Cara Menghidupkan Motor Matic Nmax Aki Soak

Cara menghidupkan motor matic namx aki soak - Hallo dulur. Permasalahan semacam kendaraan mogok tentu sangatlah menjengkelkan, dimana jika mesin tidak mau nyala kita perlu mendorong motor dengan jarak yang cukup jauh guna mencari bengkel terdepat sekedar perbaikan. Penyebab mogok 
disebabkan dari beberapa faktor mulai dari busi yang mati, mesin overheat atau battray accu yang tekor.

Seperti yang kita tahu aki memiliki peran penting dalan sebuah kendaraan dimana bertugas sebagai penyimpan daya listrik sekalius menyalurkanya ke komponen mesin untuk proses pembakaran sehingga mesin akan nyala saat starter di ON kan. Fungsi lainya adalah menyalurkan listrik untuk menyelakan seluruh panel lampu agar menyala terang sekaligus menghidupkan klakson.

Tidak hanya terjadi pada motor kawak matic maupun bebek, aki tekar juga bisa ditemui pada motor keluaran terbaru juga. Salah satunya pada motor Yamaha Nmax terutama tipe atau generasi pertama yang usianya sudah 5 tahunan silam. Namun tidak menutup kemungkinan versi keluaran terbaru juga mengalami aki soak.

Siapa pakai aki sendiri hanya berkisar 2-3 tahun dengan jarak pemakaian sekitar 20.000 km. Mungkin untuk motor yang jarang dipakai atau sekedar memanaskan mesin saat pagi hari accu lebih cepat rusak karena kiprok tidak mampu bekerja secara sempurna.

Seperti yang sudah kami jelakan tadi fungsi aki adalah sebagai penyalur aliran listrik untuk menyalakan mesin saat starter dipencet. Jika aki soak sebetulnya masih ada alternatif lainya untuk menyalakan motor yakni menggunakan kick starter. Lantas bagaimana jika motor tersebut tidak dilengkapi kick starter emergency ?

Cara Menghidupkan motor matic nmax aki soak

Jika pengalaman semacam ini terjadi anda tak perlu panik dulu masbro, ternyata masih ada cara lain untuk menyalakan motor Nmax yang akinya sedang trobel tanpa perlu mengganti dengan yang baru. Atau mencarger ulang, kelamaan soob. Itu pun kalau masih normal dan bisa dicas.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor

Ya.. Ada cara singkat yang bisa kita tempuh yakni dengan melakukan jumper, mirip yang dilakukan pada mobil yang akinya tidak kuat menyalakan mesin bahkan mati total.

Baca juga [KLIK DISINI] 5 Cri dan Perbedaan Oli Yamalube Asli dan Palsu

Singkatnya jumper adalah menyalurkan aliran alus listrik pada aki yang sehat/normal ke aki motor yang soak menggunakan kabel sebagai rambatanya.

Yamaha Nmax sudah dilengkapi capasitor bank. Jadi setelah mesin motor nyala dengan dipancing jumper, motor masih tetap menyala saat jumper dilepas.

Cara ini terbilang sangat membantu dan lebih efektif. Hanya saja saat motor sudah hidup, jaga mesin agar tetap menyala dalam beberapa jam dengan melakukan perjalanan agar kiprok menyimpan daya aliran listrik. Atau setidaknya anda sampai ketempat tujuan yang diinginkan.

Sebab jika mesin mati dan kiprok belum sempat menyimpan aliran listrik, anda perlu jemper kembal untuk menyelakanya.

Cara jumper aki motor yang soak

Sebetulnya tidak begitu rumit ya masbro kita hanya perlu menyiapkan kabel jumper yang sudah dilengkap empat capit guna menempekan pada aki. Jika tidak ada tak perlu risau, gunakan kabel biasa dengan ukuran yang tidak terlalu kecil.


Sebelumnya buca cover aki pada kedua motor, kemudian ikatkan kabel secara kencang pada kedua kutup aki. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan katup aki + plus bertemu + dan - bertemu -, jika terbalik akan menimbulkan korseting listrik. 

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jika sudah terpasang dengan kencang dan posisi katup sudah sesuai tinggal menyalakan mesin degan starter. Jika sudah nyala lepas jumper secara perlahan, tak perlu khawatir akan tersetrum masbro. Sangat aman dilakaukan dengn tangan kosong. Yang terpenting adalah kabel katup - + tidak bersetuhaan, karena menimbulkaan percikan listrik.

Nah, demikianlah trik gampang cara menghidupkan motor matic Nmax yang soak secara singkat. Sebaiknya untuk menjaganya agar tidak cepat tekor lakukan pengecatan secara berkala paling tidak saat melakukan servis. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas