Penyabab dan Mengatasi Lampu Indikator Handrem Mobil Nyala Terus

Penyebab lampu indikator handrem mobil nyala terus - Rem tangan merupakan komponen wajib ada pada kendaraan khususnya roda empat. Fungsinya sendiri menghindari kendaraan melaju atau jalan dengan sendirinya terutama saat posisi parkir.  Khusus untuk mobil manual keberadaanya sangat penting terutama saat melaju di tanjakan, beda dengan tipe matic yang pedal remnya bisa kita pijak dengan kaki tanpa ada kopling yang perlu ditekan.

Sistem pengoprasian handrem sendiri dengan cara menariknya ke atas menggunakan tangan, inilah mengapa disebut dengan handrem atau rem tangan. Posisinya sendiri berada di bagian tengah berdekatan dengan handle perseneleng, namun pada mobil tertentu ada yang posisinya di dashboard seperti mobil Toyota Calya, Sigra, Pic Up L300, kijang super dan lainya. Baca juga Cara Mengatasi Kaca Depan Mobil Yang Bocor

Dengan adanya rem parkir atau parkir brake ini mobil akan terhindar dari yang namanya kecelakaan saat diparkirkan. Misal mobil tersengol oleh seseorang sehingga akan melaju dengan sendirinya dan menabrak suatu benda. Begitu pun juga saat parkir di kontur jalan yang menanjak atau turunan keberadaan parkir brake sangat membantu, dimana kita tidak perlu repot-repot mencari ganjal ban.

Namun seiring dengan lamanya penggunaann bukan berarti handrem tidak mengalami masalah. Rata-rata masalah yang sering muncul pada rem tangan ini adalah rem kurang pakem, rem macet yang terasa seret atau keras saat ditarik bahkan mengalami blong. Dan masalah yang sering muncul adalah lampu indikator rem yang terus menyala meskipun sudah tidak dipakai atau diturunkan. 

Penyebab lampu indikator handrem mobil nyala terus

Sebetulnya masalah lampu rem tetap nyala ini tidak termasuk masalah yang cukup berat atau vital ya, mungkin kalau dibawa ke bengekel mesin kena biasa 200 ribu tergantung komponen mana yang rusak.  Toh meski lampu rem masih tetap hidup posisi handrem sudah nonaktif, ini bisa dirasakan dimana mobil melau dengan normal tanpa ada beban seperti direm. Namun agar anda tidak merasa penasaran dibawah ini beberapa penyebabnya.



1. Menurunkan handrem kurang sempurna

Penyakit pertama mengapa mengapa lampu handrem masih tetap hidup saat diturunkan adalah kurang sempurnanya saat kita menurunkanya atau dinonaktifkan. Misalkan saja saat rem kita turunkan kurang full ke bawah atau pada saat ditunkan terganjal suatu bendal misal karpet lantai sehingga membuat switch rem masih tetap kondisi terpencet, alhasil lampu indikator tidak akan mati. Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Untuk mengakalinya cobalah mainkan terus rem tangan dengan cara menaik turunkan secara berulang dan turunkan secara full. Jika masih tidak mau mati coba cek bagian lainya seperti switch rem yang posisinya ada dibawah tuas hand brake maupun yang ada di dalam tangki reservoir minyak rem.

2. Volume minyak rem di tangki reservoir kurang

Pada sebuah mobil terdapat satu buah switch lampu indikator hand brake didalam tangki reservoir minyak rem yang bentuknya menyerupaki pelampung kecil yang nantinya akan memberitahukan ketika jumlah minyak rem dalam tabung penampungan berkurang. Jika memang volume oli kurang cobalah untuk menambahkan minyak rem hingg batas maksimumnya.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Dalam keadaan normal minyak rem bisa saja tib-tiba turun atau berkurang yang diakibatkan semakin menipisnya ketersediaan kampas rem. Jadi tidak ada salahnya juag mengecek kondisi kampas rem, siapa tahu memanga kondisinya sudah tipis dan perlu diganti.

3. Switch rem rusak

Penyebab lampu rem mobil nyala terus juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada switch rem parkir, maka dari itu cobalah untuk memeriksa apakah masih berfungsi dengan baik atau memang sudah tidak berfungsi/rusak.

Baca juga Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Pada mobil switch rem ini ada dua, pertama posisina ada di bagian bawah atau dibelakang tuas hand rem. Silahkan lakukan pembongkaran dan untuk mengetahui rusak tidaknya lakukan pengujian dengan avometer, jika memang rusak silahkan ganti dengan park baru agar kembali normal.

Switch rem yang kedua posisinya ada didalam tabung reservoir minyak rem yang fungsinya untuk memberitahukan ketinggian atau jumlah fluida minyak berkurang/turun. Jika kit cek namun fluida minyak rem masih tinggi dan switch rem tangan yang berdekatan dengan tuas handrem masih bagus, bisa dipastikan penyebabnya dikarenakan switch indikator didalam tangki penampungan minyak rem kurang sempurna.

Ini sering terjadi pada saat penggatian minyak rem dengan yang baru, dimana posisi switch rem bisa berubah berupa pelampung tersangkut sehingga membuat lampu indikator kadang berkedip atau malah menyala. Untuk mengatasi masalah ini coba pukul-pukul tangki reservoir minyak dengan gagang obeng atau benda lain agar terjadi goncangan yang membuat posisi pelampung switch rem kembali ke posisi semula.

Nah itulah tadi beberapa penyebab dan mengatasi lampu indikator handrem mobil nyala terus. Jadi untuk mengsigapi masalah ini anda cukup tenang dan tak perlu panik, toh jika ada niatan kita bisa memperbaiki nya sendiri. Sekian terimakasih dan semoga cukup membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas