Mengenal Beberapa Tipe Spray Gun dan Fungsinya - Info Cat

Mengenal beberapa tipe spray gun dan fungsinya - Spraygun merupakan salah satu perawatan wajib yang harus dimiliki tukang cat baik mobil, motor atau melamin, kalau tidak ada mau pakai apa coba ? kuas ? Ngak mungkin kan. Setiap spray gun memiliki bermacam jenis tapi memiliki tujuan sama yakni sebagai alat yang mengubah benda cair menjaga butiran halus atau antomisai. Penggunanya pun tak asal sembarangan, dibutuhkan kelenturan tangan agar mampu mengecat dengan bentuk objek berbeda, misal saat pola vertikal ataupun horizontal.

Dipasaran sendiri baik online maupun offline sudah banyak beredar ratusan merk dengan bervariasi muali ratusan ribu hingga jutaan rupiah pada merk tertentu. Namun saat membeli produk spray gun pelu kehati-hatian ya masbro, pasalnya ada beberapa spray gun meiji palsu yang kami temui bahkan sudah kami coba dan hasilnya cukup mengecewakan. Jadi jangan terkecoh merk mewah dengan harga miring.

Satu set spray gun biasanya sudah terlengkapi penunjang penggunaanya, seperti sikat kecil untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau tangan yakni park nozzel dan komponen kecil lainya. Selain sikat terdapat pula kunci yang didesain menjadi beberapa ukuran guna memudahkan anda saat bongkar pasang. Pada merk tertetu yang lebih mahal biasanya terdapat pula nozzel dan tabung tambahan bahkan ada terlengkapi filter udara.

Mengenal tipe spray gun dan fungsinya


Spray gun HVLP

HVLP atau high volume low presure dengan posisi tabung diatas paling banyak diaplikasikan buat base coat/pengecaatan namun terkadang juga ada beberapa yang memakainya pada saat clear coat atau epoxy. 

Dari pengalaman pribadi spray gun tipe pertama ini sangat mudah digunakan dan lebih praktis, anda tak perlu khawatir cat akan tumpah asalkan penutupanya sesuai dengan prosedur. Meski posisinya tabung ini posisinya bisa dinaik turunkan dengan cara mengendorkan baut yang ada disamping. Jika mengecat objek posisi diatas agan tinggal memutar tabung keatas mengikuti sesuai kebutuhan.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Saya sendiri sudah 5 tahun lebih masih mempercayakan spray gun tabung atas untuk pengerjaan semacam body repair. Jika masih pemula tidak ada salahnya anda membeli spraygun murah terelebih dahulu, pasalnya bila mana perawatan perawatan spray gun tidak benar benar bersih kemungkinan besar akan mengalami kerusakan dan ini berdampak langsung dengan performanya. Soo.. Pikirkan kembali yaa..

Spray gun Gravity

Beda dengan tipe HVLP, spray gun gravity letak tabung penampung cat posisinya ada dibawah dan biasanya untuk proses clear coat.

Bisa dikatakan tipe tabung bawah merupakan jenis spray gun pertama yang muncul dipasaran dengan harga yang masih cukup tinggi. Tipe spray gun kedua ini saya pribadi kurang menyukainya, pasalnya didalam tabung terdapat pipa kecil yang mana bisa cat atau pernis masih tersisa dalam jumlah sedikit maka tidak dapat tersedot keatas sepenuhnya atau tidak mampu menghasilkan semua cairan di dalamnya.


Tipe tabung bawah ini paling pas diaplakaskan untuk pengecatan objek cukup lebar seperti pengecatan elf travel, bus atau bak truk. Karena mampu menampung cat dalam jumlah banyak jadi lebih ke efisiensi tanpa perlu bolak balik sekedar pengisian matrial.

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Dari semua jenis spray gun dilengkapi beberapa setelan yang mana memiliki fungsi sebagai pengatur volume bahan, udara serta jumlah tekan udara yang perlu dikeluarkan. Berikut penjelasan singkatnya.

Pengaturan tekanan udara



Semakin besar jumlah udara yang keluar maka daya semprot cat akan jadi partikel lebih kecil dan banyak residu cat yang ikut terbang terbawa angin. Namun jika jika spray gun di dekatkan pada objek akan menghasilkan pengecatan yang lebih merata dan lebih glossy pada saat clear coat, namun bagi pemula lebih berhati-hati karena dikhawatirkan akan meleleh. 

Pengaturan lebar sempit semburan cat

Komponen kedua adalah untuk mengatur lebar sempit semburan cat yang keluar dari lubang nozzel. Bila menginginkan cat keluar dengan jarak lebar anda cukup mengendorkan baut setelanya, sebaliknya jika ingin lebih kecil cukup dikencangkan ke dalam atau putar searah jarum jam.



Ini bisa disesuaikan dengan objek yang akan dicat. Jika bidang berukuran cukup besar anda bisa mengendorkan baut settingan agar semburan cat keluar lebih lebar, begitu sebaliknya untuk pengecatan objek kecil seperti body motor.

Baca juga Cara Memperbaiki Spray Gun Yang Mampet dan Tersendat

Dengan menentukan settingan yang sesuai tentu lebih efisiensi bahan karena residu cat yang keluar jadi lebih terkontrol.

Pengaturan volume bahan

Settingan ke tiga adalah untuk mengatur jumlah bahan cat/clear coat yang keluar dalam sekali tekan atau semprot. Jika knop dikencangkan volume cat yang keluar lebih sedikit, secara otomatis pengecatan cenderung tipis. Sebaliknya bila dikendurkan jumlah cat yang keluar lebih banyak dan menebal.


Pengaturan jumlah matrial bahan yang keluar ini juga tak boleh asal yaa masbro, pasalnya bila terlalu banyak pengecatan cenderung menebal dan berdampak meleleh terutama saat clear coat. Sebliknya bila jumlah cat keluar lebih sedikit justru memperlama proses pengerjaan anda dan cenderung lebih kasar. 

Jadi ketiga settingan tersebut harus sesuai, bila jumlah cat keluar kita buat cukup banyak tentu settingan angin juga lebih besar. Jika angin kurang kuat justru cat terlibat lebih menumpuk dan cenderung bertekstur kulit jeruk.

Demikian ulasan mengenai beberapa tipe spray gun dan fungsinya, yang terpenting adalah jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihanya. Meski merk berkualitas sekalipun jika mengalami sumbatan tentu mengurangi performnya.. Nexs kami ulas seputar body repair lain dan terima kasih sudah menyempatkan sekedar membacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas