Cara Mengecat Body Motor Agar Mengkilap Seperti Baru


Cara mengecat body motor agar mengkilap - Sebetulnya merawat kendaraan tetap kinclong bunlah perkara rumit dan juga bukan perkara gampang, ya susah-susah gampang gitu lah terutama bagi kaum hawa.  Namun tak menutup kemungkinan para lekaki juga banyak yang menyepelekan, yang penting bisa hidup dan tidak mogok ditenggah jalan. Padahal tanpa sentuhan cepat atau lamba warnaya bakal kusam.

Selain mengurangi tampilan, body motor yang kusam akan mengurangi estetika serta nilai jualnya. Salah satu cara membautnya kembali kinclong bisa melakukan polish, itupun bila catnya masih utuh. Berbeda bila permukaanya ada yang pecah-pecah bahkan ada beberapa yang baret perlu melakukan repair kembali.

Untuk proses reapir sendiri bisa dilakukan dengan dua metode yakni cat kompresor dengan memakai duco paint bisa atau cat semprot. Bila ditanya bagus mana tentu lebih kuat cat kompresor pasalnya setara dengan mobil, jadi tak perlu khawatir luntur bila tersiram bensin.


URUTAN CARA MENGECAT BODY MOTOR AGAR MENGKILAP


 1. Peralatan yang Kita Butuhkan






Peralatan untuk membantu proses pengecatan seperti
  • Siapkan amplas halus nomor 2000 dan 360, karena jika kita menggunakan amplas yang kasar maka setelah dicat nanti goresan bekas amplas akan terlihat. Anda bisa membeli amplas lembaran 1-2 lembar. Anda bisa menggunakan amplas air merk RMC karena amplas ini lebih awet dan tidak mudah sobek jika terkena air. Saya sendiri juga menggunakan amplas RMC ini saat mengecat motor/mobil.
  • Kemudian siapkan juga dempul secukupnya, atau anda bisa membeli dempul berukuran 1kg dengan harga sekitar 35.000(tergantung merk). Jangan lupa juga untuk menyiapkan kape dempul. Dempul disini berfungsi untuk meratakan dek motor yang lecet atau tidak rata, namun jika masih mulus bisa langsung kita amplas.
  • Siapkan epoxy filler, untuk mengecat full body motor anda cukup membeli exopy berukuran 1/4 dengan harga 23.000(tergantung merk). Anda bisa menggunkan expoy merk alfaglos, nipe, nippon dll.
  • Thiner, pastinya temen-temen sudah tahu fungsinya ya untuk mencampurkan atau melarutkan epoxy filler, atauclear coat.
  • Dan pastinya siapkan cat, untuk menghasilkan warna glossy gunakan cat bakar/cat PU yang dijual dengan harga 1ons 40rb, 1/4 70rb, 1/2 kg 125rb dan untuk satu 1kg harganya 200rb biasanya untuk warna-warna cerah seperti merah,pink dan putih seralic harganya sedikit lebih mahal. Namun jika budgetnya tipis, anda bisa membeli cat duco biasa yang harganya jauh lebih murah 100 ribuan.
  • Kompon putih, untuk proses finishing. Fungsinya untuk mempoles body motor setelah dicat agar permukaan cat terlihat halus dan mengkilap seperti baru.
  • Terakhir siapkan lakban/isolasi kertas dan koran, fungsinya untuk menutupi bagian dek yang tidak anda cat misal sticer yang menempel pada dek motor atau loga yang menempel pada body motor.
2. Tahap Pengecatan

  •  Pencopotan Dek
Pertama cobot dek motor dengan cara melapaskan baut yang menempel, pada tahap ini anda bisa menggunakan obeng dan juga kunci 10inci. Sebenarnya bisa saja pengecatan dilakukan dengan posisi menempel pada motor, namun untuk mempermudah proses pengecatan anda bisa melepasnya secara keseluruhan.
  •  Pencucian dan Pengamplasan
Cuci permukaan dek motor menggunakan sabun colok ataupun sabun cuci piring untuk menghilangkan bekas minyak atau kit yang menempel..

Setelah dipastikan anda bisa mengamplasnya dengan amplas nomor 400. Amplas seluruh bagian hingga partikel jamur yang menempel menghilang. Jika ada kotoran yang sulithilang gunakan sabun saat mengamplasnya.

Teknik pengamplas sendiri lakukan dengan satu arah baik dari ke kiri ke kanan atau sebaliknya, dari bawah keatas atau sebaliknya. Untuk mempermudah proses pengamplasan basahi dengan air permukaan dek dan amplas yang kita gunakan.

Jika ada bagian dek yang lecet cukup dalam atau bagian yang tidak rata, anda bisa mendempulnya dengan halus. Tunggu dempul hingga kering keras dan amplashinga rata pakai nomor 240.
  • Tahap Pengeringan
Setelah bersih dari jamur dan kotoran yang menempel segera keringkan dek motor menggunakan kain kanebo yang memiliki daya serap air yang kuat atau menggunakan kain yang bersih dan halus. Jangan menggunakan kain sembarangan untuk mengeringkanya ya, apa lagi kain tersebut kotor ataupun bekas minyak, oli atau bekas obat pengkilap karena bisa menyebabkan cat tidak menempel.
  • Tahap Mixing/menyampur Cat Epoxy
Proses selanjutnya adalah menyemprotkan epoxy filler sebagai lapisan utama sebelum ke tahap pengecatan. Proses epoxy ini bertujuan agar cat menempel dengan sempurna. Untuk mixing atau membuat adonan epoxy cukuplah mudah yaitu dengan menyampurkan thinner A menggunakan takaran yang pass sesuai dengan aturan pakai yang tertulis di kalang. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca Takaran Pass Antara Epoxy Hardener Dan Thinner Yang Harus Anda Ketahui 

Bila body motor sudah disemprot epoxy, namun ternyata masih ada pori-pori yang masih terlihat maka anda bisa menutupnya dengan melapisi dempul kembali hingga pori-pori tertutup dengan sempurna. Yang perlu anda ketahui anda bisa menutup pori-pori tersebut setalah epoxy sudah mengering keras. Karena sifat dempul bersifat panas maka poxy bisa mengelupas jika belum kering keras.

Sebenarnya dek motor tanpa dilapisi epoxy atau langsung dicat tidak akan masalah asalkan cat lama yang kita timpa dengan cat baru kondisi cat lama masih bagus.

Setelah epoxy mengering amplas hingga halus dengan menggunakan amplas air nomor 360, Amplas juga bagian dek yang kita dempul kembali tadi. Setelah proses pengamplasan selesai segera keringan sisa-sisa air yang menempel hingga bersih dan pastikan kembali tidak ada noda minyak atau oli yang menempel pada permukaan dek yang akan kita cat.
  • Proses Pengecatan
Sebelum ke tahap pengecatan(cat finishing), langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cat dasar. Namun sebelumnya kita harus membuat atau mixing cat dasar tersebut dengan malarutkanya menggunakan thinner A. Buatlah adoan yang sedikit kental, ini bertujuan agar cat cepat nutup sehingga kita bisa menghemat thinner dan cat. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menyampur cat dengan thinner.

Lakukan penyemprotkan cat dasar hingga 2-3 lapis agar cat benar-benar nutup. Perlu anda ketahui jika ingin mengecat dek motor berwarna merah maka anda harus menyemprotkan cat dasar berwarna putih atau pink.

Setalah cat dasar mengering, anda bisa melakukan proses pengamplasan dengan menggunakan amplas bekas 360 yang sudah kita gunakan tadi. Jika kita menggunakan ampalas yang kasar nantinya bekas amplasn akan terlihat saat proses finishing. Amplas seluruh dek hingga mermukaan cat dasar terasa halus saat diraba. Oh iya cat dasar akan mengering sekitar 30 menit tergantung kulitas cat yang kita gunakan.

Kemudian keringan sisa air bekas amplasan hingga dipastikan tidak ada sedikitpun air yang menempel pada permukaan dek yang akan kita cat. Untuk mempercepat pengeringan gunakan kain kanebo atau kain yang kering dan halus.

Tahap selanjutnya adalah menyemprotkan cat akhir atau cat jadi. Khusus cat akhir ini buatlah adonan yang sedikit encer dari pada cat dasar tadi, ini bertujuan agar hasil cat akan terlihat halus. Anda bisa menyemprotkan cat dasar sampai 3 kali atau hingga warna cat dasar tertutup rata dengan cat akhir.

Berapa jarak ideal spraygun dengan bidang yang kita cat ?

Jarak ideal spraygun adalah sekitar 10-15 cm atau sekitar satu jengkal tangan kita. Intinya, jika terlalu jauh maka hasil pengecatan akan kasar bila terlalu dekat justru membuat membuat cat meleleh.
  • Proses Clear Coat
Tahap akhir adalah memberi lapisan coating untuk memancarkan warna glossy sekaligus sebagai pelindung cat agar tidak gampang pudar. Sedangkan untuk jumplas pernis ful body motor 1/4 ya masbro pakai thinner Pu sebagai pelarutnya.

Baca juga Cara Yang Benar Mencampur Clear Dengan Thinner

Untuk hasil terbaik proses clear coat sebaiknya dilakukan 3 lapis. Untuk menghindari clear coat meleleh beri jeda pada setiap lapisan, tunggu beberapa saat agar mengering dan bisa ditimpa kembali. Untuk menghasilkan lapisan halus dan glossy Pada lapis terakhir usahakan spragyun ditekan kencang dengan setelan angin yang pass. 

Baca juga Daftar Merk Cat Kaleng Yang Bagus Untuk Body Motor
  • Tahap Pemolesan
Pada tahap akhir pemolesan. Proses pemolesan sendiri bertujuan menghilangkan kulit jeruk pada cat baru sekaligus menambah daya kilap dan meratakan permukaan yang kasar.

Berikut adalah cara mempoles cat body motor :

Langkah pertama adalah mengamplas permukaan clear coat hingga halus, atau sampai berubah menjadi ngedoff(tidak mengkilap). Berhati-hatilah saat tahap pengamplasan terutama pada bagian sudut-sudut dek, pada area ini clear coat tidak menempel dengan sempurna. Sehingga jika kita amplas akan membuatnya terkikis pbahkan jadi botak.

Bila pengamplasan sudah selesai bisa kitapolish dengan mengoleskan kompp putih sampai merata bari kita bisa menggosoknya dengan lap yang halus hingga cat yang doff kembali mengkilap. Proses ini memang butuh kesabaran serta tenaga ekstra, jadi diperlukan ketelatenan. JIka ingin lebih praktis bisa memakai memsin poles.

 Sebaiknya saat mempoles pasang dek pada body motor, dengan begitu saat mempoles bisa kita tekan tanpa takut dek patah.Selanjtnya bisa melakukan proses wax dengan obat mengkilpa ebagai langkah menghilangkan resido kompon yang masih tertinggal.

  • Dan Selesai.
Mungkin itu tips yang bisa kami bagian seputar tips cara mengecat body motor agar mengkilap, Cara diatas sudah kami aplikasikan berapa kali saat proses mengacat body motor maupun mengecat mobil.  Jika masih ada kebingunggan anda bisa bertanya pada kami dan pasti akan kami jawab. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas