Cara Yang Benar Menghilangkan Bekas Cat Semprot Pada Mobil


Cara menghilangkan bekas cat semprot di mobil -  Memiliki bodi mobil yang selalu terlihat mulus merupakan keinginan semua umat manusia. Namun kadang kala ada sesuatu yang bisa membuat tampilan mobil kurang sedap dipantang mata. Mulai dari bodi mobil terkena noda aspal goresan ranting pohon atau cakaran kuku di seluruh bagian handle pintu.

Selain masalah tersebut saat ini banyak tragedi remaja yang gemar mencoret-coret bodi mobil dengan cat semprot. Selain karena disengaja terkadang ada seseorang yang tidak bertanggung jawab yang sengaja mencoret mobil kita dengan cat semprot.

Sebenarnya cat semprot jika kita gunakan dengan benar justru akan membuat tampilan mobil menjadi apik. Misalkan kita gunakan untuk mengecat velg mobil, cat sasis atau interior lainya. Namun jika cat kalengan ini mengenai menempel pada body mobil anda jangan panik terlebih dahulu untuk memikirkan bagaimana cara menghilangkanya.
 
 Cara Menghilangkan Bekas Cat Semprot Pada Body Mobil

  •  KOMPON/COUMPOUND
Jika belum tahu kompon itu apa, kompon merupakan bahan yang digunakan untuk mempoles mobil yang bertujuan untuk mengkilapkan dan menghilangkan jamur serta noda yang menempel pada permukaan cat. Kompon sendiri berterktur seperti sabun colek berwarna putih dan jika dicium seperti bau khas minyak tanah. Harganya sendiri sangatlah murah untuk satu 1kg djiual seharga 45rb dan 1ons 7rb.

Kompon sendiri memiliki berbagai warna tergantung penggunaan. Untuk warna putih digunakan untuk mempoles ulang cat atau digunakan untuk menghilangkan kotoran dan baret ringan pada mobil. Waran merah dan coklat sering disebut compon bakar, kedua jenis kompon ini difungsikan untuk mempoles mobil yang baru dicat ulang.

Baca juga Perbedaan Kompon Putih dan Kompon Merah Yang Harus diketahui

Berikut adalah cara menghilangkan cat yang menempel pada mobil dengan kompon putih :
  • Bersihkan permukan cat menggunakan lap kanebo yang sedikit basah. Ini bertujuan agar jika ada partikel debu dan kotoran yang mempel tidak membuat lecet saat proses pengerjaan.
  • Oleskan kompon putih secara merata pada permukaan yang terdapat noda cat semprot dan lakukan proses pemolesan/penggosokan dengan lap yang bersih dan halus. Namun untuk mempermudah proses pengerjaan gunakanlah kain microfiber yang banyak dimjual ditoko cat seharga 25rb/lembar.
  • Jika bekas cat semprot sudah lama mungkin akan sulit untuk dihilangkan. Namun tetang semua bisa diatasi dengan kompon putih., agar noda cepat hilang ulangi langkah diatas beberapa kali secara telaten. 
  • Setelah menghilang tahap terakhir adalah menghilangkan bekas kompon yang masih menempel dengan menggunakan obat pengkilap kit maupun tertell wax.
  • Dan lihat lihatlah bodi mobil anda akan mulus kembali seperti semula.

AMPLAS HALUS

Cara yang kedua adalah dengan proses pengamplasan. Apa ngak bikin struktur cat rusak ? amplas yang kita gunakan disini adalah amplas yang paling halus jadi aman sekali untuk kita gunakan untuk menghilangakan semepuran cat yang menempel di mobil. Tahap pengamplasan ini bisa kita lakukan jika nda cat semprot masih sulit hilang dengn kompon. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan amplas :

Baca juga Cara Menggunakan Rubbing Compound Alfa Car Care
  • Pertama bahasahi permukaan mobil yang terkena cat semprot dan basahi juga dengan air yang bersih amplas yang akan kita gunakan. Untuk ukuran amplasnya kita bisa menggunakan amplas halus nomor 2000 jadi tidak akan membuat permukaan cat tergores.Usahakan pakai amplas bekas ya masbro bia ngak terlalu tajam
  • Setelah noda cat hilang hentikan pengamplasan untuk menuju steep berikutnya pemolesan sebagai langkah benghilangkan bekas amplasan tadi.
  • Oleskan kompon putih secara merata pada bidang yang kita amplas kemudian gosok dengan kain yang bersih dan halus secara berulang atau sampai cat kembali kinclong bekas amplasan hilang.
Yang perlu diingat disni adalah jangan pakai benda jatam seperti pisau cuter atau silet untuk membersihkan noda cat yang menempel. Bukanya noda cat hilang jika anda menggunakan benda tajam untuk mengkeroknya justru malah akan membuat lecet mobil anda.

Selain itu jangang gunakan cairan thiner maupun bensin, hal ini justru membuat struktur permukaan cat jadi rusak sehingga bisa menyebabkan cat menjadi kusam atau bahkan bisa luntur terkena tiner.

Bagaimana temen-temen cukup mudah bukan cara menghilangkan bekas cat semprot di mobil, jika ada kemauan pastu disitu juga akan ada jalan. Bila bisa dilakukan dirumah sendiri kenapa tidak, toh klau udah nyampek bengkel atau salon akan dikenakan biaya cukup mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas