Awas Salah.!! Perbedaan Clear Doff dan Glossy


Perbedaan Clear Doff dan Glossy - Hallo mas bro.. masih membahas soal auto refinish nii tepatnya bahan tahap finishing. Di proses akhir langkah mengecat mobil kita akan melapisinya dengan pernis sebagai pelindung cat biar lebih awet serta membuatnya mengkilap layaknya kaca. Bahkan pemberian lapisan clear juga bertujuan sebagai anti gores, baik cakaran kuku maupun sabetan ranting pohon.

Berbeda dengan cat yang memiliki banyak pilihan warna, warna clear identik bening(netral) seperti air dan bersifat lengket. Satu paket clear coat berisi basecoat dan hardenner sebagai pengering, pada merk tertentu bahkan sudah sepaket dengan thinner PU. Tak sedikit orang lupa mencampurkan hardener yang bedampak clear tidak mengering.

Tak hanya mengkilapkan clear juga bisa membaut cat jadi doff bahkan untuk semua warna baik solid maupun metalik. Seperti yang kita lihat beberapa tahun belakangan ini warna doff jadi tren di kendaraan motor dan mobil. Bahkan saat ini pabrikan motor sudah memproduksi masal body warna doff yang lebih berkelas, elegan dan terlihat semakin kece bagi pecintanya.

Untuk membuat cat clossy jadi doff dibutuhkan bahan khusus yaitu clear doff, lalu apa saja perbedaan clear doff dan glossy ?? Secara garis besar tiada perbedaan yang signifikat, namun ada beberapa hal yang patut anda pelajari baik segi pemakian atau saat proses mixing.

Baca juga 5 Merk Cat Hitam Doff Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor

Kita pasti sudah tahu fungsi clear glossy sebagai cairan pengkilap yang diapliasikan diakhir proses mengecat mobil atau saat selesai mengecat. Jika memakai merk berkualitas daya kilapnya dapat bertahan 5 tahun lebih tergantung perawatan. .

Jika membeli clear coat glossy sudah sepaket dengan obat pengering(hardener), untuk ukuran 1kg berisi 250ml hardenner. Namun pada merk tertentu seperti autoglow, sikkens dan spies heacker isi hardenernya lebih banyak yakni 500ml.

Begitupun juga untuk satu paket clear doff berisi hardenner sebagai pengering. Karena jarang dipakai kebanyakan orang membeli ukuran 1/4ml kaleng kecil dengan hardenner 200ml yang harganya mulai 35rb(kemasan kecil) Namun juga ada kemasan 1kg. Beberapa merk clear doff yang bagus diantaranya Autobright, Lux, laba laba, sikknes, Belkote dan blinken yang diaplikasikan dengan thinner PU.


Clear doff juga dikemas pada kaleng semprot seperti Samurai panit(2K01A) atau Diton premium(9130), yang sangat mudah diaplikasikan tanpa perlu alat spray gun dan kompresor.


Berbeda degan glossy, fungsi clear doff justru mematikan(menghilankan) daya kilap cat. Cara menggunakanya pun tidaklah jauh beda dengan biasa. Namun jika menginginkan hasil yang maksimal pilihlah bahan dasar cat PU(polyurthane) dan gunakan thinner super sebagai pelarut.

Baca juga Penting !! Cara Mengeringkan Cat PU Tanpa Oven

Perbedaan yang menonjol adalah clear doff tidak perlu dipoles memakai kompon putih, langkah pemolesan justru bisa merubah cat doff jadi glossy atau mengkilap Sedangkan untuk perbandingan hardenner dan thinner sama dengan saat mixing clear biasa(mengkilap).

Sebenarnya perbedaan clear doff dan glossy terletak pada akhir pengecatan yaitu tidak membutuhkan langkah pemolesan. Dari segi harga pun keduanya tidak ada perbedaan bahkan hampir sama, paling cuman selisih 5-10rb perak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas