6 Urutan Cara Mengaplikasikan Cat Epoxy Lantai Untuk Pemula

Suryadidik.com - Epoxy merupakan cairan khusus yang terdiri dari 2 komponen diantaranya resin dan hardenenr, keduanya memiliki satu ke satuan bila salah satu dicampur atau pencampuranya kurang tepat tentu menghasilkan lapisan yang kurang kuat bahkan tidak mampu kering meski memakai alat pemanas sekialipun. Tidak hanya sebagai pelapis dempul poxy pada merk tertentu satat ini banyak diaplikasikan seabagi pelapis lantai beto.

Fungsi pemberian epoxy pada lantai sendiri bertujuan menciptakan keindahan dan kebersihan sekaliguassebagai lapisan/pelindung lantai dari zat cair atau lainya yang mampu mengerogoti struktur lantai beton.

Tak hanya itu mengecat lantai juga bisa jadi langkah alternatif pengganti keramik, secara bila sudah terlapis epoxy lantai lebih terlihat mengkilap sehingga memberi kesan cantik pada ruangan, terlihat bersih dan lebih elegan. Berbeberapa banguanan/gedung yang sering memakainya antara lain rumah sakit, mall, gudang penyimpanan barang atau bisa dipakai lantai rumah.

6 Cara Pengecatan Epoxy Lantai Untu Hasil Terbaik

Beda dengan cat mobil yang menggunakan spray gun dan angin konpresor, pengecatan epoxy lantai justru pakai roll dan dilakukan memalalui beberapa tahapan. Mulai dari langkah persiapan hingga proses finishing,untuk lebih jelasnya berikut kami jelaskan panduan lengkapnya.

1. Persiapan permukaan lantai

Tahap awal yang perlu dilakukan yakni proses pembersihan permukaan lantai. Metode yang paling pas dipakai yakni adalah pengamplasan atau diamond grinding, secara menyapu saja tidak mampu menghilangkan residu atau kerak yang nempel. Bila ada beberapa bekas tumpahan minyak dibutuhkan pembersih detergen berbahan kimia.


 

Untuk memperoleh hasil rata pindahkan beda yang sekiranya menggangu misal meja, almari, kursi atau lainya.  

Proses grinding sendiri bertujuan membuka pori-pori lantai, dengan begitu epoxy mampu meresap ke struktur bagian dalam lantai. Atau bisa dijadikan langkah menghilangkan cat lama.

2. Pembersihan debu

Setelah pengamplasan selesai dan lantai kering selanjutnya agan bisa membersihkan partikel debu dan residu bekas amplasan dengan cara menyapunya. Untuk menghilangkan debu berukuran mickro sebaiknya gunakan vakum penyedok secara menyeluruh hingga kesudut ruangan.

Jika kurang bersih partikel debu justru terperangkap pada lapisan coating dan berdampak melemahnya daya rekat epoxy.

Baca juga Perbedaan Cat Dasar dan Epoxy 

Semakin sedikit debu terperangkap cat primer akan mengeras secara sempurna meski diguyur air hujan sekalipun.

3. Pelapisan lantai dengan cat primer

Beberapa orang banyak yang mengabaikan/tidak diperlukan proses primer dengan alasan lebih mempersingkat waktu. Pemberian lapisan primer justru menambah daya tahan lantai , lebih berumur panjang serta memiliki adhesi yang lebih baik ke substrat.

Memberi lapisan primer terlebih dahulu justru lebih menghemat jumlah cat yang akan dibutuhkan pada proses berikutnya, secara pori-pori lantai tertutup sempurna.

Sebelum ke tahap inti pastikan tidak ada lubang lebar atau retakan pada substrat, jika ada lakukan penutupaan dengan epoxy mortar atau grout.

4. Mengaplikasikan epoxy lapisan pertama

Sebelum diapliaksikan campur 2 komponen secara merata antara resin(epoxy) dan hardenenr sebagai pengeras sekaligus pengering dengan perbandingan 2:1. Untuk memudahkan tahap pencampuran guanakan alat bantu mixer listrik seditaknya 5 menit. Bila pencampuran kurang rata justru memperlambat tahap pengeringan bahkan tidak mampu mengeras secara keseluruhan.

5. Penerapan epoxy dengan roller

Pastikan memakai roller kualitas baik, karena bila tidak roll justru gampang lepas saat digunakan. Tuangkan epoxy pada permukaan lantai beton dan bisa diratakan dengan rolling secara tipis dan merata. Pengaplikaskan epoxy dapat dilakukan beberapa kali hingga memperoleh keteibalan yang diingin, namun kebanyakan 3 lapis sudah cukup. Untuk memberi lapisan berikutnya biarkan lapisan pertama mengeras paling tidak 24 jam untuk memberi lapisan berikutnya.

6. Penerapan lapisan akhir

Untuk menghasilkan permukaan lantai mulus pada lapisan akhir pastikan semua retakan atau lubang sudah terisi, terlihat rata dan tidak ada residu yang terlihat meski ukuranya mikro.  

Tahukan kamu, bila resin udah tercampur hardenner dalam waktu 40 menit teksturnya sedikit lengket bahkan ada beberapa yang menggumpal. Jadi agar tidak terbuang sia-sia gunakan seperlunya, jika masih tersisa sebaiknya jangan dikembalikan pada wadah, hal ini justru membuat epoxy yang masih murni/belum tercampur ikut menggumpal.

Nah beberapa tips cara menggunakan cat epoxy lantai beton untuk pemula bisa agan terapkan, bila dilakukan dengan benar tentu menghasilkan permukaan mengkilap, kuat meski sering dilewati beban berat sekalipun. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas