PASTI PASS.. Perbandingan Campuran Cat dan Thinner

Perbandingan campuran cat dengan thinner - Cat merupakan suatu cairan bersifat kental yang digunakan untuk melapisi sekaligus mempercantik suatu objek, umunya banyak dipakai pada kendaraan mobil, motor, tembok, almari atau perkakas lainya. agar mudah digunakan dibutuhkan sebuah tiner dengan takaran tertentu sebagai pelarutnya yang diapliakskan dengan spray gun.

Pencampuran cat juga tidak boleh asal, pasalnya bila terlalu encer atau kental memiliki dampak besar pada kualitas hasil pengecatan nanti. Yaa.. bila terlalu kental cat yang dihasilkan cenderung terlihat seperti kulit jaruk yang terlihat kasar, sebaliknya bila terlalu encer justru rawan meleleh serta memperlambat proses pengerjaan. Jadi dibutuhkan perhitungan yang pas saat mencampur  kedua bahan tersebut.

Bagi yang ahli mungkin sudah tahu takaranya jadi cukup dikira-kira dengan logika saat pencampuranya. Jika masih pemula agan bisa memakai kelas ukur untuk menentukan takaran yang pass. Penggunaan tinner juga perlu disesuiakan untuk tahap ini sebaiknya gunakan tipe super agar manghasilkan permukaan yang halus dan warna yangdihasilkan tidak berubah dikemudian hari. Baca juga Cat Ulang Mobil Tanpa Epoxy, AMANKAH ??

 


Umunya jenis jenis cat mobil terdapat beberapa pilhan diantaranya metalik, solid, mutiara(pear white), candy. Sedangkan untuk tipenya ada dua yakni cat bakar polyurethane dan NC nitrocelulosa, keduanya memiliki perbedaan yang perlu dipelajari khsususnya bagi pemula. 

Perbandingan Campuran Cat dan Thinner Untuk Mobil dan Motor

Sebetulnya aturan pakai atau takaran sudah tertulis pada sisi belakang kemasan, namun tidak ada salahnya kami review kembali dengan bahasa yang mudah di mengerti. 

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Untuk mendapatkan lapisan yang halus takaran cat kompresor dapat menggunakan gunakan perbandingan 1:1.8 tidak terlalu encar dan tidak kekantalan. Selain membuatnya lebih kasar cat yang kental lebih sulit keluar dai lubang spray gun. Di bawah merupakan sedikit gambaran yakni untuk 1/5 cat perlu 250 ml atau satu gelas thinner sebagai campuranya.


 

Beda lagi bila untuk cat dasar anda perlu membuat adonan yang sedikit kental dengan menggurangi jumlah thiner yang dipakai. Ini berujuan agar cat cepat menutup, menghemat tiner serta mempercepat tahap pengerjaan. Setelah mengering 20-30 menit sudah siap diampas.

Sedangkan cat akhir/ inti buat sedikit lebih encer sehingga menghasilkan permukaan yang halus dan siap untuk tahap lapisan clear coat. Sebelum digunakan ada baiknya agan menyaringnya dengan kain, pasalnya terkadang ada beberapa kotoran atau benda asing lain yang ikut tercampur.


Ukuran Amplas yang dipakai untuk mengamplas cat dasar

Karena hampir mendekati tahap akhir, nomor amplas yang dipakai sedikit lebh halus ukuran 1500. Jika tidak ada bisa pakai 400 bekas, amplas hingga memperoleh permukaan yang halus tanpa membuat warna cat dasar terkikis habis. Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Cara mengamplas cat dasar adalah dengan membasahinya dengan sedikit air untuk mengurangi gesekan.

Oke,.. Semoga dengan adanya review perbandingan campuran cat dan thinner untuk cat motor mobil dapat pertimbangan agan dalam proses pengecatan. Intinya adalah jangan takut berexsperimen untuk mendapatkan pengalaman baru..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas