AWAS KELIRU..!! Cara Cek Keaslian Oli Honda AHM Asli dan Palsu

Cara cek keaslian oli honda AHM asli dan palsu - Untuk menjaga motor agar dalama performanya melakukan servis secara berkala penting dilakukan agar tidak terjadi suatu hal ditengah jalan, semisala mesin tiba-tiba mogok atau terasa brebet saat digas. Permalahan ini kerap kali terjadi pada motor lama namun tidak menutup kemungkinan kendaraan baru juga mengalaminya baik jenis matic maupun manual.

Agar mesin dapat bekerja dengan semestinya keberadaan oli tentu sangat penting untuk melupasi komponen di dalamnya. Namun beberapa orang lupa atau sengaja tidak menggantinya, terutama terjadi pada kaum hawa. Padahal bila volume oli berkurang bahkkan habis membuat performa mesin berkurang dan yang lebih paras membuat kurusakan yang cukup fatal komponen di dalamya. 

Karena fungsinya cukup vital penting dalam hal pemilihan oli mana yang ideal untuk mesin motor. Pasalnya saat ini marak beredar oli palsu yang menggunakan merk ternama, dimana ini bisa merugikan konsumen maupun pihak bengkel itu sendiri.

Cara Cek Keaslian Oli Honda AMH Asli dan Palsu

 

 1. Cek Tutup Botol

 

Ciri ciri oli AHM palsu bisa dilihat dari tutup kemasan dimana pada tutup botol terdapat kode produksi dan letaknya sejajar dengan kode yang tercetak pada boto. Yang perlu kita tahu adalah font dan ukuran kode tersebut karena kode pada oli asli ukuranya kecil dan terlihat lebih rapi. 

Sedangkan ukuran font oli palsu cenderung lenih besar dan kurang rapi, Untuk lebih jelasnya perhatiakn gambar dibawah ini.

 

Bila diperhatikan kode pada tutup botol lebih tercetak rapi dan tempatnya sejajar pada kode produksi yang ada pada botol kemasan. (ngak sempet foto sob) hehee...




Sementara untuk yang palsu kode yang tercantuk terkesan tidak rapi, bahkan ada yang cetakanya kurang jelas.


 

 

2. Kode Botol

Begitupun juga kode yang tercantum pada botol kemasan yang sejajar pada tutup botol. Berikut adalah foto penampakanya.



Bisa kita lihat pada kemasan botol palsu jarak atau spasi kote satu sama lain terlihat kurang rata. Sedangkan yang asli lebih kecil dan rapi.

3. Kode Dibawah Botol

Begitu juga kode yang ada dibawah botol sangat terlihat perbedaan antara oli honda asli dan palsu. Pelumas palsu bisa dilihat dari ukuran font yang lebih besar dan tercetak tipis, berbeda dengan yang asli kode tercetak lebih kecil dan tabal walaaupun ada beberapa angka yang hilang karena terlalu lama saya taruh dirak.


 

4. Stiker Kemasan

Pemasangan stiker juga menjadi pemanda keaslian oli yang anda beli. Stiker oli palsu lebih dominan tipis dan penempelanya kurang rapi. Bisa dilepas akan lebih mudah dan mengelupas secara utuh.

Sedangkan yang asli penempatanya pas ditengah botol dan tertempel lebih kuat karena penempelanya pakai mesin. Begitupun juga saat gambar dilepas lebih sulit dan akan sobek.



 

5. Jumlah Oli

Langkah terakhir adalah dengan membedakan jumlah isi oli, yang palsu warnanya lebih dominan coklat sedikit kekuningana dan jika ditakarjumlah yang lebih sedikit.




Sementara yang asli lebih secrah/bening dan berwarana kemerahan dengan jumlah oli yang lebih banyak bila dibandinagn dengan oli palsu. Dari segi harga oli paslu ini dijaul lebih murah paling tidak selisih 5rb dengan aslinya.


Apa Sih Bahayanya Pakai Oli Palsu ???

Tuntu oli palsu ini bukan hasil sulingan lagi, alis oli bekas tap tapan yang sengaja didaur ulang agar terlihat lebuh bening dan lebih encer. Wahh ngeri banget ya temen-temen.. Bayangkan bila limbah ini dimasukan kembali ke dalam mesin, bisa rontok tu komponen didalamny.

Bila oli palsu ini sudah masuk ke dalam mesin dia akan mengendap dibawah karena sifatnya yang terlalu kental sehingga tidak mampu bersirkulasi secara sempurna. Lama kelamaan jadi gumpalan seperti lumpur dan membuat sumbatan pada lubang pompa oli, alhasil mesin bagian atas tidak terlumasi/kering.

Masa Pakai Oli

Umunya penggantian oli bisa dilakukan saat motor sudah menempuh jarak 2000-3000 km atau setidaknya 2-3 bulan pemakaian.Tapi temen temen keliru pakai oli palsu dan diganti dalam waktu yang sama jangan kaget pas di tap oli tinggal segelas. Loo yang lain kemana sob ???

Jawabanya seperti yang sudah kami jelaskan tadi oli mengendap di dasar besin dan menggumpal. Apakah cukup dibersihakan dengan menyemprtokan angin dari kompresor ??

Menyemprotkan angin bertekanan saja atidak cukup sob, untuk pembersihan secara menyeluruh mesin harus dibongkar dan dikerok pakai sikat kawat bahkan ada yang pakai pisau, mungkin sakin parah endapanya ya sob..Bila sudah turun mesin seperti ini tentu butuh biaya cukup bayak, belum lagi ada beberapa park yang perlu diganti.

Oke dulu.. Jadi seperti itu cara cek keaslian oli honda AHM asli dan palsu semoga setelah membaca artikel ini dulur tidak terkecoh. Agar tidak tertipu sebaiknya teliti sebelum membelinya, jangan tergiur dengan harga murah namun merusak mesin dikemudian hari. Semoga bertmanfaat dan sampai ketemu dilain kesempatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas