[WAJIB TAHU] Ini Dia Dampak Buruk Mengamplas Busi


Dampak Buruk Mengamplas Busi Motor - Tentu para baiker sudah tahu lah apa itu busi dan untuk apa fungsinya bagi kendaraan bermotor. Ya komponen yang berukuran sebesar jari telunjuk ini memiliki peran penting serta memiliki dampak langsung pada performa kendaraan anda. Bagaimana tidak tidak Busi ini memiliki peran penting yakni sebagai perantara untuk mempercikan api ke dalam mesin untuk proses pembakaran di dalamnya.


Tanpa adanya kembangan api tentu proses pembakaran tidak mungkin terjadi dan itu artinya mesin tidak dapat menyala dan tidak dapat mengerakkan motor kecuali anda dorong. Agar berfungsi dengan semestinya penting untuk melakukan perawatan atau menggantinya dengan yang baru jika sudah rusak atau mati.

Tanda-tanda busi motor yang kotor atau akan mati ditandai dengan suara mesin motor brebet layaknya mesin akan mati serta saat melaju ditanjakan performa mesin kurang bertenaga meskipun  motor sudah digeber dengan kecepatan tinggi dari bawah.

Klik disini Ini Dia Biang Penyebab Ban Belakang Matic dan Manual Goyang 

Pernah kah anda mengamplas busi motor untuk membersihkanya ?? Perilaku ini sering dilakukan untuk menghilangkan noda kerak hitam serta kotoran yang dimangsudkan agar busi dapat perfungsi dengan semestinya.

Apakah anda tahu bahwa hal tersebut menimbulkan dampak lain pada busi ?? Nah agar rasa pensaran anda dapat terjawab berikut ini adalah uraian singkat mengenai dampak buruk busi motor diamplas.

Dikututip dari tribunnew . " Busi sebenarnya memiliki batas masa pakai, itu artinya busi tidak dapat dipakai secara terus menerus dalam top performa nya. Ada saatnya busi ini performanya akan menurun yang tidak dapat digunakan terus menerus jika tetap dipaksa tentu akan berdampak langsung ada kinerja mesin motor itu sendiri".

Dampak Busi Motor Yang Diamplas

Pengamplasan memang dapat membersihkan busi, namun mengamplasnya justru dapat mengkikis elektroda busi itu sendiri.

Baca juga Cara Cepat Memasang Spion Motor Yang terlepas

Elektroda merupakan bagian kepala busi yang letaknya didalam silinder fungsinya sendiri sebagai penyalur arus listrik untuk menciptakan percikan api. Terdapat dua elektroda pada busi yakni ground dan center.

Kembali pada pejelasan, jika elektroda terkikis meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit justru dapat mengengurangi performa nya.


Prilaku mengaplas busi sanat tidak direkomendasikan, kalaupun ingin membersihkan kerak dan kotran yang menempel gunakanlah cara yang lebih aman yakni menggunakan cairan pembersih yang tidak mengandung metal atau sebagai alternatif lain anda bisa menggunakan bensin. Tutur Rofi'i salah satu mekanik Bengkel Ahhas saat ditemui.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola 

Dia juga membeberkan tips cara membersihkan busi busi motor menggunakan bensin. Untuk melakukanya sangatlah mudah yaitu dengan mepercikkan atau menyiram busi sedikit demi sedikit dengan bensin sambil disikat sampai bersih. Yang perlu adalah jangan meredam busi ke dalam bensin.

Alih-alih pengen cepat bersih perendaman busi justru dalam memperpendak usianya karena bagian elektroda akan terkikis. Jika sudah bersih segera keringan pakai lap yang bersih atau bisa menyeprotkan udara kompresor.

Membersihkan busi memang dapat mengembalikan fungsinya namun hal ini hanya bersifat sementara. Jika pemakianya sudah menempuh jarak 6.000 km(untuk busi standar jenis NGK) sebainya anda mengganti dengan yang baru.

Itu tadi sedikit kutipan dampak buruk mengamplas busi motor, kesimpulanya adalah membersihkan busi tidak dapat menjamin performa busi kembali seutuhnya jadi akan lebih baik anda menggantinya dengan yang baru untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti mesin susah dinyalakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel