Kelemahan Motor Matic Tanpa Kick Starter Yang Perlu Diketahui

Kelemahan motor matic tanpa kick starter - Hallo dulur... Dari tahun ke tahun kendaraan bermotor banyak disematkan beragam fitur canggih dimana menunjang kenyamanan dalam berkendara. Salah satu fitur yang memberi kemudahan adalah terdapatnya smart key dimana menghidupkan mesin motor tanpa perlu menggunakan kunci kontak kembali. Dengan adanya teknologi canggih ini kita tidak perlu khawatir kemalingan dan terlengkapi alarm.

Namun tahukah kamu, saat ini motor keluaran terbaru banyak yang tidak dilengkapi kick starter. Dikelas motor yang entry level, cukup banyak tipe motor yang sudah absen pada strater model engkol alias manual pakai kaki. Pihak pabrikan mengganti kick starter yang lebih canggih yakni electric starter, dimana memberi kemudahan kaum hawa saat menyalakan mesin.

Kelemahan motor matic tanpa kick strater

Kelemahan yang paling menjol bila motor tidak dilengkapi kick starter adalah akan dibingungkan menyelakan mesin saat aki sedang soak. Namun ada beberapa alasan lain mengapa motor keluaran terbaru saat ini tidak menyematkan kick starter, lantas apa saja alasanya ? simak penjelasaan dibawah ini :

1. Merusak komponen lain bila jarang dipakai

Pada motor matic kebanyakan kick starter memang jarang dipakai, selain karena berat kita juga direpotkan memakai standar tengah terlebih dahulu. 

Dengana kehadiranya kick starter motor yang akinya sudah soak dan perlu diganti justru malah dibiarkan begitu saja karena masih bisa dinyalakan dengan kick starter tadi. Padahal fungsi aki pada motor sangatlah penting dimana mendukun sistem kelistrikan motor, maka dari itu meski ada kick starter jika aki sudah soat/rusak maka ganti dengan yang baru.

Baca juga Cara Menghidupkan Motor Matic Nmax Aki Soak

Sistem penghalus pada mesin motor saat dinyalakan, sehingga kelistrikan kelistrikan yang ada pada panel motor dapat terganggu jika kondisi aki mulai lemah/soak. 

Nah agar pemilik motor lebih disiplin dalam perawatan aki/menggantinya saat mulai lemah maka kick starter pada motor berfitur canggih kick starter dihilangkan.

2. Kick starter akan mengeras dan seret

Sebelum kitaa ulas memang elektrik starter memang telah tersematkan, maka kick starter sudah jarang digunakan buat menghidupkan motor. Disampng lebih repot, menggunakan kick starter butuh tenaga ekstra dan tak jarang kaki mengalai luka akibat benturan.

Meski demikian kick starter tetaplah berguna untuk menyalakan mesin saat aki sedang rewel, sehingga bisa digunakan kembali.

Karena jarang digunakan lama kelamaan kick starter bisa macet dan mengeras karena kotoran dan kerak yang menumpuk pada bagian ASnya. Karena dirasa cukup merepotkan dan memakan tempat maka pabrikan motor pun menghilangkan komponen ini.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

3. Motor terbaru sudah dilengkapi kontrol aki

Karena tidak ada kick starter ternyata banyak baiker yang merasa kerepotkan saat electric starter mengalami trobel. Tenang masbro, problem tersebut sebetulnya usah terfikirkan dengab matang oleh pihak pabrikan langsung.

Baca juga Cara Yang Benar Menghilangkan Baret Pada Motor Doff

Jadi sebelum aki mengalami trobel pihak pabrikan sudah menambah fitur informasi untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada panel speedometer.

Adanya indikator panel tersebut memudahkan kamu untuk mengetahui bagaimana kondisi aki terkini, apakah kondisi aku masih bagus atau atau sudah saatnya untuk diganti. 

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Jika kamu sering memperhatikan kondisi aki, maka sudah tidak ada lagi kendala motor tidak bisa dinyalaka, karena sistem kelistrikan dapat bekerja dengan baik.

4. Tren yang berubah

Sama halnya dengan penampilan, dari tahun ke tahun motor juga mulai diupgrade agar semakin staylis dan praktis. Apa lagi pada tipe matic yang permintaan pasarnya semakin meningkat, sehingga saat ini motor tipe bebek mulai ditinggalkan pecintanya, begitu juga dengan kick starter. Bahkan diluar negri sana sudah lama meningglkan kick starter dan beralih electric starter.

Tak hanya tipe matik, dilaur negri sana banyak tipe motor besar, jenis sport dan premium sudah tidak dilengkapi kick starter. Tentu hal ini sangat memperngaruhi produksi motor ditanah air.

Demikianlah artikel dari kelemahan motor matic tanpa kick starter dan beberapa alasanya. Jika mengalami mogok kita bisa menyalakanya dengan melakukan jumper layaknya mobil. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas