Cara Menghitung CC Motor Secara Akurat

Cara Menghitung CC Motor - Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua dimana memakai mesin sebagai penggeraknya dengan memanfaatkan bensin, pertalite, pertamax sebagai bahan bakarnya. Di inonesia bahan dunia motor dibedakan jadi dua transmisi antara lain manual layaknya Honda tiger yang memakai rantai sebagai penggerak roda belakang dan auto matic yang pakai Vbelt CVT sebagai pengerak ban belakang. Sedangkan mesin memiliki dua tipe yakni 2 tak dan 4 tak

Meski hanya dilengkapi 2 ban depan belakang, motor masih stabil bila melaju dalam kecepatan tinggi, ini tak luput dengan yang namanya gaya giroskopik. Sedangkana saat kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan amat tergantung pengendara saat menahan stang. 

Keberadaan motor di indonesia memang cukup  populer karena dari tahun ketahun harga jualnya semakin murah, bahkan hanya Dp 1-2 juta udah bisa pulang degan motor baru. Jika dibandingkan mobil biaya oprasional motor memang lah murah serta mampu diandalkan melewati gang komplek yang sempit serta melibas melewati jalanan macet dengan lincah.

Cara Menghitung CC Motor Dengan Benar 

Untuk bergerak maju dalam sebuah kendaraan seperti motor memiliki kapasitas mesin yang menyesuaikan besar kecil kendaraan.  Dimana kapasitas mesin tersebut merupakan volume dari posisi piston di dalam bagian dalam silinder mesin, yang dikur dari satu pengerak maksimum dari atas ke bawah. 

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana? 

Dan bisa dihitung dengan memakai satuan CC centimeter cubic, liter I atau CDI inchi kubik dipasar Amerika utara. Kapasitas mesin tidak termasuk dari total volume ruang pembakaran.

Maka beberapa orang berpendapat bahwa yang mampu mengetahui kapasitas atau seluk beluk mesin adalah mekanik atau teknik yang berpengalaman. Namun jika dipelajari menghitung kapasitas isi mesin motor terbilang mudah, yakni menggunakan rumus untuk menghitungnya.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Bagi pengguna motor khususnya kaum adam pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya CC bukan ?? CC merupakan kepanjangn dari centimeter cubic, dalam dunia otomotif hal ini dinamakan dengan volume atau kapasitas pada ruang mesin bakar dari masing masing motor dengan jumlah berbeda. 

Karena itulah supaya agan mengetahui besaran volume yang terdapat dirang bakar baik itu silinder maupun piston, maka yang perlu dilakukan ialah dengan cara menghitung jumlah CC centimeter cubic. Berikut adalah langkah langkah perhitungan yang akurat, sebagai berikut :

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menghitung berapa diameter piston. Perlu diketahui juga ukuran panjang stroke ataupun lengan ayunan pada mesin tersebut.

Dalam hal ini kalian tidak usah dipusingkan untuk menghitung kapasitas silinder mesin motor yang sudah di modifikasi atau di bore up dengan menggunakan sebuah rumus. Cukup mengetahui besaran diameter piston bore serta pangan lengan stang seher stroke, jika keduanya dapat diketaui kita tinggal menghitung pakai rumus akurat. 

Rumus Menghitung CC Motor

Adapun rumus untuk menghitung kapasitas silider mesin yang umun dipakai antara lain :

П/4 X (DXD) X L

  • П : Rumus absolute sebelum lingkaran "3,14"
  • D : Diamter piston atau silinder
  • L : Panjang langkah piston atau stroke 

Jika binggung pakai rumus diatas da cara lain lagi yang mudah di mengerti, yakni dengan rumus 0,785 x Bore x Bore X Stroke. Maka kasil yang didapat akan sama dengan pakai rumus diatas. 0,785 merupakan hasil dari 3,14 : 4 dari rumus diatas.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning 

Untuk rumus menghitung cc motor tadi bisa kita coba dengan contoh misal pada motor mio J dimana standar pistonya 50 mm dengan stroke 57,9 mm. Anda bisa melakukan broke up memakia piston dengan diamter 58 mm, jadi tambah berapa kapasitas pada Mio J tersebut ?? Berikut perhitunganya

0,785 x Bore x Bore x Stroke 

Dapat diketahui diameter piston mio J setelah bore up 58 mm, dengan panjang langkah piston stroke tetap 57,9 mm.  Jadi dapat kita hitung dengan rumus dibawah ini :

0,758 x  58 mm x 57,9 mm = 152898,8 mm

Dan untyuk menghasilkan hitungan CC, hasil yang telah kita hitung tadi tinggal dibagi 1000, jadi 152898,8 mm : 1000 maka hasilnya bertambah 152,88 CC. Mudah bukan, dimana kita tinggal mengeser ke kiri sebanyaj tiga kali. 

Nah demikian tadi ulasan bagaimana cara menghitung cc motor yang akurat. Semoga setelah membaca artikel ini wawasan anda jadi bertambah khususnya soal mesin. Tetap safety saat bekendara dan sebisa mungkin hindari balap liar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas