan menggunakan thinner super sebagai pelarutnya. Supaya bisa menghasilkan warna yang cantik dan menarik saya sarankan menggunakankan cat bakar PU. Setelah menghasilkan permukaan yang rata bisa naik ke tahap clear coat sebanyak 3-4 lapis dengan memberi jeda pada setiap lapisanya menghindari pernis meleleh.

Proses mempoles cat baru dapat dilakukan setelah clear coat kering keras 12-24 jam tergantung merk pernis yang dipakai.  Proses pols disini bertujuan sebagai langkah menghaluskan partikel debu yang menempel terutama saat ngecat diluar ruangan sekaligus menghilangkan tekstur kulit jeruk.

Bila belum pernah sama sekali pekerjaan mengecat ternyata cukup rumit ya masbro, perlu melewati beberapa tahapan yang butuh ketelitian. Saran saya jika masih ragu melakuaknya sendiri tidak ada salahnya menyerahkan pada ahlinya, toh bila semua pekerjaan dilakuakan dengan ragu-ragu hasil yang didapat kurang maksimal.

Untuk bisa menghitng berapa estmasi yang dikeluarkan berikut ini kami memiliki gambaran biaya cat ulang full body mobil khususnya dibengkel kami autoclinc

 

Untuk dafatar harga tentu menyesuakan besar kecil kendaraan ya masbro, misal biaya cat mobil sekelah honda jazz, yaris, sedan bisa kami kenakan harga 3-4 juta tergantung kondisinya. Jika ada beberapa bagian yang penyok akibat tabrakan atau ada body yang keropos tentu harganya berbeda. Estimasi biaya juga bisa lebih mahal bila warna catnya putih mutiara dan merah.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui 

Sedangkan tipe mobil sedang sekelas Avanza, Ertiga, kijang super, kijang kapsul atau sejenisnya  4-7 jutaan tergantung tingkat kerusakanya. Sementara untk harga perpanelnya 350-500rb, mungkin akan leih mahal bila kondisinya penyok.

Selain lebih murah kelebihan mengecat body mobil dibengkel biasa proses pengerjaanya lebih cepat, bahkan tidak sampai 3 pekan meski kerok total. Sementara untuk bahan sudah setara di bengkel resmi dealer honda yang sama memakai cat bakar PU. Hanya saja untuk proses pengecatanya masih in door yang mengandalkan panas matahari.

Biaya Cat Ulang di Bengkel Resmi

Jika dibandingan harga cat mobil di bengkel resmi dengan biasa harganya bisa berkali-kali lipat. Dilansir dari situs resminya, auto 2000 mengklaim jasa cat body yang ditawarkan mereka diawali dengan high quality control muali dari pody repair, preparation, paiting, masking hingga polishing yang dilkukan dengan tenaga profesional dan berpengalaman dibidangnya. 

Baca juga Urutan Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula 

Mereka juga menuturkan saat mixing cat sudah dilakukan dengan bantuan teknologi komputer sehingga memungkinkan memperoleh warna cat yang senada sesuai cat lamanya/yang dikehendaki.

Dengan teknolgi yang cukup mumpuni lalu berapa estimasi biaya yang dibutuhkan untuk proses pengecatan dibengkel resmi sekelas auto2000 ? Dikutip dari situs resminya biaya cat bodi mobil tergantung tingkat kerusakanya, dimuali dari 700 rb harga perpanel sekelas Avanza, sementara kijang inova mulai 900 rb.


 

Sementara harga full body sekelas avanza Rp 10.400.000, kijang inova Rp 11.800.000, kendaraan kecil agya RP 7.000.000 dan toyota fortuner RP. 17.000.000. Estimasi biaya bisa lebih mahal jika kondisinya ringsek bekas tabrakan dan ada bebrapa bagian yang perlu diganti.

Harga yang ditawarkan auto2000 menang tidak murah, namun semua kembali pada jenis bahan dan merk cat yang dipakai.  

Oke jadi sudah tahu ya berapa estimasi biaya cat ulang mobil full body auto2000 dengan biasa. Perbedaanya cukup signifikan sih, namun semua kembali pada anda. Toh ke duanya sama bagusnya. jika rajin dirawat repair pinngir jalan juga mampu bertahan lebih lama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas