Perbedaan Thinner HG dan ND.. Mana yang Lebih Bagus ??

Perbedaan thinner ND dan HG - Hallo dulur... Tiner merupakan bahan auto refinish penting yang perlu dipersiapkan sebelum proses mengecat dimulai. Fungsi nya adalah sebagai campuran atau pelarut epoxy, clear Coat serta top coat. Selain sebagai pengencer, tinner memberi efek/berdampak besar dengan hasil repair anda bila dipakai secara sembarangan.

Jika dipelajari sebetulnya cukup banyak ya jenis-jenis tiner mulai dari A, A spesial, Super, PU/bakar, HG dan ND. Jika diperhatikan sepintas tidak ada perbedaan yang mengganjal, sama-sama berwarna bening dan terasa panas bila terkena tangan. Namun perbedaan akan jelas terlihat saat diapliaksikan atau dicampur dengan cat, dimana ada yang cepat mengering dan exstra slow.

Sebetulnya tinner memiliki fungsi berbeda ya masbro seperti thiner super untuk melarutkan cat atau tinner Pu sebagai campuran clear coat. Sebetulnya tipe super juga bisa buat campuran clear ya, hanya saja proses pengeringan lebih lama, tingkat glossy kurang, bahkan menimbulkan kabut dipermukaanya. Jadi pengunaanya perlu diperhatikan. Baca juga Daftar Merk Clear Cat Mobil Paling Bagus dan Awet

Untuk proses mengecat mobil motor paling ideal adalah memakai tipe super, HG, ND dan tiner bakar sebagai campuran clear coatnya. Penggunaan thiner berkualitas tinggi tentu menghasilkan permukaan cat lebih halus dan tidak gampang pudar bila terpapar panas matahari.  

Perbedaan Thinner ND dan HG untuk kilap maksimal

Thinner ND High Gloss memiliki kualitas tinggi dengan kandungan air lebih sedikit. Paling pas diapliaksikan saat musim hujan seperti ini agar mempercepat proses pengeringan dan tidak menimbulkan air dipermukaan cat atau istilahnya berembun. Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Ya.. Disaat musim hujan seperti ini banyak mekanik cat yang awalnya pakai thinner super naik grade ke ND untuk menghindari cat berembun. Thiner ND juga bisa dijadikan alternatif pengganti PU, tapi ya glossnya tidak bisa maksimal seperti PU. 

Sedangkan untuk harga thiner ND ukuran 500ml 35rb sedangkan galon besar ukuran 3.78 liter 85rb. Lebih mahal ketimbang thiner super selisih 20ribuan. 

Thinner HG juga bisa diapliaksikan buat pengencer epoxy primer, top coat maupun clear coat, hanja saja kualitasnya dibawah ND. Jadi proses pengeringan lebih lama serta tidak cocok pakai ngecat saat musim hujan. 

Saya sendiri lebih memilih HG ketimbang A buat campuran epoxy dan cat dasar ya masbro. Dimana mampu membuat lapisan epoxy primer lebih halus dan yang pasti lebih cepat kering.

 Kesimpulan

Jadi dapat diambil kesimpulan kualitas thinner ND lebih tinggi ketimbang HG meski keduanya memiliki fungsi yang sama. Hanya saja proses pengeringan dan kwalitas yang didapat berbeda, ini akan semakin jelas terlihat dengan seiring berjalanya waktu dapat kita ketahui mana yang lebih unggul.


 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas