Turtorial Cara Meratakan Cat Mobil Yang Belang


Cara meratakan cat mobil yang belang - Pekerjaan repair mobil bukanlah perkara mudah, apalagi bila kita belum pernah melakukan sama sekali. Sebab pekerjaan ini dibutuhkan keterampilan saat memegang spray gun serta dibutuhkan keuletan dan kesabaran disetiap steep nya. 

Berbeda bila kita mengecat dek motor dengan bidangnya tidak terlalu besar/luas, bisa dilakukan sendiri tanpa butuh skill khusus. Bahkan bila tidak memiliki peralatan lengkap bisa dilakukan dengan cat semprot tanpa takut warnya yang dihasilkan akan belang.

Mengecat ulang body mobil bila dilakukan secara asal-asalan justru malah memperburuk keadaan cat mobil. Meski sudah dipikir secara matang beberapa problem bisa ditemukan saat proses repair. 

Tidak hanya pemula yang sudah berpengalam sekalipun terkadang mengalami kendala baik itu cat yang meleleh atau keriting akibat tidak kuat ditimpa dengan cat baru.


Tak hanya itu, masalah yang sering dijumpai khusus untuk pemula adalah hasil catnya terlihat belang khusunya pada warna tertentu diantaranya silver, xeralic atau warna metalik lainya.

Penyabab cat mobil yang belang terjadi apabila saat mengayunkan spray gun kurang rata ditambah jarak pengecatan kurang tepat. Idealnya jarak antara ujung spray gun dan media adalah 15cm dengan diaplikasikan sebanyak 3 lapis. Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Penyebab lain juga bisa terjadi dari spraygun yang dipakai, sebagiknya sebelum digunakan amati cat yang keluar dari nozzel nya, jika semburan cat pecah tengah atau keluar tidak sera akan lebih baik jangan digunakan atau bisa diperbaiki terlebih dahulu. Baca juga Cara Memperbaiki Spray Gun Yang Mampet dan Tersendat

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur apakah bisa diperbaiki ?? Sebenarnya cara meratakan cat mobil yang belang adalah dengan menimpanya kembali dengan cat baru secara merata yang sebelumnya sudah diamplas pakai nomor 400 kemudian bilas pakai 1500.

Bila yang belang hanya sambungan clear coat kita bisa meratakan agar terlihat samar dengan cara mengamplasnya pakai nomor 2000 secara perlahan pakai air kemudian poles pakai kompon putih. Untuk pempercepat proses ini akan lebih baik memakai mesin poles.

Selain salah pengaplikasikan permasalahan cat belang bisa saja terjadi pada memilihan warna yang tidak sama dengan kelir cat lama khususnya saat melakukan tambal sulam bagian yang mengalami baret/rusak.

Akan lebih baik untuk permasalahan tambal sulam anda dapat membeli cat oplos pada jasa mixing collor dengan begitu cat baru akan sama dengan cat lama.

Sedangkan untuk harga cat oplos 1 ons 40rb, 1/4 70,  1/2 130rb dan 1 kg 250. Mahal sih memang namun sebanding dengan kupuasan warna yang dihasilkan ketimbang membeli cat jadi atau melakukan mixing sendiri.


Belang pada cat juga bisa terjadi akibat kelirunya teknik perawatan. Kebiasaan penggunaan cover/sarung bodi terlalu lama juga menimbulkan bekas belang/ngecat. Jika sering dibungkus cover lapisan cat akan jadi lembab, lama kelamaan justru meninggalkan bekas dan sulit hilang meski dicuci berulang kali.

Untuk menghilangkan noda belang akibat cover atau sarung bodi cukup mempolesnya dengan kompon putih secara berulang. Jika terlalu tebal ada baiknya diamplas terlebih dahulu pakai amplas bekas nomor 2000 agar tidak terlalu tajam. Bila sudah menyatu dengan clear coat jalan yang bisa ditempuh adalah melalukan repair ulang.

Nah diatas merupakan beberpa cara meratakan dan menghilangkan cat mobil yang belang. Untuk menjaganya agar tetap mulus perlu perhatian khusus, perilaku yang keliru justru merusak struktur permukaan cat dikumuan hari. Tidak ada salah nya untuk urusan auto detailing menyerahkan pada ahlinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas