Cara Sederhana Menghilangkan Karat Pada Vleg Motor Dengan Cepat

Cara menghilangkan karat pada velg motor dengan cepat - Seperti yang kita tahu motor merupakan jenis kendaraan yang paling banyak diapkai masyarakat indonesia. Ini bisa dilihat dari padatnya jalan protokol dan perkampungan yang didomusili kendaraan roda dua. Bukan tanpa alasan, ukuranya yang kecil membuatnya sangat lincah bermanufer dan menerobos jalanan yang macet serta lebih parktis tanpa mamakan banyak tempat saat parkir dirumah.

Seiring perkembangan jaman saat ini memiliki kendaraan motor bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan sarana transportasi saja, melainkan juga sebagai pendukung gaya hidup dan penampilan. Tak keran jika saat ini selalu bermunculan tipe motor terbaru dengan fitur canggih dan penampilan body yang lebih elegan nan mewah yang harganya setara dengan mobil sedan bekas 30 jutaan.



Untuk menjadikan motor sebagai gaya hidup yang mendukung penampilan si pengendara, kondisi motor harus terlihat bersih, kinclong nan terawat. Merupakan kondisi keadaan motor yang diinginkan oleh mereka yang mengutamakan penampilan. Namun meski body motor sudah dirawat dengan baik dan benar ada saja bagian park motor yang mengalami kerusakan, seperti dek yang baret atau pecah akibat benturan atau timbulnya karat pada bagian kaki-kaki seperti velg dan knalpot.

Karat merupakan proses oksidasi yang terjadi pada semua benda yang terbuat dari matrail besi, proses korosi bisa lebih cepat bila tidak ada lapisan anti karat seperti cat maupun epoxy. Velg motor merupakan park yang cepat mengalami korosi, posisinya yang dibawah dan langsung bersentuhan dari air hujan membuaatnya rentan kropos. Tentu bila ini terjadi mengurangi kesempurnaan dari penampilan sebuah kendaraan.

Cara Menghilangkan karat pada velg motor dengan cepat

Batu Hijau

Batu hijau atau watu ijo merupakan jenis bebatuan yang teksturnya lebih lunak yang dapat digunakan buat menghilangkan karat pada besi sekaligus mengkilapkanya. Jadi anda bekerja satu kali namun mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Baca juga Cara Singkat Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Batu Hijau

Dalam penggunaannya watu ijo perlu diiris tipis-tipis terlebih dahulu layaknya menngiris gula merah kemudian campur dengan brasso untuk melarutkan sekaligus memperkuat proses pengkikisan karat. Kemudian gosokkan campuran tersebut pada bagian velg motor yang berkarat dengan bantuan kain levis yang teksturnya keras dan kesat. Jika tidak ada lap levis agan bisa menggantinya dengan kertas semen.

Autosol Metal Polish

bahan lain yang cukup populor buat membersihkan karat adalah dengan memakai pasta ajaib autosol metal polish. Beda dengan batu ijo cara memakai autosol terbilang cukup simpel ya masbro, yakni dengan mengoleskan pada bidang yang berkarat kemudian gosok berulang dengan lap yang teksturnya keras seperti kain levis. 

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

Sama halnya dengan batu ijo dengan memakai autosol menghilangkat karat anda mendapat dua keuntungan sekaligus, pertama karat hilang kedua velg kembali kinclong seperti terlapis chrome. 

Air Soda

Langkah ke tiga untuk menghilangkan karat pada velg motor dengan cepat adalah dengan memakai minuman bersoda. Kandugan kimia pada air soda ternyata memiliki kandungan zat asam dengan tingkat keasaman sangat tinggi, sehingga dapat membantu memudahkan merontokan karat dan kerak yang membandel khususnya pada sela-sela blok mesin.

Cara memakai air soda menghilangkan karat pun tidak lah sulit ya. Cukup mengoleskan atau menuangkanya pada media yang berkarat dan tunggu beberapa saat agar melunak kemudian gosok berulaang untuk merontokan karat menggunakan lap atau bisa dibantu dengan sikat.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor

Namun pada kondisi karat yang menebal mungkin agak sulit hilang, jadi dibutuhkan kesabaran untuk merontokannya secara sempurna. Tidak ada salahnya untuk merendamnya di dalam air soda agar karat mudah dikerok.

Tanah Liat

Mungkin anda tidak bercaya bahwa tanah lait mampu menghilangkan karat pada motor. Tekstur tanah liat yang sangat lembek serta mampu menyerap kotoran. Selain pada velg juga bisa dipakai buat membersihkan karat pada jari-jari velg.

Cara pakainya pun terbilang cukup simpel, hanya perlu menggosokanya pada bagian yang berkarat dengan bantuan lap bersih dan kesat. Setelah itu tinggal membersihkanya dengan air bersih yang mengalir agar kotoran tidak menempel kembali pada velg motor anda. 

Produk Anti Karat

Selain dengan bahan sederhana yang terbilang cukup murah anda juga bisa pakai produk komersil. Saat ini memang sangat bayak berbagai merk cairan anti karat yang terjual bebas dengan harga bervariasi mulai 25rb hingga 80rb dengan model spray dan oles.

Baca juga Cara Ampuh Memperbaiki Spion Motor Yang Longgar

Namun jangan salah pilih ya sob, pilihlah anti karat dengan kualitas yang baik sehingga karat mudah rontok dengan cepat. Pasalnya jika salah pilih ditakutkan kandungan pada bahan kimia pada cairan anti karat justru merusak lapisan besi pada velg anda. Biasanya karat akaan hilang namun kembali lagi dengan jumlah yang lebih banyak.

Beberapa cara menghilangkan karat pada velg motor dengan cepat bisa anda pilih mana yang lebih cocok sesuai keadaan saat ini. Jika sudah sudah hilang sebaiknya jaga selalu kebersihanya dengan selalu dicuci dengan sabun, lebih-lebih saat musim hujan seperti saat ini yang membuat besi rentan timbul korosi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas