Intip Perbedaan Kompresor 1 Hp dan 2 Hp Untuk Cat

Perbedaan kompresor 1 Hp dan 2 Hp untuk cat  - Kompresor merupakan mesin atau alat yang berfungsi meningkatkan tekanan udara yang disimpan ke dalam tabung kemudian dialirkan ke keran yang tersedia saat dibuka. Umunya mesin penyedot angin ini bertenaga motor atau listrik dinamo, mesin diesel, atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya.

Udara dalam kompresor banyak dimanfaatkan pekerja yang bergerak dalam dunia perbengkelan yang dimanfaatkan untuk menambah tekanan angin pada ban, membersikan sele-sela yang sempit, gerinda udara, pengecatan dengan bantuan spray gun dan lain sebagainya. Bisa dikatakan sangat membantu dan meringankan beban pekerjaan.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Dapat dikatakan sistem kerja kompresor tak jauh beda dengan paru-paru manusia. Mengapa demikian ? Begini ketika kita mengambil nafas dalam - dalam untuk meniup sebuah benda misalkan lilin, maka akan meningkatkan tekan udara dalam paru-paru yang sudah dihirup tadi. Sehingga akan menghasilkan tekanan udara yang kencang saat di hembuskan dan mampu mematikan api pada lilin.

Tak hanya satu, kompresor memiliki beberapa model tergantung pihak pabrik yang memproduksi. Ada yang tabungnya warna hijau, biru, kuning maupun putih. Dari ukuran pada kompresor pun terdapat beberapa tipe diantaranya, 1/2 Hp, 1/4 Hp, 1 Hp, 2 Hp, 10 Hp dan lainya.

Perbedaan kompresor 1 Hp dan 2 Hp Untuk Mengecat

Kompresor 1 Hp

Bisa dikatakan kompresor tipe 1 Hp ini palinng banyak dipakai dalam dunia perbengkelan motor, mobil ukuran kecil dan dalam bidang pengecatan. Ukuranya yang lebih kecil membuatnya tidak terlalu banyak memakan tempat dan lebih praktis, bahkan pada model terbarunya sudah tidak memakai pelumas atau oli dengan suara yang lebih halus. Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil



Spesifikasi kompresor 1 Hp

Horse power : 1 HP

Daya listrik : 750 Watt

Ukuran silinder : 42 mm

Jumlah sillinder : 1 buah

Kapasitas tangki : 25 litter 

Kapasitas aliran udara : 126 L/ Menit

Dimensi : 60 m x 35 cm x 60 cm

Tenaga pengerak : Listrik

Harga : 1.400.000 Jutaan

Kecepatan mesin : 2.850 Rpm


Beberapa merk kompresor tipe 1 Hp yang paling banyak dipakai diantaranya, shark, wipro, lakoni, matrik, multipro. Namun apapun itu merknya jika rajin dirawat tentu performanya akan tetap stabil dan bertahan lebih lama.

Kompresor 2 Hp

Sedangkan tipe 2 Hp lebih banyak diapliaksikan pada kendaraan-kendaraan besar ya, misalkan untuk menambah/mengisi agin pada ban truk atau bus dengan komsumsi angin yang lebih banyak atau untuk pengecatan objek besar seperti kendaraan Bus besar. Serta untuk kebutuhan industri lainya.



Spesifikasi kompresor 2 Hp

Daya kompresor  : 2.0 Hp

Daya mesin yang diperlukan : 6.5 Hp

Piston : 65 mm

Jumlah silinder : 3 Buah 

Kecepan kompresor : 952 Rpm

Tekanan udara : 7 bar

Kecepatan pengsian : 233 L/ menit

Kapasitas tabung 100 L

Dimensi : 113 x 38 x 81

Berat : 88 kg

Tenaga pengerak : Bensin

Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Beberapa merk kompresor 2 Hp yang paling banyak diandalkan adalah shark, krisbow, swan dan lainya.  Kelamahan dari tipe kompresor ke dua ini adalah lebih boros bahan bakar karena mengguakan bensin sebagai tenaga penggeraknya.

Kesimpulan

Jadi dapat diambil kesimpulan beda kompresor 1 Hp dengan 2 Hp adalah pada tekana udara yang dihasilkan serta bahan pengeraknya yakni menggunakan listrik dan bensin. Sementara 2 Hp memakai V belt sebagai penggerakpiston dengan tabung penyimpan angin lebih besar sementara 1 Hp tidak.

Bagaimana ? Sudah paham bukan perbedaan kompresor 1 Hp dan 2 Hp. Agar masa penggunaan lebih lama dan tidak gampang rewel selalu cek kondisi oli dan mengurasnya dua bulan sekali. Dan jangan luma untuk selalu menjaga fillter udara ya masbro, agar tidak ada partikel debu atau benda asing lain yang ikut masuk ke dalam mesin. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas