Perbedaan Oli Samping Castrol 2 Tak Asli dan Palsu

Perbedaan oli samping castrol 2 tak asli dan palsu - Hallo dulur... Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin remai baik roda dua maupun roda empat. Saat ini marak oknum gelam yang sengaja mendaur ulang pelumas bekas tap tapan untuk dijual kembali dengan memakai botol merk ternama yang dikemas secara apik. Tentu hal ini akan merugikan konsumen serta mendatangkan masalah pada mesin dikemudian hari.

Dalam jangka panjang penggunaan pelumas palsu membuat kerusakan mesin yang cukup parah. Ya.. karena terbuat dari daur ulang oli bekas tentu kandungan atau komposisi didalamnya sudah tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. 

Dampak yang ditimbulkan adalah mesin akan cepat panas atau overheat karena karena oli tidak dapat meredam gesekan secara sempurna dan yang lebih parah akan membuat baret pada piston yang membuat mesin terdengar kasar dan ngebul.

Bagi orang awam tentu sangat sulit membedakan ciri-ciri oli asli dengan yang palsu, pasalnya jika dilihat secara sepintas tidak ada perbedaan yang terlihat ganjal.  Tak hanya oli mesin palsu bahkan saat ini pelumas oli samping 2 tak juga marak dipalsukan. Jadi patut anda waspadai.

Perbedaan oli samping castrol 2 tak asli dan palsu

  • Tutup Kemasan

Pada castrol asli saat tutup botol dibuka akan terasa lebih mudah dan penyambung yang berbentuk lingkaran kecil akan tertinggal pada botol. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Sementara yang palsu lebih sulit dibuka atau terasa keras dan kancing penyampung tutup botol akan ikut terlebas karena lebih kaku saat dibuka. Ya maklum lah masbro barang palsu tentu kualitas plastik yang dipakai lebih murah.

  • Stiker Kemasan

Pada castrol asli gambar stiker lebih jelas baik pada warna maupun font yang dipakai tegak lurus sempurna. Sementara yang palsu warnanya cenderung lebih buram bahkan terkadang tercetak kurang jelas.

  • Kemasan Botol

Karena sudah memalu pengecatan dari quality control sebelum dipasarkan kemasan castrol asli cenderung lebih rapi, halus dan kemasan botol lebih lentur saat ditekan atau terasa elastis. Sementar yang kw lebih kasar dan sangat terlihat garis penyambung botolnya serta lebih kaku saat ditekan-tekan.

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

  • Warna dan Tekstur Oli


Pada pelumas yang asli warna oli cenderung lebih bening dan bau wangi khuas oli samping sangat menyengat. Sedangkan yang palsu warnanya lebih merah ke coklatan, teksturnya lebih kental dan saat kita hirup tercium seperti solar dan bau seperti gosong atau bau khas terbakar.

  • Harga

Bila masalah harga tentu oli palsu dijual lebih murah ketimbang yang asli. Ini merupakan strategi merketing agar oli KW cepat terjual, bahkan terpaut 10 sampai 20 ribu perbotolnya kemasan. Tak hanya oli mungkin semua diterapkan pada benda.

Baca juga Cara Murah Menghilangkan Warna Kuning Pada Knalpot Stainless

Jadi agar kita tidak dirugikan sebaiknya lebih berhati-hati saat menggunakanya dan cek kondisi fisik barang sebelum membelinya. Oli palsu ini terkadang sering dijumpai pada toko atau kios onderdil kecil yang terkdang luput dari pengawasan, namun tidak menutup kemungkinan terjual bebas di toko besar bahakn yang sudah berlabel sekalipun.

Saat  melakukan servis penggantian oli dibengkel resmi atau non resmi/biasa juga patut di waspadai, sebelum menyerahkan montir sepenuhnya ada baiknya pemilik kendaraan memeriksa terlebih dahulu oli yang digunakan. Meski sulit dikenali mungkin beberapa poin diatas bisa anda terapkan.

Bagaimana ?? Sudah tahu bukan perbedaan oli samping castrol 2 tak asli dan palsu dengan memperhatikan secara jeli cover kemasanya. Sampai disini semoga artikel yang tersaji dapat membantu anda memilih pelumas terbaik buat motor anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas