Cara Clear Ulang Cat Mobil Yang Benar Untuk Pemula


Cara clear ulang cat mobil yang benar untuk pemula- Belakangan ini banyak bermunculan jasa auto detailing baik itu sekedar poles body, wax atau yang tengah tren saat ini nano cramic coating yang harganya mencapai jutaan rupiah untuk ukuran satu mobil. Tentu semua proses tersebut bertujuan membuat cat makin kinclong bahkan bsa dijadikan pelindung dari panas matahari.

Ya tak bisa dipungkiri penggunaan kendaraan yang terlalu sering di tambah kurangnya perhatian membuat cat lama kelamaan terlihat semakin kusam, terlebih jika sudah pernah dicat ulang yang rentan rusak. Hilangnya kilau clear coat juga bisa disebabkan penggunaan produk pengkilap abal-abal, ditambah kelirunya saat mengaplikasikan justru membuat struktur permukaan cat jadi rusak. 

Sebenarnya untuk mengembalikan warna cat yang kusam bisa dilakukan dengan beberapa metode yakni mempolesnya dengan kompon putih atau bisa memberi lapisan coating nano ceramic yang digadang-gadang mampu memberi kilau lebih lama bahkan tak sedikit ada yang memberi garansi satu tahun.

Tentu beberapa tridmen auto detailing diatas perlu diserahkan kepada ahlinya, jika dilakukan secara sembarang justru mememperburuk keadaan. Karena seperti yang kita ketahu proses poles memakai mesin, jika belum terbiasa memakainya justru membuat lapisan cat botak terkikis habis.

Jika sudah dipoles namun hasilnya kurang memuaskan tindakan terkahir adalah dengan mengecatnya kembali. Memang sih untuk repair kembali kendaraan tak sedikit biaya yang perlu dikeluarkan, bahkan biaya perbaikan mobil full body bisa 5-8juta tergantung tingkat kerusakan.


Selain dapat merepairnya cat mobil yang kusum bisa kita clear ulang agar kembali kinclong dengan catatan permukaan cat masih bagus serta warna yang dipancarkan masih cerah atau tidak memudar. Kondisi dempul juga dalam kondisi baik tidak pecah bahkan mengelupas.

Turtorial cara clear ulang cat mobil yang benar untuk pemula

Sebelumnya siapkan beberapa bahan pendukung yang meliputi :
  1. Amplas halus nomor 2000
  2. Clear coat 2kg
  3. Thinner PU
  4. Peralatan ngecat spray gun lengkap dengan kompresor
  5. Terakhir kanebo dan sabun colek.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengamplas seluruh permukaan cat secara merata pakai amplas 2000. Biar makin bersih gunakan sabun colek saat proses pengamplasan, dengan begitu masih ada bekas obat pengkiap kit atau sejenisnya akan hilang. Seperti yang sudah saya jelaskan kemarin cat tidak dapat menempel pada permukaan yang kena minyak, oli bahkan jamur jadi perlu dihilangkan terlebih dahulu.


Selanjutnya anda bisa melakukan mixing dengan perbandingan thinner dan clear coat pass untuk siap diaplikasikan. Pernis dapat dilakukan sebanyak tiga lapis bro, untuk menjaga biar tidak meleleh lakukan secara tipis-tipis tungga agak kering 3-5 menit baru bisa ditimpa clear kembali. Untuk menghasikan cat kilap basah wet look pada lapisan terakhir disemprotkan agak tebal dengan tekanan angin stabil serta angin yang disemburkan cukup kuat

Jika sudah kering keras(6-12 jam) anda bisa mempolesnya dengan kompon putih untuk menghaluskan sekaligus menghilangkan tekstur kulit jeruk.

Jika dipikir sebenarnya cukup simple ya masbro, namun jika masih ragu melakukanya sendiri akan lebih baik anda menyerahkan pekerjaan ini pada bengkel body repair yang sudah berpengalam. Jika kita gagal melakukanya sendiri tidak hanya matrail waktu kita juga terbuang sia-sia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas