Cara Membesarkan Tekanan Udara Pada Kompresor

Cara membesarkan tekanan udara pada kompresor - Hallo dulur - Dalam penggunaanya, kompresor memiliki peran dalam proses pengecatan baik untuk duco, melamin atau sebatas pada tambal ban. Yaa..Untuk menghasilkan cat wet look dan tidak bertekstur kulit jeruk membutuhkan angin yang stabil dan kencang, pasalnya jika terlalu lamah cat cenderung keluar besar-besar dan lebih terlihat kasar.

Untuk menjaga agar selalu dalam performanya merawat kompresor juga tak kalah penting, bisa dimulai dengan mengecek ketersediaan oli atau membersihkan fillter udara. Karena bila fillter penyaringan ini terhambat residu tentu angin tidak dapat tersedot ke dalam tabung secara sempurna. Jika kondisinya sudah kusak akibat faktor usia anda bisa menggantinya dengan sponse ber pori-pori besar atau bisa membelinya secara langsung di peralatan teknik terdekat.]

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Spray Gun Elektrik Untuk cat Mobil

Perawatan yang tak kalah penting adalah dengan menguras air yang mengendap pada tabung setidaknya tiga hari sekali. Cara mengeluarkan air pada kompresor adalah dengan mengendorkan baut yang posisinya ada dibawah tabung. Sebelum dilepas kondisi kompresor dalam posisi mati dan tidak ada angin yang tersimpan. Jika sudah kita bisa melepas baut tersebut dan biarkan hingga air terbuang secara sempurna, agar tidak ada yang tersisa angkat kompresor dan goyang-goyangkan hingga air didalamnya habis. Bila sudah pasang dengan kencang agar tidak bocor.

Dari survai lapangan beberapa jenis tan kompresor yang paling banyak dipakai untuk mengecat adalah ukuran 1 HP imola 125 1 PK 25L imola 125 dengan menggunakan tenaga listrik sebagai pengeraknya. Namun terkadang kompresor kecil ini tekan angin kurang kuat untuk proses pengecatan full body mobil terutama saat tahap clear coat.

Cara membesarkan tekanan udara pada kompresor listrik

Sebetulnya saat kompresor masih baru tekanan angin sudah disetting standar dengan menyesuaikan tabung penyimpanan angin. Hanya saja terkadang terkadang keluar kurang kencang, bahkan untuk pengecatan full body mobil terkadang harus nunggu agar tabung terisi penuh.

Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Nah, jika saat ini anda ingin mrnambah tekan angin kompresor tanpa membeli yang baru dengan ukuran lebih besar. Berikut adalah trik rahasi yang mungkin hanya sedikit orang yang tahu.

Tahap pertama adalah dengan membuka cover saklar pada kompresor yang umunya berwarna kotak hitam menggunakan obeng. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebelumnya pastikan kabel tidak tertancap listrik ya sob.

Selanjutnya kita bisa menambah tekanan angin kompresor yang lemah dengan cara membuat baut yang posisinya diatas saklar otomatis, buat ini akan jelas terliaht setelah cover/penutup dibuka. Disitu terdapat tulisan atau tanda - dan +, jadi bila ingin membesarkan atau mengencangkan angin anda cukup memutar tanda + ke arah yang sudah ditentukan anak panah disampingnya. Sebaliknya jika ingin dikecilkan tinggal puatar ke -


Kita bisa memutarnya 5-10 putaran sembari melihat jarum kontrol angin. Umunya jika kompresor masih standar jarum akan berhenti pada angka 90 bahkan burang. Namun setelah kita setting coba nyalakan kompresor dan amati jarum pengukur angin. Jika masih terhenti diangka yang sama putar kembali hingga jumlah tekanan angin bertambah, begitu seterusnya. Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Apa ngak meledak bila tekanan angin ditambah sendiri ?

Tenang masbro, karena kompresor juga ada safety nya. Jika tabung kelebihan angin secara otomatis akan langsung keluar melalui lubang pembuangan dan akan langsung tertutup dengan sendirinya. Jadi anda tak perlu khawatir akan meledak jika kelebihan angin.

Nah.. Demikianlah cara membesarkan tekanan udara pada kompresor cukup simpel bukan ? Untuk menjaga selalu dalam performanya sebaiknya cek jumlah oli secara rutin dengan melihat indikator kaca yang menempel pada mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas