Kriteria Spray Gun Yang Cocok untuk Clear Coat

Kriteria spray gun yang cocok untuk clear coat - Bisa dikatakan pekerjaan seperti body repair bukanlah perkara mudah. Khusus pemula tak sedikit yang merasa gagal atau kurang puas dengan hasil pengecatanya sendiri, mulai dari clear tidak kunjung kering, permukaan cat bolong-bolong bahkan timbul keriting. Beberapa permasalahan tersebut sebetulnya bisa dihindari atau dicegah dengan pemakian bahan serta teknik saat pengaplikasian, ya namanya juga keterampilan tangan terkadang mengalami beberapa kendala.

Baik pengecatan mobil maupun motor tentu tak luput yang namanya spray gun. Fungsinya sendiri sebagai alat mengantomisasi cat yang awalnya cair kemudian dikabutkan hingga terlihat lembut saat keluar dari lubang nozzel. Tentu ini berdampak besar dengan hasil pengecatan anda, pasalnya bila partikel cat yang keluar cenderung besar-besar tentu membuat hasil pengecatan anda cenderung bertekstur kulit jeruk yang sulit dihilangkan. 

Jika kita ulas lebih dalam spray gun terdapat 2 tipe yakni tabung atas dengan tabung bawah serta berteknologi HVLP atau masih biasa. Kelebihan spray gun hvlp adalah mampu menghasilkan semburan cat yang lebih halus dengan membutuhkan sedikit udara serta mampu menggurangi jumlah residut cat yang terbawa angin. Jadi penggunanya lebih hemat baik untuk topcoat, clear coat ataupun epoxy.

Untuk mobil sebaiknya gunakan tipe spraygun yang ukuranya lebih besar yakni F75 atau F100. Sementara untuk motor pemakainya bisa lebih kecil bisa pakai spraygun K3 ataupun R3. Pemakian yang sesuia fungsinya tentu mampu bekerja secara maksimal dan memperlama usia pakai. Namun khusus epoxy sebaiknya pemakianya bisa disendirikan begitu juga untuk clear coat nya.

Kriteria spray gun yang cocok untuk clear coat

Seperti yang kita tahu clear coat merupakan tahap akhir dari urutan cara mengecat mobil, pada tahap akhir inilah yang menentukan bagus tidaknya hasil repiar anda yang cukup menyita waktu. Tak sedikit yang merasa gagal pada tahap ini mulai dari clear coat bolong bolong, pernis meleleh atau tekstur kulit jeruk cenderung lebih besara dan kasar.

Agar mampu menghasilkan repair yang halus penggunaan spray gun juga perlu dipertimbangkan. Sebaiknya untuk clear coat pilihlah spraygun yang mampu menyemburkan pernis lebih lembut, padat merata dan tidak pecah tengah. Ngak perlu pakai yang harga mahal masbro, pasalnya jika kita jeli memilih sebetulnya ada beberama merk spraygun murah dengn kualitas bagus kok baik untuk mobil ataupun motor.

Baca juga Cara Membedakan Spray Gun Meiji Asli dan Palsu

Sebaiknya sebelum melakukan proses clear coat anda bisa mencoba spray gun terlebih dahulu dan amati pernis yang keluar dari nozzel, jika semburanya lembut merata dan lebar anda bisa melanjutkanya. Namun bila semburanya kurang rata, pecah tengah sebaiknya tunda sejenak untuk untuk memperbaikinya dengan cara mengecek disetia lubang nozzel apakah mengalami buntu atau tidak. Jika ada bersihkan terlebih dahalu dengan sikat gigi hingga tidak ada sumbantan yang menutupinya.


Seperti yang sudah kami sebut tadi untuk pengecatan mobil khusus clear coat idelanya pakai F100 sementara motor pakai yang lebih kecil K3. Untuk menghindari cat bolong bolong sebaiknya gunakan filter air agar air tidak bercampur cat dan kuras tabung kompresor sesering mungkin.   

Oke, jadi sudah tahu bukan mana kriteria spray gun yang cocok untuk clear coat untuk menjaga agar selalu dalam performanya sebaiknya cuci bersih setelah digunakan dan memastikan tidak ada sumbatan di seluruh lubang nozzel baik dalam maupun luar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas