Penyebab dan Solusi Lampu Speedometer Mobil Mati

Penyebab dan solusi lampu speedometer mobil mati - Speedometer adalah sebuah alat pengukur percepatan sebuah kendaraan, dimana merupakan peralatan standar yang wajib disematkan sebelum kendaraan dipasarkan. Dengan adanya alat pengukur percepatan ini dimangsudkan membersi informasi utama untuk mengendalikan kelajuan di jalan agar tidak terlalu cepat atau lambat.

Selain difungsikan untuk mengukur laju percepatan, pada satu panel speedometer juga terdapat indikator bensin untuk memudahkan pengendara mengetahui pasokan bahan bakar yang tersedia tanpa perlu mengeceknya langsung ke tangki penampungan. Selain itu ada juga indikator lain seperti lampu sein, atret, yang akan menyala secara otomatis saat dihidupkan.



Dengan adanya panel spedometer kita dapat mengetahui posisi gigi perseneling khususnya pada mobil matic tanpa perlu melihat kontrol yang tertulis pada gagang/handle perseneling. Yaa.. Bisa dikatakan semua kontrol pada sebuah mobil letaknya dijadikan satu pada panel speedometer, yang akan menyala saat dihidupkan atau saat beberapa komponen mengalami emergenci.

Seperti layaknya komponen lain terkadang speedometer juga mengalami berbagai permasalahan. Umunya jika mengalamikerusakan ditandai dengan panel indikator, dimana jamur petunjuk/kontrol tidak bergerak atau lampu indikator mati. Konidisi seperti ini tentu membuat anda merasa kurang nyaman saat berkendara karena tidak mengetahui kondisi mobil yang dikendarai.

Penyebab dan solusi lampu speedometer mobil mati

  • Sistem speedometer bermasalah

Mobil yang terlah terlengkapi sistem elektronika yang mengalami masalah kerusakan lampu speedometer bisa disebabkan karena sistem speedometer  yang mengalami gangguan karena gear tranduser mengalami masalah. Sehingga beberapa panel didalamnya mengalami masalah. Baca juga Teknik Menambal Body Mobil Kropos Pakai Serat Fiber

  • Panel speedometer yang rusak

Padamnya lampu speedometer juga disebabkan kerusakan pada panel tersebut, jika salah satu mengalamu kerusakan, Maka seluruh panel indikator lainya tidak akan berfungsi.

  • Kelistrikan mobil bermasalah

Penyebab lampu speedometer rusak lainya terjadi akibat gangguan pada sistem kelistrikan kendaraan anda. Ini bisa disebabkan karena panel speedometer dengan sistem kelistrikan saling terhubung. Sehingga bila sistem kelistrikan mengalami masalah, maka lampu dan panel speedometer pun mengalami imbasnya. Jadi penting untuk melakukan pengecekan secara berkala.

Cara memperbaiki lampu speedometer mobil yang rusak

Masalah kerusakan pada speedometer sering dialami pada kendaraan yang sudah berumur tahun 90 an, dimana beberapa sistem kelistrikan sudah mulai melemah. Jadi sebagai pengendara bijak anda perlu mengetahui apa yang perlu diperbaiki bila permasalahn ini terjadi. 

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Dibawah ini akan kami sajikan beberapa cara mengatasi lampu speedometer yang mati. Berikut lanngsah sederhananya.

  • Cek kondisi aki

Langkah pertama yang dapat anda kerjakan adalah dengan membuka kap depan dan cek kondisi aki beserta komponen disekitarnya. Perhatikan mur penghubung kabel dengan aki, apakah kondisinya kendur. Jika iya kencangkan keduanya hingga menempel kuat pada kutup aki.

Jika anda menemukan kotoran sejenis kerak atau serbuk warna putih yang nempel pad katup aki maka cobalah untuk menghilangkanya dan pasang kembali seperti semula. Adanya kotoran seperti serbuk putih ini bisa saja menghambat aliran listrik yang menuju komponen mobil anda. Bagi anda yang takut tersetrum and taperli khawati, karena aki memiki arus dirrecr current (DC), sehingga anda tak perlu khawatir saat memeganya. 

  • Cek kondisi sekring

Tahap lainy adalah dengan mengecek kelayakan sekring, setiap mobil memiliki letak dan penyebutah lampu check engine yang berbeda. Saat lampu speedometer padam, coba periksa keadaan sekring untuk mengetahuiapa penyebab matinya adalaah karena permasalahan pada sekring. Jik bermasalah meminjam Engine Control Unit ECU pada mobil lain untuk dapat mengetahui lampu xheck engine pada mobil masih dapat menyala. Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

  • Memeriksa kondisi kabel

Langkah terakhir adalah dengan memeriksa kondisi kabel, pada kendaraan tua namun tidak menutup kendaraan baru terkadang ada beberapa kabel yang kondisinya sudah rusak bahkan putus akan mempengaruhi sistem kelistrikan pada mobil. Sebaiknya jika anda tidak paham atau seluk beluk kabel sebaiknya percayakan perbaikanya pada teknisi berpengalaman untuk menghindari konsleting listrik. 

Baca juga Perbedaan Kompon Putih dan Kompon Merah Yang Harus diketahui

Ada kalanya matinya lampu speedometer terjadi hanya beberapa saat, dan ketika di di strater ulang akan nyala kembali. Tetapi masalah ini belum tentu menandakan tidak adanya permasalahan pada sistem kelistrikan mobil anda. Bisa saja pemberi sinyal/tanda terdapat gangguan minor yang perlu diperbaiki.

NAh demikian tadi sedikit pengetahuan tentang penyebab dan solusi memperbaiki lampu speedometer mobil yang mati tanpa membawanya ke bengkel. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah menggunjungi blok sederhana ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas