Tahapan Finishing Setelah Pengecatan Mobil Selesai


Tahapan setelah pengecatan mobil selesai - Hallo dulur jupa lagi dengan kami ya.. Mengecat merupakan sebuah rutinitas yng bisa dikatakan cukup rumit ya, khususnya cat mobil atau motor. Dimana kesalahan sedikit saja dapat terlihat dan perlu mengulanginya kembali sekedar memperbaikinya. Tak heran biaya cat ulang mobil full body mencapai jutaan pahkan puluhan juta jika menginginkan bahan berkualitas tinggi.

Selain mahal proses pengerjaan juga memakan waktu cukup lama bisa sampai dua pekan bahkan satu bulan lebih bila dempul lama perlu dikupas/kerok agar body mobil kembali kaleng. Memakan waktu cukup lama memang, pasalnya untuk menmghasilkan permukaan yang terlihat glossy dan mulus setidaknya ada 4 tahapan yang perlu dilalui.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Tahap pertama adalah mengamplasi seluruh lapisan body sebelum memberi lapisan epoxy berlangsung. Bila diperlukan anda bisa mengaplikasikan dempul untuk meratakan bidang yang penyok atau bekas hantaman palu dari tukang las atau ketoc magic. Tentu proses pengamplasan ini sangat oenting, pasalnya bila tidak dibersihkan cat justru gampang terkelupas.

Tahapan finishing setelah pengecatan mobil selesai

Mengecat ulang mobil ditutup dengan pemberian lapisan coating atau clear Coat yang bertujuan mengkilpakan cat sekaligus sebagai pelindung agar warna yang dipancarkan tidak pudar.
Namun semua proses pengecat tidak berakhir sampai disini. Agar mampu menghasilkan permukaan cat halus, mengkilap tanpa terlihat kulit jeruk proses poles perlu dilakukan.

Poles merupakan tahapan finishing setelah pengecatan ulang mobil selesai. Berikut adalah rangkumanya.

Untuk tahapnya siapkan terlebih dahulu amplas halus ukuran 2000 (Jumlah bisa disesuaikan seberapa lebar bidang dicat), kompon putih dan obat wax. Untuk wax nya terserah iya masbro bisa pakai produk dari Kit, Turtell wax atau lainya.

Baca juga Daftar Merk Clear Cat Mobil Paling Bagus dan Awet

Anda bisa mengamplas permukaan clear hingga halus(tekstur jeruk menghilang) ditandai dengan pernis yang mengkilap jadi doff. Oh iya pastikan sebelumnya permukaan clear mengering keras 5-8 jam. Bagi pemula sebaiknya hati-hati ya sob, pasalnya amplas mampu mengikis lapisan clear bila dilakukan tanpa perhitungan yang matang.

Jika sudah selesai bisa naik tahap berikutnya yakni pempolesnaya pakai kompon putih, oleskan kompon secara merata pada permukaan cat kemudian dapat dipoles dengan mesin selama beberapa menit hingga cat kembali mengkilap dan terlihat lebih halus. 

Untuk mampu menghasilkan polesan yang matang dibutuhkan waktu 20 menit disetiap panelnya. Namun semua kembali pada hasil amplasan tadi bila dilakukan dengan baik dan benar proses poles bisa lebih matang. Untuk pemolesan cat baru perlu dilakukan sebanyak 2 tahap, yakni tahap pertama memakai woll pad dan dibilas dengan foam pad. Baca juga Perbedaan Wool Pad dan Foam pad, Untuk Poles Maksimal 

Jika tahap diatas rampung ditutup dengan proses waxing dimana selain menambah daya kilap juga mamou memberi efek daun talas lebih lama. Wax juga memilik fungsi menghilangkan bekas kompon pada permukaan cat, dimana terlihat seperti berkabut.

Oke, jadi sudah tahu bukan beberpa tahapan finishing setelah pengecatan mobil selesai. Cukup rumit sih sebetulnya, tak heran bila beberapa bengkel body repair pasang harga cukup tinggi untuk cat ualng full body. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas