Perlukah Cat di Amplas Sebelum di clear coat - Suryadidik.com

Perlukah cat di amplas sebelum di clear coat - Kunci sukses mendapat hasil pengecatan yang mulus dan terlihat kilap basah adalah ketekunan dan ketelatenan. Namun beberapa pemula banyak yang merasa hasil repair nya tidak sesuai yang diharapkan, ada beberapa yang melihat hasil catnya kurang rata, warna nya terbalik atau timbul goresan setelah dilapisi coating pernis.

Memang jika dilihat pekerjaan mengecat terbilang mudah, tinggal mengayunkan spray gun dari atas ke bawah atau sebaliknya. Faktanya mengecat mobil lebih sulit dan lebih rumit ketimbang mengecat tembok yang memakai air sebagai pengencernya. Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

Ya.. pengetahuan akan jenis thinner juga fungsinya perlu dipahami bila menginginkan hasil repair secara sempurna dengan umur yang lebih lama. Tak sedikit yang salah kaprah diaman thiner khusus cat dipakai buat campuran clear coat, alhasil cat cenderung kusam atau tidak terlihat glosy meski diapliaksikan 3-4 lapis sekalipun.

Proses pengecatan sendiri tak luput dengan pengamplasan, dimanaa sebagai langkah menghaluskan bidang yang akan dicat baiak untuk meratakan dempul yang bergelombang atau menghaluskan permukaan epoxy sebelum dilapisi cat dasar. 

Perlukah cat akhir atau inti di amplas sebelum di clear coat ??

Mungkin beberapa temen temen pernah menanyakan akan hal ini, namun perlu anda tahu tindakan ini justru membuat permukaan cat terlihat baret bekas diamplas meski sudah di lapis pernis 3-4 kali. Terlebih bila warna-warana metalik seperti silver atau abu abu diaman cat nya rawan terbalik bila salah mengapliaksikanya. 

Sebetulnya untuk menghasilkan permukaan cat inti yang lebih halus tak perlu di amplas sebelum di clear masbro. Kita cukup pakai thinner super sebagai campuran cat nya dengan mernentukan perbandingan yang pas. Tidak terlalu encer begitu pula tidak kekentalan.  Baca juga PASTI PASS.. Perbandingan Campuran Cat dan Thinner

Jika berniat untuk membersihkan permukaan cat dari debu atau noda lainya anda bisa pakai thinner degrease yang lebih aman. Cara menggunakan nya pun tidak terlalu rumit ya, cukup tuang secukupnya pada kain yang bersih dan halus kemdian usapkan pada permukaan cat yang akan dipernis secara merata.

Apa ngak rusak cat kok lap thinner ?? Tenang sob, berbeda dengan jenis lain thiner degreaser sifatnya lebih ramah atau tidak terlalu keras/panas. Bahkan mampu dipakai buat menghilangkan endapan kerat atau noda kuning pada permukaan cat khususnya pada bagian sela sela pintu yang sulit di poles.

Baca juga 4 Penyebab Clear Coat Tidak Mau Keras

Namun semua kembali pada hasil pengecatan, bila terlalnjur kasar dan tidak ada waktu menggulanginya mengamplasnya dengan ukuran amplas 2000 bekas agar tidak terlalu tajam sebelum clear.  

Selain jangan diamplas, jarak waktu antara cat dan clear juga tak kalah penting, pasalnya bila terlalu lama bahkan dibiarkan menginap satu malah justru membuat pernis tidak menempel sempurna atau gampang  mengelupas.

Bagaimana, sudah tahu jawabnya bukan pertanyaan seputar perlukan cat di amplas sebelum di clear coat semoga setelah membaca artikel ini anda bisa menghasilkan repiar yang lebih berkualitas. Sampai ketemu dilain kesempatan dan terimasih atas kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas