Cara Ampuh Memperbaiki Spion Motor Yang Longgar


Cara ampuh memperbaiki spion motor yang longgar - Tentu sobat semua sudah tahu fungsi spion motor adalah untuk memudahkan kita melihat pandangan ke belakang tanpa perlu susah payah menoleh ke belakang. Karena fungsinya yang cukup vital tak heran bila motor tanpa spion bakal ditilang polisi. Tanpa kaca berukuran kecil ini kita akan kesulitan berbelok karena tidak dapat meliat kondisi dibelakang kita.


Pada umunya motor dilengkapi dengan 2 spion kanan dan kiri yang memiliki bentuk beraneka ragam menyesuiakan body motor tersebut. Beda lagi dengan mobil yang memiliki 3 kaca spion pada sektor kanan kiri dan bagian dalam kabin diatas dasboard.

Karene letaknya dipaling samping stang motor membuatnya tak bisa terhindar dari berbagai benturan. Mulai dari terbentur kusen pintu saat mesukan ke dalam rumah, terbentur dengan spion motor lain saat dijalan. Terlalu sering terbentur benda keras membuat spion motor ini mudah sekali longgar yang membuatnya tidak bisa tegak lurus kembali dan berdampak kurang jelasnya bahkan dapat mengganggu pandangan ke belakang.

Baca juga Cara Memperbaiki Sendiri Shock Depan Motor Yang keras

Bagaimana tidak menggangu bila spion selalu bergoyang ke kanan maupun ke kiri bahkan sudah berusaha ditegakkan namun loyo. Tidak hanya terjadi pada motor matic motor bebek maupun sport juga dapat mengalami spion yang kendur.

Namun anda tak perlu binggung karena spion yang kendur dan lepas dapat diperbaiki dan kembali tegak lurus seperti semula tanpa perlu membeli yang baru.

Cara Memperbaiki Spion Motor Yang Longgar 

Karena longgar agar kembali kencang langkah yang dapat ditempuh adalah dengan menganjalnya. Nah bagaimana cara menganjal yang benar ? mari kita simak penjelasnya dibawah ini :

Baca juga Begini Cara Mudah Menghilangkan Baret Di Speedometer Motor  


Pertama buka spion terlebi dahulu dengan cara mengendorkan baut yang ada dibelakangnya, ingat cukup kendorkan saja ya sob. Karena memasang baut spion motor yang terlepas justru akan lebih sulit dan cukup meyita waktu yang lama.

Setelah terlepas siapkan potongan kecil karet ban dalam motor dan masukkan ke lubang spion(lubang memasang kepala gagang spion). Kemudian pasang kembali gagang spion dengan memberikan tekanan agar gagang dapat masuk ke lubang spion. Jika terlalu berat atau pegangan spion susah masuk anda dapat mengecilkan ukuran karet ban agar tidak terlalu sempit. Setelah masuk kencang kan kembali dan spion pun tidak longgar dan dapat lurus kembali.

Mengapa pengganjalnya harus karet ban ? Begini penjelasanya, karet meliki sifat yang kesat jadi jika digunakan untuk mengganjal spion maka langsut kesat dan tidak turun kembali. Beda lagi jika anda menggunakan kain maupun selotif karena kedua bahan ini licin jadi tidak dapat digunakan secara maksimal. Karena sifatnya yang kesat memang memerlukan tenaga ekstra sih saat memasukkan gagang spion namun usaha anda akan terbayar dengan hasilnya.

Baca juga Viral .!! Cara Memperbaiki Accu Motor Yang Mati Dengan Bodrex

Cara ini juga sudah saya aplikasikan pada motor beat sendiri dan alhamdullah masih ketap kencang selama satu tahun lebih.

Jika spion motor anda tidak menggunakan baut layaknya honda vario serta supra x 125 maka anda bisa meneteskan lem alteco pada spion yang kendor. Biar lebih kuat taburkan bubuk semen diatasnya kemudian teteskan lem kembali diatasnya agar semakin kuat. Sebelum spion di lem pastikan terlebih dahulu bahwa posisinya sudah benar.



Cara Perbaiki Spion Motor Yang Terlepas

Jika spion terlepas dan tidak longgar maka untuk memasangnya pun jangan asal sembarangan yang justru membuat spion rusak.

Cara yang benar adalah lepas spion dari stang motor kemudian kendorkan baut dibelakang spion kemudian panaskan lubang spion dengan korek api. Ingat jangan sampai meleleh ya sob cukup membuatnya lembek saja lubangnya lagu selgi masih panas masukan kembali besi peganggan spion yang terlepas tersebut kemudian kencangkan kembali baut yang anda kendrokan.

Bagimana Mudah bukan ??? cara memperbaiki spion motor yang longgar dengan terbitnay artikel diatas semoga dapat membantu serta dapat berguna bagi anda dikemudian hari. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartkel berikutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel