AWAS SALAH, Ukuran Nozzel Spray Gun Untuk Cat Mobil


Ukuran nozzel spray gun untuk cat mobil  - Proses pengecatan mobil tentu tidak luput dengan yang namanya spra gun, ya alat perkakas satut ini jadi faktor penentu bagus tidak hasil repair kita. Meski sudah berpengalaman bila peralatan yang diapakai kurang mumpuni tentu hasilnya juga kurang begitu maksimal.

Namun jangan di jadikan patokan kalau harga spraygun mahal hasilnya bagus. Pasalnya ada beberapa spray gun murah 200 ribuan yang memiliki kualitas baik bahkan banyak dipakai para mekanik cat bertahun-tahun, baik untuk cat dasar, epoxy filler atau untuk tahap finishing clear coat sama bagusnya.

Bicara spraygun tidak luput dengan komponen nozzel yang memiliki lubang berbeda tergantung fungsinya. Umumnya lubang nozzel yang beredar adalah 0.8 mm, 1.0 mm, 1.4 mm, 1.7 mm dan 2 mm.


Berbagai ukuran lubang nozzel memang sudah  di desain untuk berbagai kebutuhan saat proses pengecatan. Biar ngak salah kaprah akan kami jelaskan sebagai berikut :

Lubang 0.8-1.0 mm paling cocok di pakai saat touch up atau mengecat di bidang yang kecil/ sempit.  0.8-1.0 mm juga sering disebut spray gun mini karena ukuranya lebih kecil dengan ukuran cup 200-400 ml. Karena berukuran lebih kecil tentu semburan cat tidak begitu lebar. Baca juga Perbedaan Spray Gun K3 dan K3A

1.2-.1.3 mm sangat cocok diaplikasikan buat clear coat atau coating akhir.

1.4 mm paling bagus dipakai saat base coat atau memberikan cat warna dengan menghasilkan patern yang bagus.

1.7-2.2 mm biasanya banyak diaplikaksikan buat penyemprotan epoxy primer/filler setelah selesai tahap pendempulan. Lubangnya yang besar sehingga mampu mengakomodasi bahan primer yang berat dan ketal.

Jika membeli spray gun baik ukuran mini K3 atau ukuran standar F75/100 sebetulnya sudah dilengkapi nozzel dengan ukuran lubang 1.2-1.7 mm.

Cara Merawat Lubang Nozzel Pada Spray Gun Agar Tidak Mampet 


Lubang pada nozzel merupakan bagian paling sensitif karena mudah tersumbat oeh matial cat baik base coat atau primer. Seperti yang kita tahu nozzel spray gun dikelilingi beberapa lubang kecil yang membentuk pola vertikal atau horisontal saat di apliaksikan, bila salah sau lubang mampet tetu semburan cat tidak bisa rata atau pecah tengah.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Spray Gun Elektrik Untuk cat Mobil 

Oleh karena penting menjaga spray gun agar tidak tersumbat. Untuk menjaganya tetap bersih sebenarnya ada beberapa perawatan yang perlu di lakukan, diantaranya :

  • Selah di pakai  spray gun baik pada tabung penampung cat khsusunya bagian dalam dan yang tak kalah penting pada nozeelnya. Untuk cara mencucinya tidak begitu sulit ya, cukup tuangkan thinner secukupnya pada cup lalu goyang-goyang secara perlahan sembari dibersihkan dengan sikat gigi atau lap bersih, bisa diulang beberapa kali. Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100
  • Setelah cup bersih tinggal membersihkan bagian dalam spray gun dengan cara menuangkan tinner secukupnya pada cup penampung cat kemudian tutup lubang nozeel dengan tangan dan tekan piston/handel secara berulang hingga kerak di dalamnya keluar. Pastikan spray gun masih tersambung dengan selang komprsor yang terisi angin ya.
  • Sedamgkan untuk mmbersihkan nozzel cukup merendamnya dengan thinner dan gunakan sikat untuk membersihkanya. Pastikan semua lubang nozzel bersih dan tidak ada sumbatan, biar makin mantasp bisa menyemprotnya degan angin kompresor.
  • Untuk menjaga kualitas spray gun tetap optimal dan bersih, wajib dibersihkan setelah di pakai. Jadi jangan malas ya sub untuk menjaga kebersihanya.

Nah, dengan mengetahu ukuran nozzel yang pass untuk cat mobil setidaknya bisa membantu anda untuk memodifikasi spray gun sendiri. Yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihanya untuk menjaga agar selalu dalam performanya. Sebaiknya anda memili Speet 3 sekaligus sehingga penggunaan epoxy atau clear Coat dapat disendirikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas