4 Penyebab Clear Coat Tidak Mau Keras

Penyebab Clear Coat Tidak Mau Keras - Tak sedikit dulur yang merasa gagal atau kurang puas dengan hasil repair ulang yang dikerjakan. Sekilas proses mengecat terlihat mudah, mungkin yang ada difikiran adalah sulitnya tahap pendempulan serta pengamplasan yang memakan waktu cukup lama. Untuk full body saja butuh 10-14 hari itupun saat cuacaa cerah, kalau pas musim penghujan seperti saat ini waktu yang dibutuhkan bisa lebih panjang.

Beberapa kendala yang kerap dijumpai khsususnya untuk pemula adalah cat lama tidak kuat ditimpa dengan cat baru. Permasalahan ini kerap terjadi dimana saat proses pengecatan dilakukan secara terburu-buru tanpa memberi jeda disetiap lapisnya.

Untuk menghasilkan pengecatan yang sempurna memang butuh keterampilan serta perhitungan matang. Pengetahuan penggunaan bahan juga tak kalah penting, jangan sampai sudah mengeluarkan sejumlah uang namun diakhir finishing merasa kecewa melihat hasilnya.

Beberapa permasalahan yang kerap kali muncul setalah cat diberi lapisan pernis adalah beberpa permukaan cat ada yang bolong bolong kecil serta ada beberapa bintik-bintik kecil akibat banyaknya debu yang menempel. Bahkan yang lebih parah tidak mau keras meski sudah 2 hari lebih, ini ditandai bila ditekan pakai kuku meninggalkan bekas karena teksturnya masih empuk. 

Lantas berapa lama clear coat kering keras dana siap diamplas ?? Dalam kondisi normal sebetulnya pernis mampu mengering dalam jangka waktu 8-12 jam tanpa mesin oven. Bila sampai 2 hari tak kunjung kering, mungkin ada beberapa tahapan yang salah dan perlu dikoreksi.

4 Penyebab Clear Coat Tidak Mau Keras


  • Penggunaan thinner yang tidak sesuai

 

Bila dihutung ada banyak bahan yang diperlukan untuk repair ulang, dimulai dari penggunaan dempul, epoxy, cat dasar, cat inti dan clear coat atau dempul odol wanda bila diperlukan. Dari semua bahan cat tentu butuh tiner sebagai pelarutnya, namun perlu anda tahu jenis thinner untuk cat mobil atau motor juga macemnya dimuali dari thiner Super, A, ND/HG, atau PU/bakar. 

Beberapa thinner diatas tentu memiliki funsi berbeda, Bisa saja saat mixing clear coat anda pakai thiner super atau A sebagai pelarutnya. Alhasi proses pengeringan clear jauh lebih lama dan cenderung kusam.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear 

Idealnya thinner yang pas sebagai campuran clear coat adalah tipe PU, dimana selain mempercepat pengeringan pernis terlihat kilap basah yang mampu bertahan lebih lama dengan rajin melakukan proses wax

 

  • Lupa Mencampur Hardenner

 

Saat membeli pernius tentu kita disuguhkan 2 komponen yakni kaleng besar dan kecil, kaleng besar merupakan base coat sedangkan yang kecil disebut hardenener atau pengering. Umunya satu kilo clear berisi 1/4 obat pengering, namun ada yang hardenernya 1/2 kg pada merk clear yang bagus/berkualitas

Bila clear tak kujung keras bisa jadi kita lupa mencampurkan hardenner, yaa namanya juga manusia kadang ada yang lupa. Kasus serupa juga pernah saya alami alhasil udah nunggu lama tapi tak kunjung kering.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Sedangkan cara mengatasinya adalah dengan memberi lapisan epoxy kembali alias mulai dari nol lagi. Pasalnya bila langsung ditimpa cat atau clear coat presentase cat kriting lebih besar.

 

  • Faktor Cuaca 

 

Alam memang tidak bisa kita prediksi dimana kadang panas, mendung bahkan hujan. Tentu cuaca berdampak besar dengan hasil repair kita, terutama saat proses pengecatanya diluar ruangan. 

Jadi saat cuaca mendung seperti saat ini proses pengeringanya jadi lebih lama terutama epoxy dan clear coat, tak heran bila pernis ditekan kuku meninggalkan bekas alis masih empuk. Mengecat mobil saat musim hujan juga memiliki resiko tersendiri yang perlu anda ketahui. 

 

  • Kualitas Clear Coat Yang Dipakai

 

Penyebab terakhir adalah kualitas pernis yang digunakan, terkadang ada beberapa merk clear yang saat kering teksturnya tidak begitu keras. Jadi tak ada salahnya sebagai lapisan terluar cat anda gunakan clear coat yang berkualitas, sehingga mampu melindungi cat dari beberapa goresana atau biasa disebut anti gores.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat 

Intinya adalah untuk hasil terbaik penggunakan thinner serta clear coat PU/bakar sangat kami rekomendasikan. Mahal sihh.. tapi sebanding dengan apa yang didapat.. Yaa tahan lama dengan tetap terlihat kilap basah.

Jika tidak sempat mengerjakanya sendiri tidak ada salahnya urusan repair mobil mempercayakan pada bengkel yang kami kelolaa sendiri Autoclinc.

Demikianlah pembahasan mengenai 4 penyebab clear coat tidak mau keras semoga setelah membaca ulasan ini hasil repair ulang jadi lebih baik. Intinya adalah ketelatenan dan jangan mencoba, terimakasih atas kujunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas