Cara Clear Mobil Yang Benar Untuk Cat Kilap Basah

Cara clear mobil yang benar untuk cat kilap basah - Hallo dulur.. Proses repair merupakan pilihan akhir untuk mengembalikan warna agar terlihat mulus dan kinclong kembali. Kalaupun hanya kusam dan permukaan masih bagus tidak retak atau timbul bintik-bintik kita cukup mempolesnya dengan kompon putih agar nampak mengkilap kembali. Mempoles body mobil sendiri dirumah sebetulnya mudah sekali dilakukan atau bila tidak sempat agan bisa membawanya pada jasa detailing terdekat.

Yaa.. tidak bisa dipungkiri seiring dengan usia dan seringnya penggunaan merupakan hal wajar bila interior mobil mengalami beberapa kerusakan seperti penyok akibat benturan atau ada beberapa sisi yang kropos dan harus melakukan proses las untuk menembalnya. Saran saya gunakan cat anti karat untuk melindungi kendaraan agan terutama saat musim hujan seperti sekarang.

Sedangkan untuk mengecat ulang mobil ada dua tempat yang bisa agan pilih diantaranya bengkel resmi oven atau biasa kaki lima pinggir jalan. Bila ingin lebih menghemat biaya tidak ada salahnya untuk membawanya pada bengkel pingir jalan, toh kualitasnya juga tak mau kalah dengan catatan bahan yang dipakai berkualitas dan dilakukan oleh ahlinya.

Namun jika ingin mencoba pengalaman baru anda bisa mengecat sendiri dirumah yang sebelumnya semua peralatan pendukung sudah tersedia diantaranya komporesor dan spray gun 75. Proses pengecatan sendiri diawali dengan langkah epoxy kemudian mendempul bidang yang kurang rata, topcoat terakhir adalah clear coat.

Baca juga Cara Clear Ulang Cat Mobil Yang Benar Untuk Pemula

Bila menginginkan hasil cat yang lebih baik sebaiknya gunakan tipe bahan PU/bakar ya mabsro, baik untuk thinner, cat maupun clear coatnya. Dengan memakai bahan berkualitas tinggi akan menghasilkan warna tajam seperti mobil keluaran terbaru serta daya glossy yang dihasilkan bisa lebih lama dengan rajin merawatnya.

Dari beberapa proses tadi tahap yang paling sulit dan banyak yang mengalami kegagalan adalah saat tahap clear coat. Ya tahap akhir ini memang berdampak besar dengan hasil pekerjaan anda yang cukup memakan waktu. Beberapa kesalahan yang sering terjadi adalah cat lama jadi ngangkat/kriting dan pernis meleleh bahkan tidak mau mengkilap. Pada warna-warna tertentu seperti silver warnanya malah berubah kehitaman/gosong.

Cara Clear mobil yang benar untuk cat kilap basah

Untuk menghasilkan clear kilap basah memang bukan perkara mudah terlebih bila masih pemula. Selain memakai clear coat yang bagus penggunaan spray gun juga dapat mempengaruhinya, pilihlah spraygun yang mampu menyemburkan cat secara halus yang padat merata dan tidak pecah tengah. Ada baiknya penggunaann spraygun untuk clear coat disendirikanmm sehingga endapan residu cat atau epoxy tidak ikut tercampur. 

Agar mampu mengkilapkan cat secara maksimal clear coat perlu diaplikasikan sebanyak tiga lapis dan memberi jeda disetiap lapisnya. Paling tidak 5-8 menit, dengan begitu clear coat tidak meleleh. tindakan memberi jeda saat proses pernis juga menekan terjadinya cat kriting akibat tidak ditimpa matrail baru. 

Idealnya clear coat diaplikasikan sebanyak tiga lapis secara merata dari atas kebawah dengan jarak spraygun dengan objek sekitar 10cm. Bila terlalu jauh hasilnya nanti terlihat kasar dan kurang mengkilap, sebaliknya jika terlalu dekat presentase meleleh akan tinggi. 

Agar menghasilkan glossy tingkat tinggi pada lapis terkahir/ketiga tekan spraygun lebih dalam dengan angin yang kencang dan stabil dengan gerakan yang sedikit cepat agar tidak meleleh. Untuk setelan angin bisa dikira-kira ya masbro. Pokoknya jangan terlalu pelan, harus stabil dan cukup kencang.

Takaran clear hardener dan thinner juga perlu diperhatikan ya.. Jika terlalu kental saat kering tekstur kulit jeruk terlihat besar-besar dan terlihat lebih menggumpal meski terlihat mengkilap. Tentu hal ini kurang sedat dipandang. Sebaliknya bila terlalu encer clear coat cenderung lebih kusam, kalaupun mengkilap saat kering akan susut. Jadi campuranya perlu diperhatikan.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Sedangkan thinner yang paling cocok untuk campuran pernia adalah tiner PU/bakar. Sebenarnya sah sah saja pakai tiner Super hnya saja proses peneringan bisa lebih lama dan menguranggi tingkat glossy pada clear coat. 

Baca juga Penyebab Dan Cara Mengatasi Clear Coat Bolong Bolong

Ada baiknya sebelum prosesclear coat dimulai bersihkan permukaaan cat dengan thinner degreaser sehingga jika ada beberapa residu penyebab pernis tidak meleleh seperti bekas minyak menghilang. Tenang masbro tiner degreaser ini aman digunakan kok tidak bikin cat rusak.

Sebaiknya saat cuaca mendung bahkan hujan tunda proses clear coat, bila dipaksa clear bisa meleleh karena prosespengeringan bisalebih lama dan yang lebih parah bisa berembun atau munculnya air pada permukaan pernis secara tiba-tiba. Tentu hal ini membuat hasil kurang baik setelah mengering.

Nah demikian serangkaian ulasan bagaimana cara clear mobil yang benar untuk cat kilap basah. Sebetulnya tidak begitu sulit kok masbro hanya butuh ketekunan dann kesabaran. Jika dilakukan secara tergesa-gesa tentu hasil yang kita dapat kurang begitu maksimal. Jika tidak sempat melalukanya sendiri tidak adaa salanya membawa ke bengkel yang kami kelola AutoClinc

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas