Penyebab Dan Cara Mengatasi Clear Coat Bolong Bolong

Penyebab dan cara mengatasi clear coat bolong bolong - Hallo dulur.. Mengecat ulang merupakan langkah atau tindakan untuk mengkilapkan kembali warna mobil yang telah usang. Agar bisa menghasilkan pengecatan yang mulus dibutuhkan skill serta ketelatenan di setiap tahapnya. Lokasi saat ngecat serta kondisi cuaca juga tak kalah penting masbro...

Seperti yang sudah kami jelaskan kemarin, proses mengecat bisa dilakukan dengan dua metode melalu mesin oven dengan ruang tertutup atau mengandalkan panas matahari sebagai pengeringnya yang dilakukan pada ruang terbuka in door atau istilahnya body repair pinggir jalan. 

Sedangkan untuk kualitas yang didapat sebetulnya tidak jauh beda antara mesin oven dengan panas matahari. Namun semua kembali ke faktor SDM nya, bila tukang catnya sudah punya jam terbang panjang dengan segudang pengalaman tentu hasil repairnya menyerupai bahkan sama dengan cat orinya, baik dari tingkat glosynya maupun tekstur cat yang dihasilkan. 

Bila mengecat mobil dilakuakn sendiri atau pemulia mungkin pernah mengalami kendala saat mengecat, mulai dari cat lama tidak kuat ditimpa dengan cat baru, clear coat meleleh, timbulnya bintik-bintik bahkan bolong bolong pada permukaan clear caot. Bila beberapa hal ini terjadi tentu alam dibuat jengkel bahkan merasa frustasi saat melihatnya. Pasalnya bila masih pemula akan kebinggungan mencari cara menghilangkan nya.

Sebetulnya pada kesampatan kemarin sudah kami ulas bagaimana menghilangkan pernis bintik-bintik, dan diwaktu luang kali ini akan kami review penyebab dan cara mengatasi clear coat bolong bolong :

3 Penyebab Pernis Bolong Bolong Kecil dan Cara Menghilangkan Nya


  •  Percikan Air

Ya.. Penyebab utama clear coat berlubang adalah akibat percikan air yang ikut keluar melalui lubang nozzel spraygun sehinnga membuat clear coat berlubang. Seperti yang kita tahu cat tidak mampu mempel secara sempurna bila terken air. 

 Mengapa air bisa keluar dari spray gun ?? Ini bisa terjadi bila kita tidak memakai fillter air saat proses clear coat berlangsung, jadi bila ada endapan air dari tabung kompresor akan ikut keluar bersaaan dengan angin. Jadi alangkah baiknya sebelum mengecat keluarkan dulu air yang mengendap dalam dari tabung kompresor dengan melepas baut dibawah penampungan angin.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat 

Saya sendiri saat proses clear coat pakai fillter air yang terpasang dibawah spray gun. Dengan begini bila angin bercampur cat air akan terperanagkap pada fillter penampungan angin.

  • Bekas Minyak, Kit atau sejenisnya

 

Penyebab ke dua adalah lapisan cat inti terkena minyak atau obat wax seperti kit, Mengapa ini bisa terjadi ?? Faktor kedua ini disebabkan akan kelalain dimana secara tidak disengaja saat habis pegang gorengan tangan menyentuh cat atau lap yang kita pakai buat membersihkan cat bekas/terkena silicon kit. Hal hasil clear coat tidiak mampu menempel secara sempurna.

Baca juga Daftar Merk Clear Cat Mobil Paling Bagus dan Awet

Nah agar hal ini tidak terjadi sebaiknya seleum ditembak pernis bersihkan terlebuh dahulu permukaan cat dengan thinner degreaser dengan cara mengusapkanya secara merata dengana lap yang bersih dan halus. Tiner dagreaser ini aman ya sob tidak membuat cat luntur, jadi tak perlu ragu saat menggunakanya 

  • Menempelnya butiran debu

 

Tak hanya membuat cat terlihat kasar butiran debu yang menempel pada lapisan clear coat juga meninggalkan bekas yang mungkin sulit dihilangkan. Pengecatan yang dilakukan diluar ruangan memang rentan terkena debu bahkan serangga kecil juga hinggap. Jadi sebelum mengecat sebaiknya siram air disekitar bengkel agar debu tidak terlalu banyak berterbangan. Jika ragu tunda tahap pengecatan saat alam tidak bersahabat. 

 

Cara Menghilangkan Clear Coat Berlubang

 Sebetulnya tidak ada cara lain selain mengecatnya kembali, hanya saja bila lubangnya tidak terlalu dalam anda bisa mengamplasnya pakai grid 2000 hingga rata atau setudaknya pernis yang bolong menghilang dan kembali rata.

Hati-hati ya sob saat mengamplasnya, bila terlalu ditekan justru membuat cear coat botak. Jadi sembari diamplas anda bisa mengamatinya...

Jika tidak mau amabil resiko tidak ada salahnya soal urusan mengecat ulang mobil menyerahkanya pada bengkel yang kami kelola sendiri AutoClinic. 

Nah demikian ulasan penyebab dan cara mengatasi clear coat yang bolong bolong. Jadi intinya sebelum melakukan pengecatan persiapkan peralatan dengan mateng agar nanti tidak mengalami kendala saat proses pengerjaan. Terimkasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas