Jarak Ideal Pengecatan Dengan Spray Gun untuk Hasil Maksimal

Jarak ideal pengecatan dengan spray gun - Agar menghasilkan repair yang kita harapkan bukanlah perkara mudah terutama masih pemula. Pasalnya ada 4 tahapan yang perlu dikerjakan dengan baik dan benar, mulai dari pendempulan, lapisan epoxy, top coat terakhir adalah clear Coat. Proses pengamplasan juga tak kalah penting masbro, bila ukuran amplas yang dipakai keliru permukaan cat justru lebih kasar.

Untuk bahan sih kami sarankan guanakan cat bakar/PU agar nantinya lebih awet, tahan terhadap daro sinar UV dan yang pasti warna yang dihasilkan lebih nyala.  Beberapa merk clear terbaik juga perlu diaplikasikan agar senantiasa wet look lebih lama. Jika sudah, perbandingan cat dengan thinner juga perlu diperhatikan ya masbro. Untuk menghasilkan cat tanpa tekstur kulit jeruk takaran tinner perlu diperhatikan. 

Bila semua sudah lengkap penggunaan spray gun juga diperhatikan ya masbro, pilihlah yang berkualitas sehingga mampu mengasilkan sempuran cat yang lembut. Bila buat mobil saya sarankan pakai sprayun F75 F100 sedangkan untuk motor cukup gunakan tipe K3, dimana paling ideal untuk objek yang tidak terlalu lebar. 

Jarak ideal pengecatan dengan spray gun 

Selain pemakian bahan tadi untuk menghasilkan cat yang halus dan clear coat lebih mengkilap jarak penggunaan spray gun dengan bidang yang dicat juga tak kalah penting msbro. Bila terlalu jauh volume cat yang menempel lebih sedikit atau lebih banyak terbuang ke udara, sehingga lapisan cat yang dihasilkan lebih tipis dan cenderung kasar. 

Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Sebaliknya, apabila memegang spray gun terlalu dekat maka jumlah cat justru menumpuk dan menghasilkan lapisan yang tebal tebal bahkan kurang rata disetiap sisinya. Parahnya lagi bisa membuat clear coat meleleh dan sulit dihilangkan hanya dengan cara biasa. 

Jadi jarak ideal saat memegang spray gun adalah 10-15 cm baik unttuk top coat maupun clear coat. Dengan semburan cat dibuat lebar agar nantinya menghasilkan permukaan rata terutama mengecat warna metalik yang rawan terbalik warna nya. 

Kecepatan gerakan saat memegang spray gun

Bila terlalu cepat cat cenderung kurang rata, sebaliknya jika terlalu pelan presentase meleleh lebih besar akibat matrail yang menumpuk di satu titik. Jika pergerakanya kurang stabil cenderung kurang mengkilap terutama proses clear coat dan cenderung kurang rata dan banyak residu yang terbuang. Jadi kecepatan saat mengayungkan spray gun perlu konsisten satu dengan lainya, dianjutkan kira-kira 900-1200 mm/detik.

Sedut penyemprotan

Memperhatikan sudut penyemprotan dengan spray gun juga tak kalah penting ya sob. Paling efektif adalah dengan sudut siku 90 derajat  Untuk menghasilkan cat terbaik yang rata disetiap sisi jaga terus jarak sudut harus stabil diangka tersebut.  Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Spray Gun Elektrik

Kwalitas spray gun

Brand atau merk ternama tentu menawarkan kualitas terbaik dengan janga waktu pengguaan lebih lama. Sebelum dipasarkan setiap merk sudah melakukan uji standar kelayakan, sehingga benar benar mampu mengantomisiasi bahan auto refinish lebih lembut. Beberapa merk ternama yang bisa anda jadikan referensi diantaranya, aurota, meiji, avalon dan krisbow.

Cuci setelah digunakan

Untuk menjaga performanya dan tidak timbul sumbatan pada lubang nozzel cuci bersih setelah digunakan memakai thiner A. Gunakan sikat gigi untuk menyapu disetiap sisinya, terutama cup  sisi dalam dan pastikan semua lubang nozel tidak mengalami sumbatan. Pastikan komponen didalamnya tidak ada residu cat yang tertinggal. Tidak disrankan merendamnya terlalu lama ya masbro, tidakan ini justru merusak seal yang ada.

Jika jarak ideal pengecatan dengan spray gun sudah ditentukan dan stabil, hasil repair agan akan lebih merata disetiap sisinyaa serta menghindari cat kasar dan meleleh. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah meluangkan waktu membacanya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas