Perbedaan Clear Coat PU dan NC, Mana Yang Unggul

Perbedaan clear coat PU dan NC - Hallo dulur. Clear coat merupakan salah satu bahan auto refinish yang diaplikasikan pada tahap akhir, Fungsinya sendiri sebagai lapisan/pelindung cat agar tidak gampang pudar meski sering kepanasan, fungsi lainya adalah sebagai pengkilap. Jadi dapat disumpulkan bahwa pernis memiliki peran penting dalam sebuah pengecatan.

Dipasaran sendri banyak beberapa pilihan merk clear coat yang bagus mulai dari harga 200 ribuan bahkan 800 ribuan pada brand tertentu. Namun diluar sana masih salah kaprah dalam hal pemakaian dimana pakai thinner super atau A sebagai pelarutnya, bila ini terjadi daya glossy pernis kurang begitu maksimal dan proses pengeringan cenderung lama. Idealnya untuk clear coat wajib pakai thinner bakar/PU kemasan sebagai pelarutnya. Saya sarankan jangan pakai yang eceran ya masbro, karena kita tidak tahu akan kualitasnya. 



Sebaknya untuk proses clear coat sebaiknya gunakan spray gun yang mumpuni dengan beberapa karakter antara lain, mampu menghasilkan semburan yang lebih lembut dengan ukuran lebar merata dan tidak pecah tengah. Serta untuk menghindari clear coat bolong bolong sebaiknya gunakan filter air serta menguras tabung angin kompresor secara berkala. 

Perbedaan clear coat pu dan nc mana yang lebih unggul

Untuk clear coat baik mobil maupun motor sebetulnya dibagai dua tipe yakni PU Poly Urethane dengan NC Nitro Chellulose, sementara untuk jenisnya ada yang membuat cat jadi doff dan mengkilap glossy. Secara garis besar dari segi pemakian tidak lah jauh beda bahkan sama persih, baik untuk spray gun nya maupun thinner untuk pengencer. Namun untuk mengetahui beda antara keduanya akan kami kupas tuntas dibawah ini.

Waktu Pengeringan

Clear PU merupakan bahan finishing yang terbilang mahal dan proses pengeringan lebih cepat. Dengan mesin oven saja butuh waktu 60 menit sudah mengering. Sementara luar ruangan tanpa mesin oven luar ruangan 5 - 6 jam sudah siap dipoles dengan menggunakan thiner PU sebagai pelarutnya.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Sementara NC waktu pengeringan cenderung lebih lama, namun juga sudah mengering sempurna tekstur yang dihasilkan sama kerasnya.

Tingkat Glossy

Karena bahan standar pabrik clear PU tingkat glossy nya jauh lebih unggul serta mampu bertahan lima tahun lebih dalam berbagai cuaca jika rajin mempolesnya secara berkala. Yaa paling tidak mempolesnya dalam jangka waktu satu tahun sekali.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Sedangkan tipe NC daya kilapnta hanya pertahan satu tahun, bahkan bila sering terpapar sinar UV dalam jangka 5 bulan warna glossynya sudah mulai terlihat berkurang.

Daya Sebar

Karena clear berkualitas tinggi clear PU memiliki daya sebar luas, bahkan hanya diaplikasikan 2 lapis cat sudah terlihat kilap basah. Untuk menghasilkan lapisn coating terbaik sebaiknya aplikasikan 3 lapis. Namun jangan berangkapan agar menghasilkan kilap lebih dan tahan lama langsung mengaplikaskan 4-5 lapis, tindakan ini justru membuat hasil pengecatan anda terlihat tebal dan menumpuk.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super

Kebalikanya dengan PU clear NC justru daya sebarnya kurang begitu lebar dan kurang mengkilapa meski sudah 3 lapisan. Kalaupun mengkilap dia akan susut setelah kering nanti. 

Proses Poles

Begitupun juga saat tahap pemolesan, dengan menggunakan clear coat PU cat akan mudah dipoles tidak butuh waktu yang lama akan menghasilkan palisan coating yang halus nan mengkilap. 

Sedangkan NC butuh waktu lama agar terlihat mengkilap dan menghaluskan teksturnya. Namun untuk mempercepat proses pemolesan sebaiknya gunakan kompon bakar dan menggunakan woll pad saat mempolesanya.

Harga Jual

Karena kualitas clear PU jauh lebih unggul tentu harga jualnya juga lebih malah, paling murah 200 ribuan dan 500-800 ribuan pada merk kualitas Eropa. 

Beberapa merk clear PU yang beredar dipasaran meliputi, Nippon Nax Superior 221, autoglow, belkote, Blinken HS, Sikkens dan speis heacker.

Sementara untuk NC lebih terjangkau hanya seratus ribuan. Beberapa merk pernis NC yang banyak beredar dan dipakai beberapa bengkel body repair diantaranya,  laba laba, pacific paint, danagloss, nebula, platinum dan lainya.

Nah demikianlah perbedaan clear coat PU dan NC, karena memiliki kualitas tinggi setara pabrik pernis Poly Urethane paling cocok buat pengecatan mobil pribadi, sementara Nitro chelullose idealnya buat mengecat kendaraan umum layaknya angukan kota atau mobil pengangkut baraing Pic up.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas