Cara Singkat Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Batu Hijau


Cara Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Batu Hijau - Temen-temen pernah nyangka ngak, bahwa tanpa perlu melalu proses chrome terlebih dahulu mesin motor bisa mengkilap bagai kaca. Berbeda dengan biaya chrome yang terkenal mahalnya poll, cara yang saya pakai ini bila dirinci hanya bermodalkan 30rb rupiah saja hanya dalam satu hari blok mesin bisa mengkilap.

 

Setidaknya ada 2 yang bisa anda coba yakni dengan memakai Autosol Metal Polish serta Batu hijau. Seperti yang sudah saya ulas kemarin watu ijo ini memang sangat populer dan sering digunakan untuk mengkilapkan matrial logam, besi serta stenliss. Pada umunya sih digunakan untuk mengkilapkan pagar rumah yang berbahan stanlisstil namun ada juga yang digunakan untuk mengkilapkan mesin motor.

Cara ini sudah saya coba pada mesin motor Astria Grand tahun 1999, ya maklum lah pengen motor tampil sangar namun budget minim. kalau istilah jawanya tu ".Ati kareb bondo cupet."  Jadi batu ijo ini menjadi solusinya. Cara menggunakan batu ijo ini pun tergolong sangatjlah simpel kok.

Jika tetarik menggunakan watu ijo sebagai bahan pengkilap mesin motor anda, kami memiliki beberapa langkah cara serta teknik yang benar cara menggunakanya. Tentu dengan teknik yang banar maka akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca juga Kelebihan Dan Kekurangan Autosol Yang Perlu Anda Ketahui

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan batu ijo ini adalah benda yang akan dililapkan atau dipoles harus benar benar bersih dari debu dan kotoran termasuk lapisan cat yang menempel. Untuk menghilangkan cat tersebut sobat bisa menggunakan soda api atau Paint Remofer. 

Untuk cara menggunakanya pun sangatlah mudah yakni tingal mengoleskanya pakai sikat gigi sampai rata maka cat kan melepuh dan sobat tinggal mengerok atau membersihkanya. Karena bahan kimia ini bersifat panas jadi berhati-hatilah saat menggunakanya, karena bila terkena kulit  akan terasa panas seperti terbakar.

Baca juga Turtorial Cara menghilangkan Cat di Velg Motor 100% Ampuh


Bila bidang yang akan dipoles sudah bersih dari cat,  sobat bisa melanjutkan ke tahap berikutnya untuk mengkilapkan blok mesin atau benda yang lainya. Mari kita simak langkah-langkahnya.

Seperti yang kita ketahui batu ajaib ini bentuknya seperti batu jadi bila akan digunakan harus hancurkan terlebih dahulu menjadi pasta. Untuk lebih jelasnya dibawah ini ada cara melarutkan watu ijo yang benar.
  • Pertama iris tipis-tipis layaknya mengiris gula merah
  • Letakkan irisan tersebut ke wadah kecil bisa pakai botol air minum bekas.
  • kemudian tuangkan bensin tau minyak tanah sampai menjadi kalis tidak terlalu encer dan tidak terlalu kentental untuk siap digunakan.
Cara Menggunakan Watu Ijo

Oleskan adonan yang sudah dibuat tadi pada blok mesin sampai rata barulah sobat bisa mempolesnya biar cepat mengkilap sobat bisa menggunakan kain levis untuk menggosoknya berulang kali sampai mendapatkan kilap yang diinginkan.

Baca juga Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight

Mengapa harus menggunakan kain levis ?

Sebenarnya sih menggunakan lap bisa juga bisa, namun akan butuh waktu yang lama. berdeba dengan kain levis yang memiliki tektur keras yang akan mudah untuk mengkikis permukaan logam. Sobat tak perlu merobek celana levis untuk dijadikan lap karena di toko baungunan banyak sekali dijual kain lavis yang diruntukan untuk mempoles logam dengan autosol maupun batu ijo.

Kembali lagi, Jika blok mesin masih kusam, sobat bisa mengoleskan kembali watu ijo dang ulangi kembali  tahap pemolesan. Bila belum terbiasa tahap ini memang sedikit berat dan akan mengguras tenaga khususnya pada tangan.

Jika memiliki mesin gerinda, atau mesin poles khusus sobat bisa menggunanya jadi tangan tak perlu capet untuk menggosoknya. Catatan Jika ingin mempolesnya pakai mesin sebaiknya untuk membeli kain poles levis yang diperuntukan buat mesin poles.

Setelah bidang yang dipoles sudah mengkilap ganti pakai lap yang halus bisa pakai microfiber untuk membersihkan sisa-sisa watu ijo yang masih menempel hingga bersih.

Kesimpulan

Sama halnya dengan Autosol, Watu ijo ini hanya dapat mengkilapkan permukaan logam besin stanliss ataupun permukaan chrome. Jadi bila bidang yang akan dikilapkan terlapis cat maka harus dihilangkan terlebih dahulu bisa pakai Paint Remover ataupun Soda api.

Bila blok mesin sudah mengkilap sebaiknya perlu perawatan yang ekstra biar tidak kembali kusam, Biar tetap kiclong anda harus menjaga kebersihanya sepeti dengan mengelapny pagi hari sekali, Bbila terkena air hujan maupun lumpur segera cuci pakai air shampo maupun air sabun sampai bersih.

Jika kembali kusam dan bisa mempoelsnya kembali pakai watu ijo untuk mengembalikan kilapnya. namun tetang berbeda dengan pemolesan pertama yang butuh tenaga ekstra, bila mesin sudah pernah dipoles untuk mengembalikan kilpanya akan sedikit ringan.

Demikianlah pembahasan seputar cara mengkilapkan mesin motor dengan batu hijau, semoga dengan terbitnya artikel motor anda terlihat kinclong dengan budget yang sangat murah. Kunci sukses teknik diatas adalah perlu kesabaran dan ketelatenan. Kinclong broooo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel