Penyebab dan Solusi Lampu Indikator Rem Tangan Mobil Mati

Penyebab lampu indikator rem tangan mobil mati - Beda dengan mobil lawas kendaraan keluaran terbaru saat ini sudah didukung beberapa macam fitur yang terbilang cukup lengkap, dengan system yang sudah komputerisasi. Dimana bila terjadi sebuah kerusakan kita sudah mendapatkan peringatan sejak dini oleh lampu indikator yang tersematkan pada panel dasborad.

Penyebab tiba tiba lampu indikator menyala biasanya dikarenakan adanya kerusakan pada mesin atau komponen pendukung lainya, seperti ketersediaan air radiator, aki, sabuk pengaman handrem dan lainya. Namun terkadang serting menyala dengan sendirinya tanpa dibarengi terjadinya kerusakan karena system indikator tersebut mengalami eror. Baca juga Dampak Buruk Menggunakan Odol Untuk Menghilangkan Goresan Pada Mobil

Melihat banyaknya lampu indikator yang ada pada panel dashboard mungkin bagi pemula yang baru memang mobil bisa dibinggungkan kakan fungsinya satu persatu.

Perlu anda ketahui, beberapa lampu indikator yang memberi peringatan pada pengemudi mobil. Jadi sebaiknya anda perlu mengetahui dan jangan mengabaikanya demi keselamatan dan keamanan berkendarai.

Beberapa lampu indikator yang sering menyala adalah pada lampu rem tangan dimana mendadak mati bahkan masih hidup meski handrem sudah diturunkan secara sempurna sempurna. Nah untuk mengetahui peringatan atau kerusakan apa yang terjadi, semak penyelasan dibawah ini 

Penyebab lampu indikator rem tangan mobil mati

Kurang sempurna saat menarik tuas rem

Terkadang masalah sepele ini kurang sempurnanya menarik handrem saat mobil berhenti atau parkir bisa menjad salah satu penyebab mengapa lampu handrem tidak menyala sebagai semestinya. Memang jika mengangkat rem tangan kurang sempurna, maka lampu indikator tidak bisa membacanya sebagai sinyal untuk mengaktifkan rem tangan. Alhasil lampu tetap hidup.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Cobalah untuk memainkanya dengan cara menaik turunkan tuas handrem agar mengenai switch han rem agar memberi sinyal untuk menyalakan lampu indikator.

Kerusakan pada sekring

Penyebab lain bisa terjadi akibat adanya kerusakan pada sekrinng yang biasanya mengalami putus. Dengan putusnya sekring akan menghentikan aliran listrik ke komponen kelistrikan, karena itulah indikator rem tangan atau indikator lainya tidak bisa menyala meski komponen terkait tidak mengalami kerusakan.

Untuk menggantinya anda perlu membuka kap mesin, untuk memastikan penyebab lampu rem parkir mati disebabkan dari sekring, anda perlu mencabut sekring tersebut dari soketnya dan cek dengan avometer.  Jika memang rusak anda perlu mengganti dengan yang baru. 

Jangan pernah melakukan perbaikan sekring dengan cara menambahkan serat kabel sebagai penghantar listrik, kecuali dalam situasi darurat. Tindakan ini justru memicu konsleting listrik yang cukup fatal bagi mobil dan pengemudinya.

Switch rem tangan rusak

Bila handrem sudah ditarik maksimal, namun tetap saja lampu indikator mati maka anda perlu curiga adanya kerusakan pada switch rem. Dalam mobil terdapat dua switch rem untuk mengontrol rem tangan. Pertama ada dibawah atau dibelakang tuas handrem dan kedua berada pada tabung reservoir minyak rem. Untuk mengetahu rusak tidaknya anda perlu megecek dan membongkarnya secara langsung. Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Adanya kabel putus

Selaian gangguan switch rem, kabel kabel kelistrikan yang ada di dalam mesin terutama pada sisi depan juga bisa jadi alasan mengapa lampu indikator rem tidak mau menyala. Mengingat nyalanya lampu indikator berkaitan erat dengan sistem kelistrikan, maka jika salah satu mengalami putus tentu akan mengurangi suplai aliran arus listrik.

Jangan bersikap ceroboh yang sengaja mengabaikan kondisi indikator rem tangan yang membiarkanya tetap mati. Karena hal tersebut dapat memicu kerusakan pada komponen lain. Karena jika kabel ini putus dan tidak segera diperbaiki maka akan menggangu sistem kelistrikan lainya. Jadi segeralah untuk membawa mobil anda kebengkel untuk melakukan perbaikan. 

Aki kotor/berkarat

Seperti yang kita yang kita tahu nyala seluruh lampu yang ada didalam maupun di luar mobil dapat berfungsi akibat adanya aki sebagai sumber tenaga listrik. Jika aki rusak atau tekor tentu sistem kelistrikan akan terganggu dan berkemungkinan besar membuat indikator pada dasbord juga ikut mati. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Untuk memastikanaya anda perlu membuka kap mesin untuk mengecek kondisi aki secara langsung. Perhatikan apakah ada tumpukan kotoran/kerak bahkan karat yang menempel pada katubnya. Kalaupun ada segera bersihkan dengan cara diamplas atau bisa pakaia cairan anti karat untuk menghilangkanya. Jika dibiarkan kotoran dan kerak ini akan menahan laju suplai listrik kearah komponen dasborad mobil.

Itulah tadi 5 penyebab lampu indikator rem tangan mobil mati hampir semua kerusakan tadi disebabkan komponen bagian dalam. Jadi bila hal ini terjadi pada anda tak perlu khawatir karena  kerusakan yang dihasilkan tidak begitu fatal dalam jangka pendeknya. Namun tetap utamakan safety berkendara dengan cara menbawanya ke bengkel terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas