KLIK DISINI !! Cara Mengompon Cat Mobil Yang Benar


Cara mengompon cat mobil yang benar - Poles merupakan serangkain perawatan auto detaling pada body mobil. Langkah ini diambil sebagai cara untuk menghilangkan jamur serta mampu membersihkan goresan halus akibat cakaran kuku atau sambaran ranting pohon. Untuk bahanya sih kompon putih ya masbro, bisa pakai rubbing compound alfa car care atau dari Invory.

Namun untuk ngompon cat mobil yang buram tidak boleh dilakukan sembarangan lo, terlebih jika memakai mesin. Beberapa kasus akibat kekeluruan teknik yang dipakai justru membuat permukaan cat habis terkikis mesin atau permukaan cat jadi rusak akibat memakai amplas yang terlalu kasar terutama pada bagian kap depan yang posisinya menghadap ke atas bila ada kerusakan mesi sehelai rambut akan jelas terlihat.


Untuk mendapatkan hasil yang optimal dibutuhkan teknik serta cara yang benar memakai mesin poles. Ada ilmu/trik untuk membuat polesan yang anda lakukan benar-benar memperoleh hasil yang diharapkan, cat kembali kinclong nampak baru.

Baca juga Cara Ajaib Hilangkan Noda Bercak Air di Kap Mobil Dengan Mudah 

Untuk menunjangnya dibutuhkan alat dan bahan yang cukup mumpuni diantaranya :

  • Mesin poles
  • Lap microfiber
  • Kompon putih
  • Amplas bekas nomor 2000(pakai yang bekas agar tidak terlalu tajam)
  • Obat Wax(Kit, Turtell wax, Enamol, 3M)
  •  Lap kanebo

TAHAP 1

Langkah awal adalah mencuci permukaan body mobil pakai sabun sebagai cara menghilangkan bartikel debu yang menempel. Bila tidak dibersihkan saat tahap memoles nanti justru cat jadi baret akibat ada debu yang nempel.

TAHAP KE 2

Berikutnya mas bro lanjutkan tahap ke dua yakni pengamplasan, ingat ya mas bro pakai amplas bekas nomor 2000. Penggunaan amplas baru hanya dipakai saat mempoles cat baru.

Cara amplas cat lama pun tidak perlu ditekan, cukup diamplas dengan geerakan ringan atau ngak perlu ditekan sekiranya permukaan cat halus serta baret halus hilang, proses pengamplasan ini lakukan untuk mempercepat warna cat kembali mengkilap saat di kompon nanti serta memabntu mengangkat jamur serta pastikel lain yang ikut menempel.

Baca juga Cara Membuat Pembersih Plafon Mobil Buatan Sendiri 

Namun jika masih ragu atau ada ketakutana saat memakai amplas anda bisa melewatkan tahap ke 2 ini. Namun saya sarankan sebelum mengompon cat monil cara yang benar adalah dengan mengamplasnya terlebih dahulu pakai nomor 2000(Bekas)/tidak terlalu tajam.

TAHAP KE 3

Steep ke 3 masbro tinggal oleskan kompon sampai rata ke semua panel body yang akan di kompon. Kemudian nyalakan mesin dan siap untuk dipoles.


Oh iya masbro untuk memoles cat lama kami sarankan pakai busa sponse aja ya,  penggunaan kain wall hanya dipakai buat ngompon cat baru dengan alasan tekstur clear Coat masih tebal.
Cara menggunakan mesin poles yang benar adalah dengan memberi sedikit tekanan dan lakukan sampai bekas amplas hilang(bila diamplas) atau sampai cat berubah kinclong.


Untuk membuatnya kembali mengkilap dibutuhkan 20-30 menit. Saya sendiri poles body full satu mobil ukuran kijang super kemarin butuh 6 jam pengerjaan, tergantung seberapa parah jamur yang menempel.

TAHAP KE 4

Langkah terakhir dalah proses wax, Namun sebelumnya kita bersihkan terlebih dahulu sisa-sisa kompon yang masih menempel baik pada kaca atau bagian lain terutama pada permukaan cat pakai lap yang halus ya mas bro.

Baca juga Cara Menggunakan Rubbing Compound Alfa Car Care - Penghiang Baret

Tahukah kamu ? bila butiran halus sisa kompon yang nempel jika tidak dibersihkan bila sudah mengering justru akan mengeras dan sulit hilang. Untuk bagian sempit seperti pada sela hendle pintu gunakan sikat gigi bulu halus untuk membersihkanya.

Bila semua sudah bersih kita bisa langsuh ke tahap wax, bisa memakai obat turtell wax yang haragnya 95rb isi 473 ml. Cukup mahal sih bro tapi untuk satu botol cukup untuk 4-5 mobil.

Caranya mengunakan turtell wax tinggal tuang pada busa yang sudah disediakan, tinggal diratakan pada body yang sudah dikompon tadi. Tunggu hingga agak kering lalu poles dengan gerakan melingkar pakai kap microfiber berulang.

Biar obat wax nya awet menyatu dengan clear Coat akan lebih baik bila dipoles pakai mesin.

Selain mengkilapkan proses wax juga sabagai langkah penghilang bekas kompon jadi cat akan terlihat mengkilap sebening kaca serta sebagai pelindung sinar UV.

Mengki tergolong kendaraan tua jika rajin merawatnya tentu menambah rasa percaya diri saat parkir berjejer mobil baru.

Oke mas bro cukup jelas ya untuk cara mengompon cat mobil yang biak dan benar. Intinya adalah jangan sampai keliru melakukan perawatan auto detailing yang justru dapat merusak permukaan cat, bahkan dilakukan asal-asalan tanpa mengetahui teknik dasarnya.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas