Turtorial LENGKAP Cara Mengecat Ulang Mobil Sendiri Dirumah


Bagi dulur yang saat ini ingin mengecat ulang mobil sendiri, penting untuk mengetahui cara atau urutan dari a-z untuk menghasilkan kualitas cat kilap basah yang lebih baik. Proses perbaikan body repair dibagi dengan dua metode yakni cat oven dan biasa, tentu keduanya memiliki plus minus yang patut anda mengerti baik dari segi harga maupun kualitas.

Dan di waktu luang ini saya pengen berbagi tips atau teknik pengecatan mobil step by step secera terperinci dan yang pasti hasil pengalaman kerja dipengkel sendiri tanpa asal ngarang nyari info yang kurang jelas. Tidak hanya mobil teknik ini juga bisa diaplikasikan untuk ngecat ulang body motor atau kendaraan lain.

AutoClinic-Pati

Sebelum melangkah lebih jauh ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama persiapkan tempat, untuk menunjang proses pengerjaan temukan lokasi dengan ventilasi udara yang baik(ruang terbuka). Pastikan diatas nya sudah memiliki atap untuk menghindari benda asing yang jatuh dari atas, misal ranting pohon atau kotoran burung. Jika tidak ada anda bisa membaut atap sementara dari terpal.

Berkutnya persiapkan peralatan pendukung dimulai dari kompresor, sprag gun tabung atas, mesin poles dan mesin gerinda(jika diperlukan). Oh iya kape dempul juga jangan lupa ya sob.

Jika sudah lengkap, bahan baku pun wajib dipersiapkan diantaranya :

  • Epoxy filler, bila hanya butuh sedikit anda bisa membeli ukuran kecil 1/4 23rb perkaleng.  
  • Cat, untuk yang satu tergantung selera pengen warna apa. Namun saya sarankan jika melakukan tambak sulam bisa membeli cat oplos agar warna yang dihasilkan dengan cat lama, biar ngak belng gitu. Untuk jumlah cat 1 satu mobil dibutuhkan 2kg sekelas tipe MPV Avanza. Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya
  • Berikutnya clear coat yang diaplikasikan diakhir pengerjaan. Untuk bisa menghasilkan cat kilap basah pilihlah merk clear coat berkualitas. Untuk ukuran satu mobil menghabiskan 2 litter ukuran avanza, sedangkan tipe sedan 1kg 1/2.
  • Jangan lupa thinernya ya masbro, untuk mixing cat dan epoxy pakai thiner super dari alfa untuk menghindari cat ngembun. Sedangkan saat proses clear coat gunakan tipe tinner PU/bakar, bisa pakai brand sikkens, autoglow, atau alfa. Harga tiner super galon 75 rb dan 130-40rb untuk tipe PU.
  • Dempul pastinya ngak boleh terlewatkan. Untuk besi pakai dempul plastik ya sob, biasa disebut polyester putty.
  • Bahan lain yang perlu dipersiapkan adalah amplas.  Dimulai dari grit paling kasar nomor 120, 240, 400, dan 2000. Untuk jumlahnya dapat disesuaikan, untuk saya sendiri paling 10 lembar sudah cukup. Sedangkan merk amplas terbaik bisa pakai RMC yang biasa saya gunakan dibengkel.
  • Terakhir siapkan kompon putih dan obat wax bagai bahan saat polishing.

CARA MENGECAT ULANG MOBIL SENDIRI


  • Pendempulan


Bila tahap persiapan bahan sudah lengkap, proses cat ulang mobil dapat dimuali dengan melakukan tahap pendempulan untuk meratakan bidang yang penyok. Namun sebelumnya bersihkan media yang akan didempul dengan cara mengamplasnya pakai grit 120 sampai bersih. Setelah dempul bisa diamplas pakai nomor 120 dan diulang nomor 240 sampai rata dan halus.

Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar
  • Epoxy
Jika ingin mengecat full body amplas seluruh permukaan cat lama pakai grit 400, untuk selanjutnya menuju prosepelapisan epoxy filler sebanyak tiga lapis.


Sebelum ke steep berikutnya tunggu poxy mengering 4-5 jam untuk mengamplasnya kembali sampai halus pakai nomor 240 dibilas pakai 400 hingga permukaan halus saat diraba tangan. Bila ada bekas goresan atau ada pori-pori kecil terlihat sebelum diamplas anda bisa mendempulnya terlebih dahulu.

Baca juga 5 Merk Poxy Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor 
  • Cat Dasar
Berikutnya adalah pemberian warna cat dasar hingga permukan epoxy tertutup rata. Oh iya untuk warna cat dasar menyesuaikan dengan cat inti ya masbro. Misal jika pengen hitam metalic cat dasarnya adalah hitam doff. Sedangkan untuk ferary red bisa melapisnya dengan cat putih atau pink terlebih dahulu.

  • Cat Inti
Sebelum naik tahap berikutnya tunggu cat dasar mengering 30-60 menit untuk mengamplasnya hingga halus pakai amplas bekas tadi nomor 400, jika tidak ada bisa pakai grit lebih halus 1500 kemudian keringkan.

Hubungu bengkel body repaire

Selanjutnya ada bisa menyemprotkan cat inti secara merata masbro, untuk urutanya anda bisa mengecat bagian atas terelebih dahulu disusul bagin dalam pintu terakhir bisa mengecat body luarnya secara merata. Bila bagian kiri 3 lapis sisi akan pun 3 lapis.


Bila ada beberapa bagian yang kasar amplas kembali dan proses cat mobil dapat diulang hingga mendapatkan permukaan yang halus.


  • Clear Coat
Nah terakhir adalah dengan memberinya lapisan clear coat sebanyak 3-4 lapis. Diawali bagian atas pintu dalam dan disusul bagian luar. Dalam proses ini biatang serangga nyamuk atau lalat senang hinggap pada cear coat. Jadi sebelum melapisinya kembali pastikan tidak ada binatang yang nempel, jika ada segera hilangkan dengan cara nusuk secara pelan pakai jarum pentul.



Oh iya untuk proses pengecatan ulang full body mobil sebaiknya bagian kap depan dilepas ya mas bro. Anda bisa mengecatnya dengan cara digantung ya.. Langkah ini untuk menghindari cat ataupun clear coat yang tetes dari sparygun.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor 

  • Pemolesan 
Peroses pemolesan dapat dilakukan setelah clear coat mengering keras, idealnya akan kering dalam waktu 6-12 jam tergantung merk yang dipakai. Sebelum dipoles amplas terlebih dahulu permukaan clear pakai nomor 2000. Amplas hingga permukaan cat kulit jerus pada cat baru menghilang/sampai halus.

Berikutnya anda bisa membubuhkan kompon secara merata dan siap untuk dipoles. Proses finishing terakhir adalah dengan mengoleskan wax(obat pengkilap) sebagai langkah menghilangkan bekas kompon sekaligus menambah daya kilap clear coat.

Biar makin mantap hasilnya setelah dipoles bawa ketukang car wash untuk membersihkan body luar dalam. Karena bila noda sisa kompon dibiarkan terlalu lama menempel dan mengering akan sulit dihilangkan. Seperti dibagian sela-sela pintu atau padai sisi pinggir headlamp maupun handle pintu. Mobil pun terlahir baru kembali.

Wahh ternyata cukup panjang juga prosesnya ya lur pantes jasa body repaire harganya mahal bahkan untuk satu mobil saja bisa 7 jutaan. Harga tersebut masih terbilang murah bila dibandingan dengan bengkel resmi yang memakai cat oven.

Bagaimana anda tertarik untuk mencoba sendiri cara mengecat ulang mobil ?? Untuk memperoleh hasil repaire yang apik memang membutuhkan skill dan ketrampilan khusus. Bila masih ragu kami sarankan untuk menyerhakan ke bengkel yang berpengalaman atau bisa membawa langsung ke bengkel yang kami kelola sendiri AutoClinic.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas