Ukuran dan Cara Amplas Body Motor yang Benar Untuk Cat Ulang

Ukuran dan cara amplas body motor yang benar - Hallo dulur.. Bukan rahasi lagi jika cat ulang body motor butuh biaya cukup mahal. Untuk full body saja mencapai 800 hingga satu jutaan tergantung ukuran dan jenis motor serta bahan yang dipakai. Tentu proses cat ulang body motor dikerjakan pada ahlinya, pasalnya ketidak tahuan bahan campur sana sini sangat berpengaruh dengan hasil repair nanti.


 

Perlu anda tahu proses pengecatan ulang butuh waktu cukup lama, itupun bila keadaanya masih mulus. Bila ada bebarapa yang perl sentuhan dempul bisa berjam-jam prosesnya. Waktu paling lama dalah proses pengamplasan dengan sedikit waktu pengecatan. Pasalnya untuk menghasilkan cat tanpa ada bekas baret dibuthkan teknik serta cara mengamplas yang benar.

Baca juga 3 Merk Clear Jahat Harga 100 Ribuan , Bagus dan Berkualitas 

Oleh karena itu keberadaan amplas sangat penting sebagai alat bantu meratakan dempul sebelum naik ke lapisan coating clear coat serta mengerok cat lama sebelum ditimpa kembali. Memang benar mengamplas merupakan tahap yang menyita banyak waktu bahkan bila tidak terbiasa biking tangan jempor masbro.

Ukuran amplas biasanya menggunakan satuan grid 80 - 2000, semakin kecil nomornya semakin kasar tekturnya, sbelaiknya semakin besar nomornya semakin hakus juga amplasnya. Untuk pengecatan body motor dan mobil sebaiknya gunakan jenis amplas silicon carbide waterproof atau biasa disebut amplas air. Yaa..Amplas kertas ini memang didesain tidak gampang sobek atau mengelupas meski direndam air sekalipun, teksturnya yang lentur mempermudah saat pengamplasan contour body motor dimana banyak lekukanya.

 

Ukuran dan Cara Amplas Body Motor Yang Benar Sebelum Dicat

Jika saat ini akan berkeinginan mengecat kembali body motor yang sudah kusam. Berikut ini kami sajikan turtorial mengamplas mulai dari A hingga tahap finishing polish beserta ukuranya.

  • Grid 80 dan 120

Bisa dikatan ukuran 80 ini paling kasar ketimbang 120, bila salah dalam penempatan/penggunan justru merusak permukaan cat. 


 

Jadi ukuran 80 paling poas dipakai buat membersihkan karat dan 120 untuk mengamplas/meratakan dempul. Itupun bila dempulnya cukup tebal atau banyak bergelombang jadi agar cepat rata dan halus buth grid yang lebih kasar.

  •  Grid 240 dan 400

Selanjutnya turun ke nomor lebih halus, ukuran 240 bisa kita pakai buat membilas atau mengulangi dempul yang sudah diamplas pakai 120. Paslanya bila tidak diamplas kembali dengan ukuran lebih halus, bekas baret akan terlihat saat proses cat. Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Jika ditempat agan tidak ada 240 bisa diganti ukuran 400, keduanya memiliki tekstur yang tak jauh beda. Setalah digunakan jangan dibuat dulu ya sob pasalnya buat amplas epoxy primer

Buat mengamplas epoxy kami sarankan tidak pakai amplas baru ya masbro, teksturnya yang masih tajam justru membuat poxy terkikis habis. Jadi cukup pakai amplas bekas.

  • 360 dan 400

Sedangkan ukuran 360 dan 400 bisa dipakai buat mengulangi pengamplasan epoxy. Sebetulnya sih epoxy bisa langsung diamplas pakai 360 hanya saja akan memperlambat tahap pengerjaan. Selebihnya bisa buat mengamplas dempul spot/odol

Grid 400 bekas juga bisa dipakai buat mengerok cat lama sebelum ditimpa cat baru atau lapisan poxy selebihnya bisa dipakai buat mertakan cat kriting.

  • 1500 dan 2000

Dan 1500 bisa diapliaksikan buat mengamplas cat dasar sedangkan 2000 untuk mengamplas clear coat sebelum dipoles. 

Beberapa merk amplas yang bagus tajam lebih awet dan tidak gampang mengelupas agan bisa pakai RMC yang harga perlembarnya 3500. Saya sendiri sudah tahaun memakainya untk kebutuhan bengkel.

 

Cara Mengamplas Body Motor Sebelum Dicat Ulang

Jika yang diamplas dempul kita butuh alat bantu papan kecil untuk meratakanya. Caranya bisa potong amplas jadi dua, bekuk dengan papan sebagai bantalan saat mengamplas. Untuk mempermuk dan mempercepat pengamplasan gunakan sabun colek beserta air secukupnya.

Sedangkan bila yang diamplas cat lama, epoxy atau cat dasar bisa langsung diamplas tanpa batalan las kayu atau bisa langsung dengan tangan. Cukup dibekuk jadi dua bagian dan langsung bisa diapliakan hingga memperoleh bermukaan yang halus kemudian cuci dengan sabun sebagai langkah menghilangkan oli atau sisa silicon yang menempel.

Begitu juga saat mengamplas clear coat bisa langsung dilakukan dengan tangan hingga permukaan yang awalnya mengkilap jadi doff.

Seperti yang kami katakan tadi bila ukuran dan cara amplas body motor dilakukan dengan benar bukan tidak mengkin menghasilkan repar lebih halus serta tidak gampang mengelupas meski dicuci terus menerus...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas