Perbandingan Campuran Clear coat Hardener dan Thinner

Perbandingan campuran clear coat hardener dan thinner - Hallo dulur.. Pernis merupakan lapisan coating yang diaplikasikan diakhir proses mengecat mobil motor, dimana membawa dampak besar bila dilakukan dengan cara yang salah. Beberapa permasalahan yang terjadi adalah timbulnya cat kulit jeruk dimana mengurangi tingkat glossy pada cat.

Cara clear clear mobil yang benar adalah diaplikasikan sebanyak 3 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisnya 5-10 menit. Lapisan pertama semprotkan secara tipis-tipis merata dari atas bawah dengan jarak spray gun dengan media 10 cm. Jika terlalu jauh pernis cendrung kusam atau tingkat glosy kurang dan cenderung kasar bahkan timbul tekstur kulit jeruk. Sebaliknya bila terlalu dekat clear coat akan menumpuk dan meleleh.

Pada tahap inti ini sebaiknya gunakan merk spray gun berkualitas agar semburan yang keluar dari nozzel halus dan merata, tidak pecah tengah. Oh iya untuk setelan angin harus stabil dan kencang ya masbro, dengan begitu anda mampu menghasilkan repair yang lebih halus. 

Hal yang penting diperhatikan adalah saat menyemprotkan clear coat jangan putus ditengah jalan ya sob. Anda bisa menyemprotkanya permanel daria tas kebawa secara merata baru pindah panal/sisi lain begitu seterusnya. Pernis sendiri terdapat dua tipe yakni NC dan PU. Selain dari harga keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikat yaknik proses pengeringan serta tingkat glossy lebih unggul tipe PU. 

Perbandingan Campuran Clear coat Hardener dan thinner

Untuk menghasilkan repair halus tanpa tekstur kulit jeruk takaran thinner saat mencampur dengan pernis perlu diperhatikan. Jika terlalu kental clear coat nantinya cenderung menggumbal dan tekstur kulit jeruk sangat terlihat besar besar. 

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Begitu pun bila terlalu encer hasil pernis terlihat lebih kusam dan lapisan coating cenderung tipis meski sudah diaplikasikan sebanyak 3 lapis. Tentu hal ini menjadi kurang menarik jika terjadi khususnya pada mobil pribadi.

Jadi perbandingan yang pass adalah 1:1:0.5, clear : thinner : hardener. Bila base Coat 1 gelas plastik anda perlu campuran tiner 1 gelas juga dan hardener kira-kira 2 tutup botol Aqua.

Thinner PU : Clear Coat : Hardener

Perbandingan tadi tidak bisa jadi patokan seutuhnya ya sob. Pasalnya ada beberapa clear Coat yang teksturnya cenderung lebih kental seperti Nippon Nax superior 221 bahkan ada clear yang sudah encer sehingga tidak butuh tiner sebagai pelarut nya.

Baca juga Takaran Pass Antara Epoxy Hardener Dan Thinner Yang Harus Anda Ketahui

Prose mixing yang benar adalah mencampur clear Coat dan hardener terlebih dahulu aduk hingga keduanya menyatu sempurna kemudian bari campurkan thinner dan aduk kembali beberapa menit. Terkadang ada berberapa orang yang lupa mencampurkan hardener alhasil pernis pun lama kering, bahkan tidak bisa mengering meski sudah berhari-hari.

Thinner Yang Bagus Untuk Clear 

Untuk menghasilkan clear kilap basah weet lok dibutuhkan merk thinner berkualitas yakni tipe PU. Terkadang ada beberapa temen temen yang justru menggunakan thinner super atau tiner cobra sebagai campuran clear coatnya. Tak heran hasil repairnya cenderung kurang memuaskan atau lebih terlihat kusam meski sudah menggunakan merk pernis yang bagus sekalipun. 

Dibawah ini merupakan daftar merk tinner yang paling pas digunakan sebagai campuran clear caot beserta daftar harganya :

  • Sikkens 110rb perkaleng isi 1 liter 
Produk sikkens menang sudah tidak di ragukan lagi akan kualitasnya. Selain cat kualitas dunia clear coatnya pun banyak dipakai bengkel repair Eropa sebagai lapisan coatingnya. Jadi bila mengutamakan kualitas gunakan thiner sikkens sebagai campuran clear coatnya.
  • Autoglow 45rb perliter
Untuk yang kedua ini merk thinner yang sering saya gunakana saat proses clear coat, bahkan udah 3 tahun lebih saya mempercayakanya. Dengan menggunakan thinner ini clear cepat kering sehingga sangat cocok diapliaksikan saat musim hujan seperti ini.
  • Tanury 40rb/liter
Bila pengen sedikit murah agan bisa pakai merk tanury, termasuk tiner PU serta mampu meningkatkan tingkat glossy pada pernis.
  • Dakar 40rb/liter
Jika dilokasi temen temen tidak ada kedua merk tadi agan bisa pakai tiner dakar kok. Proses pengeringan juga lebih cepat dan membuat tekstur pernis lebih keras meski tanpa mesin oven sekalipun.
  • Auto Bright 40rb/liter
Selain cat kulaitasnya cukup bagus auto bright juga menyedikan thiner bakar dengan harga yang relatif lebih murah. Jika butuh matarial lebih banyak agan bisa membeli kemasan besar/galon isi 5 liter dengan harga 130rb, lebih hemat ketimbang beli literan.
  • Blinken 40rb/liter

Produk blinken memang sudah tidak asing lagi bagi kita, termasuk bahan auto refinish kawakan yang masih dipakai sampai sekarang karena kualitas yang diberikan sangat memuaskan. Sayangnya penggunaan thinner blinken proses pengeringanya lebih lama. Namun jangan salah setelah mengering sempurna 24 jam cat terlihat kilap basah nampak terlapis air.

Nah dulur cukup jelas ya berpapa perbandingan campuran clear coat hardener dan thinner. Dengan memakai takaran yang pas untuk cat terlihat kilap basah weet lok serta bisa dijadikan anti gores cat bila keras dengan sempurna. Yang terpenting adalah jangan takut mencoba hal baru demi pengalaman yang mahal nilainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas