Fungsi dan Perbedaan Thinner Daimaru Merah dan Biru

Fungsi dan perbedaan thinner daimaru merah dan biru - Dalam dunia pengecatan thinner memiliki peran penting dimana menentukan kualitas dan ketahanan dalam jangka panjangnya. Salah sedikit dalam penggunaanya cat justru cenderung kasar dan lama kering terlebih saat cuaca sedang mendung. Thiner sendiri dibedakaan dari beberapa tipe yakni A, Super, PU, ND dan HG.

Bagi pemula mungkin masih binggung karena banayak beberapa jenis thinner untuk proses mengecat ulang mobil maupun motor. Selain dibedakan dalam pengguaanya, thinner juga memiliki beberapa karaktier yakni ada yang cepat kering dan lama kering atau bisa disebut ekstra slow dan slow yang terkadang tertulis pada kemasan. (Pada merk tertentu)

Fungsi thinner super sendiri untuk melarutkan cat inti, sedangkan A lebih ke pelarut epoxy primer atau filler dan PU untuk campuran clear caot. Dengan menggunakann sesuai fungsinya tentu hasil repair anda lebih berkualitas serta tahan dalam berbagai cuaca. Namun semua juga perlu didukung penggunaan cat dan clear coat tipe PU poly urethane yang sudah berstandar pabrik.

Beberapa merk clear yang cukup populer dengan hasil yang cukup berkualitas adalah thinner Dimaru, dimana mampu mengguatkan warna yang lebih tajam serta tidak mudah pudar dalam jangka panjang meski selalu terpapar sinar UV.

Fungsi dan perbedaan thinner daimaru merah dan biru

Tak hanya satu thiner daimaru juga memiliki beberapa jenis dan fungsinya yakni kemasan merah, biru. Meski memilki fungsi yang sama namun keduanya memiliki plus minus tersendiri yang peru diketahui. Penasaran apa saja beda nya ? Semak penjelasan dibawah ini :


Daimaru Merah



Merupakan tipe thinner super dimana memiliki fungsi untuk pelarut cat dan epoxy. Namun jangan sekali-kali pakai thinner daimaru untuk campuran warna putih ya, tindakan ini justru membuat cat cenderung menguning. Dan kejadian ini pernah saya alami tempo dulu, jadi penting mengetahui penggunaanya.

Namun kelebahan dari daimaru merah ini adalah proses pengeringan sedikit lama meski dalam cuaca panas dan cat lama rawan keriting bila tidak dilapis epoxy terlebi dahulu. Baca juga Perbedaan Thinner Cobra Merah dan Hitam Untuk Cat Mobil

Meski karakternya lama kering atau slow, namum mampu meningkatkan ketajaman warna yang tinggi. Sangat pas untuk pengecatan jenis mobil pribadi yang mengutamakan kualitas.

Sementara bila ditinjau dari harga

Daimaru merah 1 liter : 38 ribu

2 liter : 65 ribu dan

Galon besar 5 liter : 130 ribu


Daimaru Biru



Merupakan jenis thinner ND dimana memiliki fungsi yang sama yakni untuk melarutkan cat maupun epoxy. Thiner ND ini paling pas diaplikasikan saat musim hujan atau pas cuaca mendung agar cepat kering karena kandungan air lebih sedikit dibandingkan super. Hanya saja kualitasnya masih kalah dengan warna merah meski waktu pengeringan lebih lama.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Beberapa bengkel juga pakai thinner ND untuk finishing pernis agar mempercepat proses pengeringan, Hanya saja glossy yang di dapat tidak bisa maksimal seperti tiner PU

Sementara harga thinner daimaru biru 1 liter 33 ribu, 2 liter 67 ribu dan galon 5 liter 145 ribu. Mungkian ada selilih perbedaan harga pada wilayah tertentu.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan inti dari perbedaan 2 thinner tersebut adalah pada waktu pengeringan meski memiliki fungsi sama yakni untuk epoxy dan cat. Namun saya tekankan kembali jangan mengguakan thiner daimaru untuk campuran pernis ya masbro, ini justru membuat pernis tidak mampu mengkilap secara sempurna dan efek glossy bertahan lebih cepat.

Nah cukup jelas ya masbro penjelasan singkat dari fungsi dan perbedaan thinner daimaru merah dan biru. Dengan memakai bahan sesuai fungsinya tentu mampu menghasilkan pengecatan yang kualitasnya bisa disamakan dengan cat baru. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas