Penyebab Dan Cara Mengatasi Klakson Kadang Bunyi Kadang Tidak


Cara Mengatasi Klakson Kadang Bunyi Kadang Tidak - Hallo para pecinta kendaraan roda dua, tentunya saat kita berkendara dijalan tidak akan sendirian banyak kendaraan yang malang melintang baik searah maupun berlawanan arah yang ada disekitar kita. Untuk memberikan tanda keberadaan kita atau sekedar memberikan peringatan pada motor maupun mobil yang ada didepan tentu komponen klakson motor jadi pilihan. Ngak mungkin to harus teriak ditengah jalan.


Selain memberikan penanda pada kendaraan lain klakson juga sangat penting dinyalakan saat ada orang yang ingin menyaprang. Namun terkadang klakson motor ini juga tak luput dari berbagai permasalahan salah satu yang sering terjadi adalah kadang bunyi kadang tidak. Meskipun bunyi manun suara yang dikeluarkan sangatlah pelan. Tentu jika hal ini terjadi disaat situasi yang genting akan membuat anda jengkel bahkan dapat memicu emosi.

Karena fungsinya tergolong sangat penting tak sidikit orang yang membarkan klakson nya mati dan tanpa ada niatan untuk memperbaikinya dengan alasan klason yang mati tidak memperngaruhi performa motor serta tidak membuat mogok ditengah perjalanan.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel 

Meski motor tergolong masi baru permasalaan klakson motor mati juga dapat terjadi pada motor anda baik pada motor beat ataupun jenis kendaraan lainya.

Penyebab Suara Klakson Motor Lemah atau Mati 

Jika saat ini suara klakson motor anda lemah jangan terburu-buru mengawanya ke bengkel karena belum tentu rumah keong tersebut rusak. Untuk mengetahui apa yang jadi penyebab pastinya anda bisa mempelajari beberapa biang penyebab sekaligus bagaimana cara mengatasinya.

1. Tombol atau saklar klakson sudah berkarat 

Permasalahan ini memang sering menjadi biang kerok penyebab klakson kadang hiduo kadang mati saat ditekan. Bukan hanya karna fakor umur kurangnya perawatan pada motor misl tidak langsung mencuci motor setelah kehujanan juga membuat tembaga saklar menjadi berkarat. Tentu karat ini akan menggangu atau dapat menghambat aliran listrik.

Baca juga Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor


Untuk mengatasinya  harus menghilangkan karat tersebut dengan cara membuka saklar yang menempel pada dek motor. kemduain cek ujung saklar yang terlapis besi/tembahga jika terlihat kotor, banyak kerak dan karat yang menempel segera bersihkan dengan cara mengamplasnya hingga bersih.

Jika kondisi saklar memang sudah rusak dan komponen logamnya sudah banyak tertutup karat akan lebih baik anda bisa menggantinya dengan yang baru dengan harga 20rb tergantung jenis motor anda.

2. Cek kondisi Aki

Tentu kita usdah tahu bahwa fungsi utama aki adalah sebagai penyimpan arus listrik, jadi bila aki anda soak atau sudah tidak dapat menyimpan arus listrik dengan semestinya otomatis klakson tidak bisa hidup dengan keras.

Selain klakso bila aki sudah soak juga akan dibarengi dengan redupnya lampu sein serta lampu utama yang bersinar kurang terang. Sebaiknya jika aki sudah soak anda dapat menggantinya dengan yang baru atau dapat membawanya ke tukang tukar tambah aki.

 Baca juga Cara Memperbaiki Accu Motor Yang Mati Dengan Bodrex 

3. Periksa kondisi kabel

Jika usia klaskon masih tergolong baru atau motor terbaru namun suara yang dikeluarkanya sangat pelan atau bahkan tidak bunyi sama sekali tidak ada salahnya anda dapat mengecek kondisi struktur kabel.


Terkadang ada kabel klakson yang yang terhubung dari saklar ke rumah keong ada yang terlepas atau tidak menancap kurang kencang. Selain karena kabel baut platina yang menancap dibelakang klakson yang kurang pas akibat motor sering tergoncang saat melewati jalan yang kurang rata.

Untuk mengatasi hal ini anda dapat anda dapat melepaskan baut pengunci yang ada pada speaker klakson kemudian pasangkan pada posisi awalnya.

Setelah selesai anda dapat melakukan pengecekan dengan menekan saklar klakson jika sudah berbunyi maka anda sukses menerapkan kabel ke posisi yang tepat. jika belum nyala cek lagi struktur kabelnya hingga benar-benar mengeluarkan suara yang semestinya.

4. Buat saklar kendor

Penyebab suara klakson motor yang lemah berikutnya adalah baut pengencang yang kendur. Sepele sih kelihatanya namun baut ini memiliki fungsi yang sangat penting. Pada umunya klakson memiliki 2 buah baut baik pada sepeda motor ataupun mobil.

Selain fungsinya untuk menempelkan klakson pada besi motor, bila baut ini sudah kendro akan langsung berimbas ke suara klakson yang menjadi lemah bahkan mati.

Mengapa baut ini bisa kendor ? Kendornya baut ini bia diakibatkan karena getaran yang dihasilkan dari mesin yang berimbas kendornya baut tersebut. Jadi agar klakson dapat mengeluarkan suara pastikan anda mengencangkan ke 2 baut tersebut hingga kencang.

5. Cek kondisi klakson

Jika 4 poin diatas sudah anda cek semua namun tidak ada satupun yang berhasil, kemungkinan besar klakson mengalami kerusakan sehingga tidak dapat mengeluarkan bunyi yang semestinya. Untuk mengeceknya lebih lanjut apakah memang suda rusak anda bisa mengecaknya dengan cara menyambungkan kabel listrik dari mesin secara langsung pada klakson serta jangan luma untuk memasang kabel ground untuk menjaga keamanan.

Ciri-ciri klakson yang sudah mati atau rusak adalah tidak dapat mengeluarkan bunyi sama sekali bahkan tanpa ada getaran yang dihasilkan. jadi bila rusak agar tetap aman saat berkendara sebaiknya anda bergegas untuk membeli yang baru.

Demikianlah 5 tips yang dapat saya paparkan untuk cara mengatasi klakson kadang bunyi kadang tidak dengan anda bisa memperbaikinya sendiri dirumah tentu ada akan mendapatkan keahliahn yang baru yang masi bisa dimanfaatkan dikemudian hari jika motor yang lainya juga mengalami kasus yang sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel