Cara Mengecat Body Motor Agar Mengkilap Seperti Baru


Cara mengecat body motor agar mengkilap - Sebetulnya merawat kendaraan tetap kinclong bukanlah perkara rumit dan juga bukan perkara gampang, ya susah-susah gampang gitu lah terutama bagi kaum hawa yaang banyak mengabaikanya.  Namun tak menutup kemungkinan para lekaki juga banyak yang menyepelekan, yang penting bisa hidup dan tidak mogok ditenggah jalan.

Selain mengurangi tampilan, body motor yang kusam akan mengurangi estetika serta nilai jualnya. Salah satu cara membautnya kembali kinclong bisa melakukan polish, itupun bila catnya masih kondisi utuh. Berbeda bila permukaanya ada yang pecah-pecah bahkan ada beberapa yang baret perlu melakukan repair ulang.

Untuk proses reapir sendiri bisa dilakukan dengan dua metode yakni cat kompresor dengan memakai duco paint bisa atau cat semprot. Bila ditanya bagus mana tentu lebih kuat duco yang kualitasnya standar pabrik, jadi tak perlu khawatir akan pudar dan luntur bila terkena bensin.

Urutan dan cara mengecat body motor agar mengkilap seperti baru

 1. Peralatan yang Kita Butuhkan

Peralatan untuk membantu proses pengecatan seperti
  • Siapkan amplas halus nomor 2000, 400 dan 1500, karena jika kita menggunakan amplas yang kasar maka setelah dicat nanti goresan bekas amplas akan terlihat. Anda bisa membeli amplas lembaran 1-2 buah. Anda bisa menggunakan amplas air merk RMC karena amplas ini lebih awet dan tidak mudah sobek jika direndam air.
  • Kemudian siapkan juga dempul secukupnya, atau anda bisa membeli ukuran 1/4 dengan harga sekitar 25..000(tergantung merk). Jangan lupa juga untuk menyiapkan kape dempul. Tahap pendempulan sendiri untuk meratakan objek yang penyok dan baret.
  • Siapkan epoxy filler, untuk mengecat full body motor anda cukup membeli exopy berukuran 1/4 dengan harga 23.000(tergantung merk). Anda bisa menggunkan expoy merk alfaglos, nipe, nippon dll. 
  • Thiner, pastinya temen-temen sudah tahu fungsinya ya untuk mencampurkan atau melarutkan poxy, atau clear coat.
  • Dan pastinya siapkan cat, untuk menghasilkan warna glossy gunakan cat bakar/cat PU yang dijual dengan harga 1ons 40rb, 1/4 70rb, 1/2 kg 125rb dan untuk satu 1kg harganya 250rb biasanya untuk warna-warna cerah seperti merah,pink dan putih mutiara harganya sedikit lebih mahal. Namun jika budgetnya tipis, anda bisa membeli cat NC/biasa yang lebih murah 75 ribuan perkilo.
  • Kemudian siapkan juga clear coat, yang berfungi mengkilapkan cat dan sebagai pelindung cat agar tidak mudah tergores dan pudar. Dipasaran sendiri banyak merk celar coat dari yang harganya mulai 90rb-500rb/kg. Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor
  • Kompon putih, untuk proses finishing. Fungsinya untuk mempoles body motor setelah dicat agar permukaan cat terlihat halus dan mengkilap seperti baru.
  • Terakhir siapkan lakban/isolasi kertas dan koran, fungsinya untuk menutupi bagian dek yang tidak anda cat misal sticer yang menempel atau loga pada body motor.
2. Tahap Pengecatan

  •  Pencopotan Dek
Pertama cobot dek motor dengan cara melapaskan baut yang menempel, pada tahap ini anda bisa menggunakan obeng dan juga kunci 10inci. Sebenarnya bisa saja pengecatan dilakukan dengan posisi menempel pada motor, namun untuk mempermudah proses pengecatan anda bisa melepasnya secara keseluruhan.
  •  Pencucian dan Pengamplasan
Cuci permukaan dek motor menggunakan sabununtuk menghilangkan bekas minyak atau kit yang menempel.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Kemudian amplas seluruh bagian hingga partikel jamur yang menempel menghilang. Jika ada kotoran yang sulit hilang gunakan sabun saat mengamplasnya. Untuk ukuran amplas pakai 400.

Jika ada bagian dek yang lecet cukup dalam atau bagian yang tidak rata, anda bisa mendempulnya dengan halus. Tunggu dempul hingga kering keras dan amplashinga rata pakai nomor 240.
  • Tahap Pengeringan
Setelah bersih dari jamur dan kotoran yang menempel segera keringkan  menggunakan kain kanebo yang memiliki daya serap air yang kuat atau menggunakan kain yang bersih dan halus. Jangan menggunakan kain sembarangan untuk mengeringkanya ya, apa lagi kain tersebut kotor ataupun bekas minyak, oli atau bekas obat pengkilap karena bisa menyebabkan cat tidak menempel.
  • Tahap Mixing/menyampur Cat Epoxy
Proses selanjutnya adalah menyemprotkan epoxy filler sebagai lapisan utama sebelum ke tahap pengecatan. Proses epoxy ini bertujuan agar cat menempel dengan sempurna serta menghindari cat kriting atau mengkerut saat dicat nanti. 

Baca juga  Takaran Pass Antara Epoxy Hardener Dan Thinner Yang Harus Anda Ketahui 

Bila body motor sudah disemprot epoxy, namun ternyata masih ada pori-pori yang masih terlihat maka anda bisa menutupnya dengan melapisi dempul kembali hingga pori-pori tertutup dengan sempurna setelah poxy kering keras setidaknya 3-4 jam.


Sebenarnya dek motor tanpa dilapisi epoxy atau langsung dicat tidak akan masalah asalkan cat lama masih ori bawaan pabrik atau bukan bekas cat pilox. 

Setelah epoxy kering amplas hingga halus dengan menggunakan ukuran 400, amplas juga bagian dek yang kita dempul kembali tadi kemudian keringkan.
  • Proses Pengecatan


Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cat dasar. Namun sebelumnya kita harus membuat atau mixing cat dasar tersebut dengan malarutkanya menggunakan thinner A. Buatlah adoan yang sedikit kental, ini bertujuan agar cat cepat nutup sehingga kita bisa menghemat thinner dan cat. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menyampur cat dengan thinner.

Lakukan penyemprotkan cat dasar hingga 2-3 lapis agar cat benar-benar nutup. Perlu anda ketahui jika ingin mengecat dek motor berwarna merah maka anda harus menyemprotkan cat dasar berwarna putih dan untuk warna candy silver.

Setalah cat dasar mengering, anda bisa melakukan proses pengamplasan dengan menggunakan amplas 1500. Oh iya cat dasar akan mengering sekitar 30 menit tergantung kulitas cat yang kita gunakan.

Kemudian keringan sisa air bekas amplasan hingga dipastikan tidak ada sedikitpun air yang menempel pada permukaan dek yang akan kita cat. Untuk mempercepat pengeringan gunakan kain kanebo atau kain yang kering dan halus.

Tahap selanjutnya adalah menyemprotkan cat akhir atau cat jadi. Khusus cat akhir ini buatlah adonan yang sedikit encer dari pada cat dasar tadi, ini bertujuan agar hasil cat akan terlihat halus. Anda bisa menyemprotkan cat dasar sampai 3 kali atau hingga warna cat dasar tertutup rata dengan cat akhir.


Berapa jarak ideal spraygun dengan bidang yang kita cat ?

Jarak ideal spraygun adalah sekitar 10-15 cm atau sekitar satu jengkal tangan kita. Intinya, jika terlalu jauh maka hasil pengecatan akan kasar bila terlalu dekat justru membuat membuat cat meleleh.
  • Proses Clear Coat
Tahap akhir adalah memberi lapisan coating untuk memancarkan warna glossy sekaligus sebagai pelindung cat agar tidak gampang pudar.  Untu menghasilkan pengecatan yang kilap basah dan tahan cuaca gunakan thinner PU sebagai pelarutnya.

Untuk hasil terbaik proses clear coat sebaiknya dilakukan 3 lapis. Untuk menghindari clear coat meleleh beri jeda pada setiap lapisan, tunggu beberapa saat agar mengering dan bisa ditimpa kembali. Untuk menghasilkan lapisan halus dan glossy Pada lapis terakhir usahakan spragyun ditekan kencang dengan setelan angin yang pass. 
  •  Tahap Pemolesan
Pada tahap akhir pemolesan. Proses pemolesan sendiri bertujuan menghilangkan kulit jeruk pada cat baru sekaligus menambah daya kilap dan meratakan permukaan yang kasar.

Berikut adalah cara mempoles cat body motor :

Langkah pertama adalah mengamplas permukaan clear coat hingga halus, atau sampai berubah menjadi ngedoff(tidak mengkilap). Berhati-hatilah saat tahap pengamplasan terutama pada bagian sudut-sudut dek, pada area ini clear coat tidak menempel dengan sempurna. Sehingga jika kita amplas akan membuatnya terkikis. Untuk amplas gunakan ukuran 2000.

Selanjutnya bisa kita poles dengan menggosoknya pakai lap microfiber yang halus hingga cat yang doff kembali mengkilap dan bekas amplasan hilang. Proses ini memang butuh kesabaran serta tenaga ekstra, jadi diperlukan ketelatenan. Bila ingin lebih cepat bisa pakai mesin poles khusus yang memakai foam pad.

Terakhir adalah melakukan proses wax dengan menggunakan oabat pengkilap kit dan semacamnya untuk menghilangkan sisa kompon yang terlihat seperti kabut sekaligus mengkilapkanya. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

  • Dan Selesai.
Mungkin itu tips yang bisa kami bagian seputar tips cara mengecat body motor agar mengkilap seperti baru untuk pemula. Langkah bila dilakukan secara berurutan dan dilakukan dengan benar, tentu hasil repaint anda lebih berkualitas dan menyerupai cat orinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas