Begini Cara Merubah Cat Glossy Menjadi Doff


Cara Merubah Warna Glossy Jadi Doff - Pasti kita tahu warna cat memiliki 2 pilihan yakni mengkilap kayak kaca dan tidak mengkilap, bukan berarti kusam lo ya. Dari tahun ketahun bagi sebagian kaum hawa maupun adam memiliki kendaraan warna doff, jadi opsesi tersendiri, Ya lebih terlihat sangar dan ada kesan tersendiri saat dikendarai terutama pada motor sekelas PCX ataupun NMax.

Kendaraan roda dua saat ini sudah mengeluarkan warna-warna doff baik merah maupun hitam. Namun saya untuk pabrikan mobil Toyota, Honda, atau Nissan belum ada satu pun yang mengeluarrkan desain warna mobil bergaya ngedoff lebih tren ya dikenal semi doff. Kalaupun ada mungkin mobil kawakan yang cear coatnya sudah kusam alhasil catnya jadi tidak glosy. heheehe

Demi cak mobilnya jadi warna doff banyak muda mudi yang mengambil langkah proses coating stiker yang harnya mencapai puluhan juta untuk ukuran full body. Meski biayanya cukup mahal tidak menjadin lapisan stiker tersebut dapat bertahan 5 tahun lebih, bahkan jika sering terkena air terutama saat musim hujan rentan mengelupas yang justru membuat tampilan mobil jauh dari kesan sangar.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

Dulu cat doff hanya bisa ditemui warna hitam yang banyak diaplikasikan pada dumper mobil kawakan seperti Kijang Super. Namun Tahu kah kamu.?? warna glossy seperti merah, putih, biru, abu-abu baik jenis solid, metalic saat ini bisa diubah jadi ngedoff loo..

 
Sebenarnya cara merubah cat glossy menjadi doff tidak jauh beda dengan langkah mengecat mobil. Hanya saja ada beberapa perbedaan bahan yang digunakan, biar makin jelas akan saya urai secara lengkap berikut ini. 

Siapkan bahan pendukungnya :
  • Cat(sesuai warna yang diinginkan)
  • Thiner PU(Bakar)
  • Clear coat doff dan
  • Amplas
Pertama,

Amplas objek yang warnanya akan diubah, pakai amplas halus nomor 1500 agar cat tidak gampang mengelupas kemudian keringkan. Namun akan lebih baik jika anda melapisinya dengan cat dasar epoxy  untuk meminimalisir kejadian cat duco kriting.

Kedua,

Selanjutnya anda bisa meyemprotkan warna cat yang akan dijadikan doff secara merata, biar hasilnya lebih bagus gunakan thinner super sebagai campuran yang diaplikasikan dengan spray gun F75 atau sejenisnya, menggunakan teknik pengecetan secara tipis terlebih dahulu setelah kering baru bisa ditimpa kembali.

Baca juga Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Clear Kulit Jeruk Pada Cat Baru

Ketiga,

Dan steep ini lah yang bisa merubah warna glossy menjadi doff atau tidak mengkilap yakni dengan melapisinya pakai clear coat doff bisa memakai produk komersil buatan negri atau merk impor. Bisa membeli ukuran 1/4 kemasan kecil 40rb belum termasuk tiner. Cara menggunakanya tidak lah berbeda saat anda mamakai pernis untuk mengkilapkan cat.

Agar cat awet doff awet gunakan thinner PU sebagai campuran clearnya bisa pakai autoglow, sikkens atau autobright. Tak sedikit orang yang salah kaprah demi memangkas biaya justru memakai thiner eceran yang haranya lebih murah 20rb sudah dapat 1 liter, tak heran tidak sampai 5 bulan cat sudah rusak.

Baca juga Urutan Amplas Yang Digunakan Untuk Mengecat Mobil 

Oh cara menggunakan clear doff juga sama degan memamai clear biasa, ada hardenner sebagai pengeringnya. Jika sudah kering cat akan menjadi doff dengan sendirinya.

Yang perlu saya garis bawahi disini adalah jangan melakukan proses polishing atau mempolesnya dengan kompon putih, saat anda mengkomponya jusru cat yang doof jadi mengkilap(Glossy).

Kesimpulan artikel cara merubah cat glossy menjadi doff adalah dengan memakai clear doff. Ketiga langkah diatas dapat anda terapkan pada mobil maupun motor bahkan bisa dipakai untuk fernis kayu. Jika anda ingin mengkilapkanya tinggal poles pakai kompon putih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas