Cara Memperbaiki Sendiri Ban Tubles Bocor Samping

Cara memperbaiki sendiri ban tubles bocor samping - Hallo dulur .. Ban Merupakan komponen pengerak sebuah kedaraan baik bermesin maupun non mesin seperti motor, mobil, sepeda, bus dan lainya. Umunya ban dibuat dari matrial karet yang lentur, elastis sehingga mampu meredam benturan saat melintas jalan yang rusak. Fungsinya yang sangat fital ini tentu perlu dicek sebelum berpergian yang jauh.

Baca juga Trik Mudah Cara Membuka Jok Beat Yang Terkunci Tanpa Kunci

Baik untuk motor maupun mobil terdapat dua tipe yakni ban tubles dan ban biasa yang memakai ban dalam. Tentu keduanya memiliki plus minus tersendiri, namun seiring berjalanya waktu penggunaan ban dalam mulai ditinggalkan. Pernyataan ini bisa dilihat dimana kendaraan motor keluaran terbaru semuanya pakai ban tubless yang lebih safety tan tidak gampang bocor halus dalam beberapa tahun ke depan. Meskipun bocor mungkin butuh berhari-hari ban akan kempes.

Selain tertancap paku penyebab ban tubeless bocor samping disebabkan kotoran atau tumpukan pasir halus yang tersumbat pada sela-sela velg serta lapisan cat bagian dalam sudah rusak, atau velg mengalami penyok akibat benturan. Sehingga angin di dalam ban akan merembes keluar dengan intensitas kecil, ini bisa dilihat saat membubukan air sabun ke pinggir velg dimana akan keluar gelembung.

Untuk mengatasi ban mengatasi ban tubeless bocor samping atau bocor halus, beberapa baikers justru salah kaprah yang justru mengisinya dengan ban dalam. Sebetulnya cara ini sih tidak salah ya, hanya saja kurang begitu maksimal. Lantas bagaimana langkah tepat buat memperbaikinya ?

Cara memperbaiki ban tubles bocor samping 

Sebelumnya ada perlu melepas ban dari velg terlebih dahulu, khusus motor saat ban akan dicongkel beri tatakan karet atau agar cat velg tidak rusak. Namun sebelumnya keluarkan seluruh angin yang ada di dalam ban dengan melepas pentilnya. Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor

Jika sudah amati sisi velg kanan kiri, jika banyak kotoran atau butiran pasir yang mengendap inilah yang jadi penyebabnya. Jadi bersihkan kotoran yang menempel pada velg dengan cara mencucinya dengan air sabun dan sesekali bisa diamplas dengan amplas halus ukuran 120 untuk mengangkat kerak yang membandel. Jika sudah keringkan sebelum dipasang kembali.

Jika kondisi sisi velg bersih atau tidak ada kotran yang menempel namaun cat sisi dalam velg yang rusak, berarti itu penyebab ban tubles motor anda bocor samping. Tak perlu panik masbro, atau malah berfikir menggantinya dengan velg yang baru. Karena masalah ini bisa kita atas sendiri dirumah. Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

Sebelumnya anda perlu meratakan cat yang terkelupas agar angin tidak merembes ke luar dengan cara mengamplasnya pakai ukuran sedikit kasar, hingga saat diraba tangan tidak ada benjolan. 


Perlu anda perhatikan saat mengamplas perlu dilakukan secara menyeluruh dan benar-benar rata. Selanjutnya cuci velg dengan air sabun hingga bersih dan keringkan atau bisa dilap dengan kain yang bersih sudah cukup. Sebetulnya cara ini sudah cukup ya, namun agar lebih awet olekan paselin/grease disekeliling sisi velg secara merata. Ini bertujuan agar cat dasar dalam velg tidak kembali terkelupas. Seperti kita tahu sifat air tidak akan menempel pada cairan yang mengandung minyak seperti paselin atau pelumas tadi.

Disini penggunaan oli dilarang ya masbro, karena justru merusak elastisitas ban, sehingga akan mengeras dan mengalami pecah pecah.

Jika semua langkah tadi dilakukan dengan benar, terakhir tinggal pasang ban kembali seperti posisi semula. Jika sudah tinggal mengisi angin bertekanan agar ban terpasang sempurna pada velg sesuai alur ban. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Terakhir kita bisa mengeceknya kembali apakah masih bocor atau tidak, dengan cara mengoleskan air sabun colek/sunlight dengan kuas cat hingga keluar busa. Amati disekeliling pinggir ban jika tidak ada gelembung yang terlihat berarti misi anda sukses.

Sebaiknya agarban bocor samping tidak terulang kembali jaga kodisi angin didalamnya. Pasalnya jika kurang angin atau kempes kotoran akan kembali masuk ke dalam sela sela ban, terutama saat melewati kubangan air.

Baiklah sobat baikers, sekian dulu ulasan bagaimana cara memperbaiki sendiri ban tubles bocor samping pada bagaian velg. Semoga postingan ini cukup bermanfaat dan bisa membantu dulur semua tanpa perlu repot-repot mengganti yang baru. Tips diatas juga berlaku buat kendaraan mobil dan motor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas