Penyebab Persneling Mobil Matic Tidak Bisa Pindah Gigi

Penyebab persneling mobil matic tidak bisa pindah gigi - Mobil bertransmisi otomatis kini tengah diminati ketimbang manual dengan alasan lebih praktis tanpa perlu menekan pedal kopling. Sehingga memberi kemudahan bagi siapa saja untuk menempuh perjalanan jauh dengan waktu yang cukup lama. Terlebih saat melewati jalan yang macet cukup panjang dikota besar seperti ibukota atau lainya.

Selain itu karena hanya dua pedal yakni rem dan gas maka pengemudi matic bisa mengistirahatkan kaki kirinya, cukup menginjak pedal saat melakukan pengereman. Tentunya ini menambah rasa nyaman si pengguna terutama kaum hawa yang tidak mau capek mengijak kopling berulang.

Seiring kemajuan teknologi beberapa mobil matic keluaran terbaru telah disematkan fiur canggih/modren untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Teknologi CVT misalnya dimana mnembuat perpindahkan persneling jauh lebih halus tanpa terasa hendakan khas mobil manual saat pindah gigi. Serta dilangkapi cruise control dimana mobil akan melaju dengan sendirinya dengan kecepatan tertentu tanpa perlu menginjak pedal gas.

Bagi yang tetap ingin merasakan akselerasi spontan layaknya pindah gigi kendaraan manual, teknologi matic sekarang sudah memakai sistem siftronic atau paddle shift. Dengan teknologi canggih ini kita bisa memindahkan tuas persneling  dari R ke D atau sebaliknya secara manual tanpa perlu pedal kopling. 


 

Namun sama halnya dengan komponen mobil lain/manual transmisi matic juga ada masanya dimana perlu melakukan servis atau ada beberapa komponen yang perlu diganti. Sebelum tiba waktunya diperbaiki, terkadang ditandai dengan gejala seperti tuas persneling sulit digeser atau pindah gigi. 

Tentu sulitnyaa menggeser perseneling mobil matic sulit digeser dari posisi R ke D atau sebaliknya akan membuat anda merasaa kesulitan terutama saat melakukan parkir atau sekedar putar balik lantaran mobil tidak mau muntur. Namun jangan langsung memvonis bila masalah ini akibat kerusakan pada gearbox ya masbro. Karena akan kami ulas beberapa penyebab pastinya.

Penyebab Persneling Mobil Matic Tidak Bisa Pindah Gigi

 

1. Switch Lampu Rem Bermasalah 

Bila transmisi mobil matic masih terasa nyangkut dan sulit dipindahkan dari posisi P ke R bisa jadi kerusakan apda pada gearbox lampu rem belakang.


 

Penyebabnya adalah saat pedal rem diinjak switch rem tidak ikut tertekan. Kerusakan ini ditandai dengan lampu balakng yang tidak mau nyala saat rem ditekan. Jadi saat switch rem tidak tertekan pedal rem, maka pegangan trasmisi tidak akan bisa dipindahkan meski pedal rem ditekan penuh.


2. Periksa Sekring Rem

Untuk Mengatasi trasmisi matic nyangkut perlu melakukan beberapa pengecekan. Komponen pertama yang perlu dicek adalah pada box sekring yang letaknya ada pada ruang mesin. 

 

Caranya pun cukup mudah dengan membuka dengan membuka box sekring tersebut, selanjutnya cek mana sekring untuk tail lamp melalui diagram yang biasanya terletak/menempel pada bagian dalam tutup box sekring. 

Bila sudah ketemu cabut sekring tail lamp dan priksa kondisinya, bila sekring putus lakukan penggantin dengan sekring baru sesuai ukuran yang serupa/sama.

 

3. Cek Kondisi Soket Switch Rem

Bila sekring telah diganti coba gaser tuas persneling sepertri biasanya Dari posisi P ke R atau D. Bila masih sulit di pindah coba cek komponen kedua, yaitu sambungan soket switch rem apakah kendor atau tidak.


Untuk mengeceknya cabut soket switch rem kemudian pasang kembali hingga terdengar bunyi klik. Langkah ini untuk memastikan apakah tersambung dengan benar atau tidak. Bila sudah cek kembali tuas transmisi apakah sudah bisa di gerakan secara normal atau masih seret. Bila tidak ada perubahan cek komponen berikutnya.


4. Mengatur Jarak Pedal Dengan Switch Rem

Perbaikan lain yang perlu dilakukan adalah menyetel jarak switch rem dengan pedal rem. Untuk memudahkanya gunakan kunci 12mm, kemudian putar mur switch rem ke kiri agar berdekatan dengan jarak pedal rem dan putar ke arah sebaliknya/kanan untuk memperlebar jaraknya. 


 

Jarak idealnya adalah sekitar 1 cm, jarak yang terlalu jauh membuat lampu rem tidak bisa membaca sinyal dari switch rem agar lampu bisa menyala. Kondisi ini lah yang membuat persneling sulit digerakan seperti terkunci. 

 

5. Switch Rem Kotor

Switch ram yang kotor juga bisa menjadi penyebabnya, kotoran ini bisa disebabkan dari beberaapa tumpukan pelumas bercampur debu daan kotoran lainya. Kondisi seperti ini akan terasa bila mesin dalam kondisi dingin. 

 


Beda bila mesin sudah kondisi panas tumpukan pelumas yang menempuk akan melunak sehingga transmisi lebih mudah di pindahkan. Untuk memperbaikinya anda perlu mengganti yang baru, jikaa hanya dibersihkan tidak bertahan lama. 

Nah itu tadi beberapa penyebab persneling mobil matic tidak bisa pindah gigi, Sebaiknya agar tidak benar-benar macet lakukan perawaataan secara rutin dengan membawanya ke bengkel ahli. Pasalnya tak semua bengkel yang tahu sistem kerja mesin transmisi otomatis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas