Ini Dia Biang Penyebab Ban Belakang Matic dan Manual Goyang


Penyebab Ban Belakang Matic dan Manual Goyang - Roda merupakan komponen motor yang berbentuk bundar serta dilapisi oleh karet ban. Tentu fungsi roda ini adalah sebagai alat pengerak saat motor dijalankan baik saat maju serta mundur. Tentu jika saat berputar namun bergoyang ke kanan dan ke kiri akan membuat laju motor kurang stabil dan cukup membahayakan.


Tak hanya itu ban pada roda juga difungsikan sebagai penahan dari berat motor serta beban yang menaikinya.ban ini juga sebagai peredam dan hentakan ketika motor melewati jalan yang kurang rata. Jadi penting sekali untuk selalu mengecek kondisi ban agar tidak muudah bocor halus.

Tentu tidak semua kondisi ban selalu berputar dengan mulus baik pada motor yang memakai ban ring 17 maupun 14 pada kendaraan matic. Tentu ada biang yang jadi penyebab roda motor tidak berputar dengan yang semestinya yang membuat ban terasa licin terutama saat berbelok.

Baca juga Cara Memperbaiki Sendiri Shock Depan Motor Yang keras 

Penyebab dan cara mengatasi ban belakang motor matic goyang
  •  Pemasangan Ban Yang keliru
Penyebab pertama yang paling umun terjadi adalah pemasangan ban yang kurang pas. Untuk mengeceknya anda memperhatikan garis kecil menlingkar yang letaknya ada dipaling pingir ban berdekatan langsung dengan bibir velg.

Jika garis tersebut miring dan berkelok kelok ada yang masuk didalam ban maka anda harus menata ulang ban sampai garis ban tersebut melingkar dengan bulat.

Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight 

Untuk memperbaikinya anda perlu membuang semua tekanan angin kemudian iki kembali angin dengan tekanan yang tingga. Untuk melancarkan aksi ini sebaiknya gunakan angin yang dihasilkan dari kompresor. Jika memakai pompa ban secara manual maka akan percuma. Serta pastikan juga bahwa posisi pentil tegak lurus.

  • Kembang Ban Tidak rata
Selain mempercantik tanpilanya kembangan ban juga dapat membuat roda berputar kurang sempurna. Hal ini sering terjadi pada ban bawaan honda beat serta vario lama. Memang jika masih baru ban berpudar secara semestinya namun sering dengan pemakian kembangan ban akan menipis dan membuat ban gloyar-goyor layaknya ban kempes. Agar dapat melihatnya dengan jelas anda dapat mengamati permukaan tengah ban dari dekat.

 Baca juga 100% Kuat !! Cara Memperbaiki Dudukan Spion Mobil Yang Patah


Untuk menjaga keselamatan dalam bekendara sebaiknya jika sudah tipis anda dapat menggantinya dengan yang baru. Dengan permukaan ban yang tipis akan membautnya licin terlebih lagi saat musim hujan seperti saat ini.

Memang tidak bisa dipungkiri ban ring 14 akan lebih cepat habis ketimbang yang ring 17. karena ring 14 ukuranya lebih kecil sehingga ban akn berputar lebih cepat.


  • Laker/Laher Sudah Aus
Selain karena ban, penyeba lain juga bisa terjadi pada komponen pengerak pada motor. Komponen pertama yang juga bisa membuat perputaran roda goyang adalah laker AS roda sudah Aus. Pada umunya ronda memiliki 2 komponen laker pada bagian depan maupun belakang. Jika salah satu laker ini sudah kocak maka akan mempengaruhi perputaran roda yang kurang stabil.

Untuk mengatasai hal ini dengan mengganti laker yang baru. Untuk satu laker motor dijual seharga 15rb tergantung jenis kendaran anda. Jika kurang ahli atau merasa ragu untuk memasangnya sendiri sebagiknya anda bisa membawanya ke bengkel.

  • Baut As Rusak
Penyebab motor goyang seperti ban kembes juga bisa disebabkan kerusakan pada As roda. Untuk mengeceknya anda bisa membuka ban terlebih dahulu kemudian perhatikan baut as tersebut apakah masih mulus atau ada retakan atau ada luka meski retakan tersebut sangatlah kecil dapat memicu roda kurang stabil.

Jika sudah rusak sebaiknya ganti dengan yang baru sehingga motor akan terasa nyaman meski motor dipacu dengan kecepatan yang tinggi.

Pemasangan mur As yang kendur juga dapat mengurangi ke stabilan motor saat motor berjalan akan terasa bergoyang. Sehingga pastikan saat anda membuka ban mur As sudah kencang.

  • Jari-Jari Vleg Kendor
Penyebab ban belakang oblak juga bisa disebabkan jari-jari pada vleg. Tentu kita tahu fungsi jari-jari ini adalah sebagai penghubung antara velg dengan tromol. Jika salah satu jari-jari kendur tentu akan mengurangi ke stabilan motor saat berjalan. Untuk itu stel ulang velg pada tukang yang menang suda menguasai stel velg. Perlu anda ketahui penyetelan velg yang kutang pas meskipun hanya sedikit juga bisa membuat ban goyah ketika berputar.

  • Baut Supitan Kendur
Tentu kita sudah tahu bahwa supitan merupakan penghubung roda belakang. Jika baut supitan kendur tentu saat motor melaju otomatis peputaran ban belakang akan bergoyang. Mengapa baut supitan dapat kendur ? Seiring dengan permakian serts getaran dari mesin membuat lambat laun baut supitan ini mulai kendur yang. Letak baut supitan ini sendiri berada persis dibagian bawah sasis motor.

Untuk mengatasinya anda harus mengencangkanya terlebih dahulu menggunakan kunci 14 inchi(tergantung jenis kendaraan).

  • Shock Breaker Rusak
Selain membuat motor terasa keras, shock yang rusak juga dapat membuat motor bergoyang seperti ban yang kurang angin. Terlebih lagi bila motor diginukana untuk berboncengan justru goyangan tersebut akan semakin terasa. Maka jika shock sudah mati gantilah dengan yang baru agar motor tidak mengeluarkan bunyi daak saat melewati polisi tidur atau jalan yang rusak. 

Oke..Sampai disini info tetang penyebab ban belakang goyang motor matic dan manual goyang. Semoga dengan anda membaca ulasan anda bisa dengan cepat memperbaiki komponen motor yang mengalami keruskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel