Cara Cat Carbon Water Printing Pada Body Motor


Cara Cat Carbon Water Printing Pada Body Motor - Hallo dulur pecinta body repair, seiring dengan perkembangan zaman saat ini proses mengecat bisa dilkaukan diatas air lo mas bro. Masak bisa?? cat sama air kan ngak bakal nempel, ngaco kamu ini sob. Kedengaranya cukup aneh memang, biar ngak pada penasaran yuk simak kembali artikle seterusnya.

Cat water printing adalah menempelkan film berbagai motif dengan cara mencelupkan ke dalam air bersama media yang di beri gambar.  Untuk motif banyak pilihan dimulai kartun anime, tengkorak, serat kayu atau motif carbon yang saat ini tengah ambyarr. Teknik cat celup bisa dilakukan diberbagai media muali dari yang berbahan plastik seperti dek motor, spacboar belakang atau dari matrial logam seperti blok mesin.


Kedengaranya sih mudah tinggal celup langsung jadi, esst jangan salah masbro tak sedikit yang mengalami kegagalan akibat kelirunya teknik yang dipakai. Perlu anda tahu ya bro harga film water printing untuk ukuran 1x1m 80rb bahkan ada yang 100rb tergantung kerumitan motif. Yang lebih mengecewakan lagi  jika sudah gagal carbon water printing sudah tidak bisa dipakai, karena sifatnya bila terkena air akan melunak dan tidak bisa disatukan lagi. Mubazirkan bila terbuang sia-sia..

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Biar ngak salah kaprah dibawah ini adalah real bagaimana cara cat carbon water printing pada body motor atau material lainya. Sebelum melangkah lebih jauh siapkan beberapa peralatan diantaranya :

  • Water Printing
Water film printing juga biasa disebut hydrograghic printing atau hydro imaging dimana bahan ini yang nantinya akan menempel pada bidang atau media yang akan kita celup carbon. Untuk desainya bisa memakai sesuai keinginan mas bro. Sekilas jika diperhaikan bentunya mirip film sticker motif, untuk harganya sudah saya jelaskan diatas tadi 80-90rb/meter bisa membeli di toko online shopee atau lainya.

Yang perlu saya garis bawahi adalah sebelum dipakai usahakan saat menyimpan water film tidak berdekatan bahkan terkena air, karena bahan ini sangat sensitif bila terkena satu tetets air saja menyebabkan bolong bahkan motif yang nempel hilang.

  • Aktivator
Fungsi aktivtor adalah sebagai bahan pelunak atau perakat saat water flim sudah diletakkan diatas air. Untuk aktivator water transfer carbon bisa memakai Samurai paint dengan kode WF-05 Rp 59.000 perkaleng isi 400ml.

  • Cat Semprot
Untuk warna tergantung selera penting hitam ataupun gold berbagai merk.

  • Lakban Kertas/Isolasi
Fungsi isolasi adalah sebagai pembatas water film agar saat dicelukan ke air tidak mengkerut bahkan menggulong. Saran saya gunakan isolasi kertas berwarna putih dimana daya rekatnya lebih kuat. Warna kuning sih bisa saja namun lemnya kurang kuat karena proses nanti bersentuhan langsung dengan air.

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen 

Dimana kita dapat isolasi kertas ? Tenang sob banyak terjual ditoko bangunan, cat bahkan tempat foto copy juga menyediakan. Umunya harga pergulung 5-7rb.


  • Box Penampung Air

Bisa pakai ember jika tidak punya manfaatkan bak kamar mandi sob, pokoknya yang  bisa nampung air yang penting tidak bocor. Jangan di sungai ya masbro bisa hanyut nanti... Untuk ukuran dan kedalaman sesuaikan degan seberapa besar benda yang dicelup.

Bila semua telah lengkah, simak langkah proses water transfer printing dengan aktivator samurai paint.

Tahap Pertama,

Siapkan media yang akan kita celup misal spakboard motor, spon, cover knalpot atau bidang lain. Sebelumnya amplas seluruh permukaan pakai amplas halus nomor 1500 pakai sabun untuk mengilangkan sisa oli atau minyak yang menempel kemudian keringkan.

Tahap Kedua,


Proses cat yang sebelumnya media sudah dilapisi plastik primer, Fungsi plastik primer adalah sebagai perekat antara prak dengan cat terutama pada babian kulit jeruk seperti spakborad, dasboard dimana bahan tersebut mengandung minyak bila langsung kita timpa cat warna gampang terkelupas. Untuk cara mengaplikasikanya cukup mudah tinggal kita semprot merata, kemudian kita oles dengan jari telunjuk sampai terasa kering dan lengket. Kemudian diampakan 30-50 menit agar meresap ke objek

Tahap Ketiga,

Bila plastik primer sudah kering langsung naik ke tahap warna cat dasar. Untuk saya sendiri memakai cat warna item karena lebih natural. Bila pengen warna gold tingal beri cat warna gold secara otomatis carbon printing akan warna gold, intinya mengikutiwarna cat dasar.

Baca juga 4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Dek Motor Matic 

Untuk memperoleh hasil bagus pastikan sebelum dicat permukaanya sudah bersih. Selanjutnya keringakan selama 2 jam disaat cuaca cerah, jangan dicemur dibawah terik matahari ya masbro, cukup taruh diruang terbuka.

Tahap pengecatan ini wajib dilakukan ya masbro, tanpa proses cat carbo tidak akan menempel dan jadi penyebab proses water printing gagal.

Tahap keempat,

Bila langkah diatas sudah clear, berikutnya siapkan water film printing yang akan dipakai. Kemudian potong sesuai ukuran media yang akan kita carbon, pakai gunting yang tajam yaa masbro biar hasilnya rapi. Usahakan saat memotong ukuranya sedikit lebar dari ukuran park, bisa memberi jarak lebih 5-10 cm. Misal bila panjang objek 15cm dan lebar 7cm jadi water film kita potong 20 x 12 cm.


Berikutnya tempelkan isolasi kertas ke seluruh pinggir water printing bagian atas(yang warnanya glosy/mengilap), pastikan semua permukaan menempel.

Tahap kelima,

Siapkan ember atau lainya yang sudah terisi air penuh dan letakan secara hati-hati water film printing ke atas permukaan air. Biar ngak ada udara terjebak didalam ada triknya ni masbro, dahulukan bagian tengah yang menempel ditas air dengan perlahan akan lebih baik dilakukan dua orang. Jika ada bagian yang tertekuk ratakan/jabarkan pakai ibu jari dan jika ada gelembung giring kepinggir pakai jari telunjuk untuk menghilangkanya.


Awas ya mas bro jangan kebalik saat meletakan film. Untuk mengetahu bagian bawah(yang menempel air)  perhatikan permukaanya jika warnanya mengkilap itu yang diatas sedangkan untuk yang warna doff bawah/menempel air. Bila masih binggung potong ukuran kecil wafer film kemudian basai kedua sisinya, sisi bawah/yang menghadap air akan terasa lengket atau berlendir bila terkena air. Jangan sampai kebalik ya masbro.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola 

Selanjutnya diamkan sebentar maksimal 2 menit, tinggal kita semprotkan aktivator Samurai Paint WF-05 dengan jarak 15cm satu jengkal tangan. Semprot tipis-tips dan merata aja ya masbro, Bila terlalu tebal justru motif/gambarnya water printing akan melebar bahkan membuat hancur.


Ngak usah nunggu terlalu lama langsung celupkan objek dengan kemiringan sudut 360% secara perlahan agar tidak putus atau pcah. Bila semua sudah tercelup ke dalam air tinggal goyang-goyang untuk menghilangkan/melepaskan water film yang tidak terpakai(bagian sisi pinngir) dan angkat ke atas. Lihat hasinya masbro.. juoss pokok e hasile


Bekas lendir yang nempel dipermukaan jangan lungsung dibersihkan ya masbro, diamkan dulu hingga mengering, yaa 5 menitan lah. Selanjutnya tinggal kita cuci untuk menghilangkan sisa lendir cukup gosok pakai tangan ngak perlu pakai sabun, jangan terlalu ditekan ya sob bisa rusak nanti carbonya. Bila sudah terasa kesat tinggal kita jemur.

Tahap Keenam,

Tahap terakhir adalah tinggal memberi lapisan clear coat, biara awet dan mengkilap gitu. Bisa pakai Samurai paint K1K 49rb/kaleng. Aplikasikan secar tipis-tipis hingga 3-4 lapis dengan jarak 10-15cm dan beri jeda 2-3 menit disetiap lapisanya agar tidak meleleh. Agar mendapat hasil mengkilap basah pada lapisan teakhir semprotkan clear coat sedikit tebal sampai rata. Tinggal kita tunggu 4 jam sudah kering dan siap dipasang.



Bagaimana ? gampang atau sedikit sulit masbro ??  Bila percobaan pertama gagal ngak suah pesimis masbro, coba kembali dan yakin bisa dengan mempelajari kegagalan diawal. Bila cara cat carbon water printing pada body motor tadi suskes anda praktekakn bisa jadi ladang bisnis loo masbro. Soalnya diluar sana masih jarang banget jasa carbon, tak heran jika yang ditawarkan lumayan mahal.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas