4 Kerugian Mengecat Mobil Saat Musim Hujan

Dampak Buruk Mengecat Mobil Saat Musim Hujan - Hallo dulur... Bila kendaraan anda saat ini sudah berusia 10 tahun lebih mungkin ada beberapa permukaan cat yang rusak baik itu timbul pecah pacah, penyok atau lecet dibeberapa titik. Sehingga agar kembali mulus perlu melalukan perbaikian, baik dilakukan sendiri atau menyerahkan pada ahlinya.

Untuk menghasilkan kualitas cat terbaik dibutuhkan ketelatenan disetiap langkahnya. Proses pengamplasan misalnya, bila salah memakai ukuran amplas saat akhir finishing baret bekas amplasan akan terlihat meski sudah ditimpa cat berulang serta lapisan clear Coat.

Lokasi mengecat juga tak kalah penting, usahakan tidak terlalu banyak debu berterbangan. Pasalnya banyak nya debu yang menempel membuat permukaan clear Coat jadi lebih kasar. Selain lokasi, kendala mengecat lainya adalah faktor cuaca dimana saat musim hujan seperti saat ini cat akan lama kering bahkan berembun. Beda dengan mesin oven kapan pun bisa mengecat bahkan saat malam hari. Baca juga Daftar Merk Clear Cat Mobil Paling Bagus dan Awet

Kerugian Mengecat Mobil Saat Musim Hujan

 

  • Cat lama kering

Kendala pertama yang dihadapi adalah lamanya proses pengeringan, lamanya proses pengeringan ini membuat cat jadi berembun serta presentasi meleleh lebih lebih banyak. Pasalnya bila cat belum benar-benar kering membuatnya gampang leleh bahkan menyebabkan cat lama gampang keriting.

Disaat musim penghujan sebelah mengecat amati bidang yang akan dicat. Bila saat diraba kondisinya dingin sebaiknya tunda proses pengerjaan.
 

  • Timbulnya bintik-bintik putih

Munculnya bintik-bintik putih ini terjadi apabila setelah proses clear dan belum kering sempurna terkena percikan air hujan dimana akan tembus/meresap kedalam clear coat. Bila sudaqh begini diampla atau di kompon pun tidak bisa hilang. Jadi dapat disimpulkan pekerjaan kita jadi sia-sia dan harus mengulanginya kembali.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat 

Jadi setelah proses clear coat selesai pastikan bila terjadi hujan tidak mengenainya paling tidak sampai mengering 3-4 jam.


 

  • Cat jadi berembun

Permasalahan ke tiga ini lumrah terjadi bila mengecat cuaca tidak tidak panas atau lagi mendung. Cat yang mengembung bisa kita lihat dimana muncuknya air seperti kringat yang muncul di permukaan cat.Bila ini terus dipaksa hasil repair anda kurang maksimal, kalaupun bisa tidak sampai 3 bulan agan terkelupas.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Ya sifat thinner yang panas dan permukaan yang akan dicat kondisinya dingan maka terjadilah proses oksidasi/berembun. Jika dalam keadaan terpaksa gunakan hair dryer.

 

  • Cat Lama Mengering

Seperti yang kita tahu mengecat diluar ruangan mengandalkan sinar matahari sebagai pengeringnya. Otomatis bila tidak ada panas cat jadi lama mengering bahkan butuh waktu 3x bila dibandingkan saat panas. Begitupun juga untuk epoxy juga kering lebih lama meski sudah pakai poxy PU/bakar.

Sebetulnya mengecat saat musim hujan tidak menjadi kendala bila mengetahu tata caranya. Pertama gunakan bahan berkualias, karena panas jarang terlihat sebaiknya gunakan thiner yang sifatnya cepat menguap. Untuk campuran catnya gunakan jenis thinner super dari alfagloss atau lainya, sedangkan untuk clear coat pakai thinner PU agar cepat mengering dalam hitungan menit. 

Baca juga Yuk Simak Perbedaan Cat Mobil Oven dengan Biasa

Namun semua kembali pada cuaca saat hujang sebaiknya tunda pengecatan, bila dipaksakan percikan air hujan yang terbawa ingin justru membuat permukaan cat timbul lubang lubang kecil. Beba lagi bila mendung tidak jadi masalah asalkan bidang yang dicat tidak terlalu lebar layaknya full body.

Pada warna tertentu seperti silver, kuning emas, abu-abu atau warna metalik lainya sebaiknya tidak mengecat bila cuaca tidak benar-benar panas. Pasalnya bisa membuat warna cat jadi terbalik layaknya awan mendung seperti timbul belang menghitam.

Nah demikain tadi beberapa resiko atau kerugian mengecat body mobil saat musim hujan semoga dengan adanya artikel ini bisa anda jadikan bahan pertimbangan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah meluangkan waktu menggunjunginya. Nexs kami berikan info menarik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas