Cara Mengecat Mobil Warna Silver Metalik Untuk Pemula

Cara mengecat mobil warna silver metalik untuk pemula - Hallo dulur.. Pekerjaan seperti reapir ulang bukanlah perkara mudah, dibutuhkan jam terbang tinggi yang sudah berpengalam untuk menghasilkan permukaan cat yang halus mengkilap tanpa ada tekstur kulit jeruk dan mampu bertahan lebih lama dalam berbagai cuaca. Namun meski sudah berpengalaman tidak menutup kemungkinan menumakan berbagai permasalahan seperti cat keriting atau clear coat meleleh akibat terlalu tergesa-gesa saat mengaplikasikanya.

Seperti di musim hujan seperti saat ini juga jadi kendala bila ingin mengecat terutama jika tidak memiliki mesin oven atau mengandalkan pengering dari matahari. Saat cuaca sedang mendung tentu berdampal besar dengan hasil repair, diantaranya cat jadi lama kering dan yang lebih parah adalah terjadi proses pengembunan dimana tiba-tiba air keluar dari lapisan cat. Tentu hal ini akan berdampak besar bila proses repair tetap diteruskan.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Namun tenang masbro, sebetulnya meski musim hujan sebetulnya kita masih bisa ngecat kok hanya saja penggunaan bahan perlu disesuaikan terutama pada thinner. Disaat cuaca hujan seperti saat ini sebaiknya gunakan thinner yang sifatnya cepat menguap yakni ND sebagai campuran cat nya dan tiner PU untuk clear coat. 

Namun tahukah kamu, tidak semua warna cat yang bisa diapliasikan saat sedang mendung bahkan hujan yakni warna warna metalik yang rawan terbalik warnanya jika suhu udara kurang panas. Seperti yang sudah kami bahas kemarin mengecat warna metalic lebih sulit ketimbang tipe solid terutama pada silver metalik yang butuh trik khusus agar hasil reapir tidak nampak seperti awa n mendung.

Cara Mengecat Mobil Warna Silver Metalik Untuk Pemula


Sebetulnya mengecat warna silver tidak jauh beda dengan warna lainya hanya saja dibutuhkan tredmen khusus terutama dalam hal performa spray gun perlu diperhatikan. Sebaiknya gunakan spray gun yang mampu menyemburkan cat denga jarak yang lebar, terlihat padat dan tidak pecah tengah agar nantinya cat tidak terlihat belang.


Sebelum memulai pengecatan hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi cuaca wajib panas. Dengan kondisi begitu cat disemprotkan akan langsung menguap/mengering dalam hitungan detik. Jadi trik ini untuk meminimalisir cat belang kehitaman seperti gosong.

Untuk menghasilkan permukaan cat yang rata saat mengayunkan spray gun juga perlu diperhatikan. Paling tidak jarak dengan objek antara15 cm, bila terlalu dekat sudah dipastikan akan langsung belang. Sebaliknya jika terlalu jauh cat cenderung lebih kasar. Jadi Proses pengecatan perlu dilakukan secara tipis-tipis setelah kering bisa menimpanya kembali.

Sedangkan untuk takaran cat dengan thinner juga perlu diperhatikan ya masbro, khusus warna silver buat sedikit kental agar cepat nutup. Untuk tinernya agan bisa pakai tipe super, sedangkan untuk cat dasarnya gunakan warna silver itu juga.


Begitun juga saat naik ke tahap clear coat ya masbro. Perlu diaplikasikan secara tipis-tipis dan perlahan dari atas ke bawah secara merata. Untuk bisa menimpanya kembali tunggu 5-10 menit agar setengah kering dan begitu seterusnya memberi jeda di setiap lapisan. 


Untuk menghindari cat menjadi belang akan lebih bagus agan pakai spray gun F100 atau F5 yang mampu menyemburkan cat cukup lebar. Clear coat bisa diaplikasikan sebanyak 3 lapis ya masbro, namun bila masih kurang merata bisa memberi satu lapis kembali.

Kesimpulan
 
Mengecat mobil warna silver cukup sulit khususnya untuk pemula, sedikit saja mengayunkan spray gun kurang rata cat akan langsung belang. Jadi proses cat perlu dilakukan secara merata dengan jarak yang tidak terlalu dekat dan disemprotkan secara tipis, bila langsung tebal cat akan langsung menghitam.


Meski sudah rata dan tidak belang bila proses clear coat dilakukan asal cat langsung berubah kehitaman layaaknya awan mendung atau istilahnya warnanya terbalik. Jadi saat memberi lapisan coating perlu kehati-hatian. Kalau waran solid sih aman-aman aja masbro, tidak ada reaksi apapun meskipernis dilakukan langsung tebal.

Faktor cuaca juga perlu diperhatikan, pastikan dalam kondisi panas. Saya sendiri saat musim hujan atau cuaca mendung tidak berani mengecat cat silver, yaa jika dipikir pikir lebih baik tidak kemtimbang dipaksanan namun hasil yang di dapat kurang maksimal.

Nah demikian tadi sedikit tips bagaimana cara mengecat mobil warna silver metalik untuk pemula. Bila ketiga point dadi dilakukan dengan benar tentu hasil repair tidak belang, yang terpenting adalah jangan takut mencoba bila salah ulangi kembali dengan mempelajari kesalahan tadi sehingga tidak terulang kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas