Cara Menyambung Cat Lama dan Baru Pada mobil

Cara menyambung cat lama dan baru pada mobil - Hallo dulur... Seiring dengan berjalanya waktu dan penggunaan beberapa masalah kerap kali muncul meski hanya sekala kecil. Selain pada mesin menjaga cat senantiasa kinclong juga penting dilakukan dengan cara mempolesnya jika kondisinya berjamur atau melakukan proses repaint jika warnanya sudah mulai rusak.

Sebetulnya proses repaint memiliki dua pilihan yakni cat oven di bengkel resmi atau bengkel biasa pinggir jalan dengan biaya yang tak sedikit. Untuk satu panelnya saja bisa 500 sampai 700 ribu tergantung tingkat keparahanya. Harga yang terbilang sangat mahal, padahal bila dilakukan sendiri paling-paling modal 150rb buat beli cat.

Toh saat ini banyak berterbaran turtorial mengecat mobil atau sekedar tambal sulam cat mobil yang baret tanpa terlihat belang dengan cat lama. Pengetahuan akan takaran cat dengan thinner juga tak kalah penting guna menghasilkan pengecatan yang halus dan terlihat kilap basah. Sementara untuk pemakian spray gun bisa pakai F75 dan F100 untuk clear coatnya.

Cara menyambung cat lama dan baru pada body mobil

Jika mengecat  satu panal tentu sambungan clear coat tidak akan terlihat , namun ini berbanding terbalik bila pengecatan hanya dilakukan setempat saja atau hanya pada bagian yang rusak/baret. Bukanya tanpa alasan mengecat satu titik ini tentu lebih memangkas matrial cat dengan biaya yang lebih murah.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Namun tak sedikit yang merasa gagal saat mengecat satu titik, misal yang dicat hanya pada bagian bawah pintu namun sambungan cat baru dan cat lama tidak bisa menyatu meski sudah dikompon sekalipun dan diamplas sekalipun. 

Nah agar tidak mengalami kegagalan saat menyambung cat berikut kami bagikan trik khususnya.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Jika yang dicat hanya sebagian, misal dibagian bawah pinttu saja kita perlu mengamplas satu panel/satu pintu tersebut dengan amplas 2000 dan cuci dengan air sabun. Ini bertujuan untuk membersihkan partikel jamur dan beberapa kotoran lainya. Dengan begitu cat akan menempel sempurna dan sambungan tidak akan putus saat dikompon nanti.

Sementara untuk urutan/proses mengecat sama seperti biasanya yakni diawali dengan tahap pendempulan, epoxy, cat dasar, cat inti terakhir adalah memberi lapisan epoxy.

Untuk proses  clear Coat pun juga sama yakni diaplikasikan sebanyak 3 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisanya agar clear tidak meleleh.

Namun pada lapisan terakhir pada sambungan clear Coat kita perlu menyemportkan thinner PU/tiner buat clear sebanyak 2 sampai 3 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisnya. Dengan begitu sambungan antara cat baru dan cat lama akan menyatu dan tidak putus setelah dikompon nanti.

Jika clear Coat sudah mengering keras kita tinggal mengamplasnya hingga halus dan tekstur kulit jeruk pada cat baru hilang. Begitupun juga pada sambungan pernis juga perlu diamplas dengan ukuran 2000.

Baca juga Perbandingan Campuran Clear coat Hardener dan Thinner

Kemudian proses poles bisa dimulai seperti biasa menggunakan kompon putih. Proses pemolesan dikerjakan hingga cat kembali mengkilap dan sambungan clear Coat tidak terlihat.

Kesimpulan

Jadi bisa disimpulkan agar cat baru dan lama bisa menyatu proses clear coat dilakukan dibelakang amplasan dan pada sambunganya perlu disemprotkan thinner PU 2 sampai 3 kali. Proses pengamplasan memang lah penting dilakukan sebelum ditimpa pernis, dengan begitu saat dipoles nanti akan menyatu dan tidak terlihat belang.

Nah, demikianlah sebuah trik bagaimana cara menyambung cat lama dan baru mobil agar tidak belang, teknik ini tidak berlaku jika proses pengecatan memakai pylox ya masbro. Sekian dari kami dan jangan takut mencoba hal baru untuk hasil lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas