Penyebab Kompresor Listrik Tidak Bisa Menyimpan Angin

Penyebab kompresor listrik tidak bisa menyimpan angin - Kompresor merupakan peralatan wajib sebagai pendukung proses pengencatan ulaang berlangsung, dimana memiliki fungsi menyuplai udara ke spray gun untuk melontarkan cat menjadi kabut yang halus. Untuk menunjang performanya melakukan perawatan secara berkala tak kalah penting, bisa dilakuakn dengan cara mengecek ketersediaan oli. Volume oli bisa kita cek pada indikator bening yang posisinya dibawah komponen blower.

Menjaga kebersihan juga tak kalah penting dalam hal merawat kompresor. Oleh karena itu biasakan untuk membersihkanya sehabis dipakai atau jika tidak sempat bisa dibersikan 2 sampai 3 hari sekali. Terutama pada fillter udara, karena pada bagain tersebut lah semua kotoran berkumpul da tertahan. Maka ada baiknya di bersihkan sesering mungkain agar tidak ikut masuk ke dalam tabung penampung angin.



Menguras air di dalam tabung kompresor juga tak kalah penting, pasalnya bila dibiarkan akan semakin menumpuk dan bercampur dengan angin, hal inilah yang menjadi penyebab cat bolong bolong. Untuk membersihkan endapan air pada tabung sebetulnya sangat simpel yakni dengan mengendorkan baut yang pisisinya dibawah tabung. Jika sudah kencangkan kembali untuk menghindari ke bocoran angin.

Merawat mesin kompresor menjadi hal penting agar selau bekarja dengan maksimal dan mampu menghasilakn tekanan udara dengan kencang dan stabil. Namun terkadang seiring dengan berjalanya waktu dan penggunaan pada beberapa masalah yang muali muncul seperti tabung tidak bisa menyimpan angin meski sudah dihudupkan selama beberapa menit. Apa penyebabnya ??

Penyebab kompresor listrik tidak bisa menyimpan angin

1. Kerusakan Pada Klep

Bentuk klep pada kompresor memiliki beragam bentuk, ada yang berbentuk plat sperti U, plat kotak atau yang motif V. Fungsi klep pada kompresor angin adalah untuk menutup katup saluran hisap dan berfungsi menahan angin agar tidak kembali keluar. Jika klep ini rusak untuk angin yang yang terhisaap akan segera keluar kembali, sehingga tidak dapat tersimpan di tabung penampungan.

Baca juga  Cara Membedakan Spray Gun Meiji Asli dan Palsu

Cara memperbaiki klep kompresor angin yang rusak adalah dengan dengan mengecek kondisi klep tersebut. Apabila kondisinya sudah aus atau terdapat alur yang tidak begitu dalam maka kita bisa mengatasinya dengan cara mengamplas permukaan yang aus sampai rata kembali. Namun jika alurnya terlalu dalam sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Adanya kebocoran

Penyebab ke dua adalah adanya kebocoran pada sambungan saluran angin ke tabung penampugan. Sambungan pipa saluran angin bisa saja rusak atau kendur.  Ini bisa terjadi saat melakukan pembongkaran.

Namun anda tak perlu khawatir karena kebocoran tersebut masih bisa di perbaiki dengan memakai sealtipe, yaitu dengan membukatkan sealtipe pada kedua sisi drat dengan ketebalan yang dsesuikan. 

3. Packing Head Blower Rusak

Penyebab ke dua adalah akibat kerusakan pada packing blower. Kerusakan pada packing blower biasanya disebabkan oleh pemakian dalam jangka waktu yang lama atau bisa diakibatkan bau silinder head kendur. 

Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah diatasi dengan cara mengencangkan kembali baut silinder head blower apabila dalam keadaan kendur. Namun apabila di dapati  packing head yang telah rusak sebaiknya gantilah dengan yang baru. 

4. Kerusakan Tusen Klep/AUS

Tusen klep merupakan memiliki fungsi untuk menahan angin yang telah tersimpan pada tabung kompresor agar tidak kembali keluar. Letak tusenm kelep ini biasanya ada di dalam sambugan elbo yang menempel di tabung angin.

Baca juga Penyebab Dan Cara Mengatasi Clear Coat Bolong Bolong

Permasalahan yang sering kali terjadi adalah tusen klep mengalami aus. Ausnya tusen klep inilah mengakibatkan hilagnya dinding penahan pada tabung kompresor, sehingga angin tidak mampu tersimpan dan angin langsung keluar. 

Untuk mengatasi tusesn klep yang aus kita cukup meratakan permukaannya hingga rata kembali dengan amplas atau mesin gerinda tangan.

5. Kebocoran Pada Tabung Angin

Seperti yang kita tahu fungsi tabung pada kompresor adalah untuk menampung angin, setelah terisi penuh secara otomatis mesin kompresor akan mati dan bila masukan angin didalam takung habis secara otomatis mesin tidak degan sendrinya.

Jika tabung ini bocor secara otomatis angin tidak bisa tersimpan dan langsung keluar. Jika tabung mengalami bocor anda bisa menambalnya dengan proses las.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki kompresor listrik tidak bisa menyimpan angin. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda dan yang terpenting adalah selalu mengecek keadaan oli agar tidak mengalami kerusakan cukup parah.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas