UNBOXING.. Perbedaan Spray Gun F75 dengan F100 Untuk Cat Mobil


Perbedaan spray gun F75 dan F100 untuk cat mobil - Hallo dulur - Belakangan ini manyak yang mencari postingan bagai mana cara mengecat mobil untuk pemula. Tak heran bila banyak yang membutuhkanya, pasalnya dari tahun ketahun peminat mobil makin marak baik untuk bekas atau membeli langsung ke dealer resmi yang hanya DP 10 jutaan kita sudah bisa membawanya pulang. 

Namun meski berjuta turtorial kita baca maupun lihat vidio dari youtube nyatanya ada beberapa yang masih mengeluhkan mengapa hasil reapir tidak seperti yang diharapakan. Beberapa kendala yang kerap dijumpai adalah hasil repair terlihat belang atau cat cenderung tidak rata atau sambungan cat lama dan cat baru sangat terlihat.

Ya untuk menghasilkan hasil repair yang bagus dan tahan lama dibutuhkan merk cat yang bagus dengan didukung cara pengaplikasikan dengan baik dan benar. Sebaiknya untuk campuran cat gunakan thinner super dan tinner PU sebagai pelarut clear coat. Sebaiknya saat musim hujan seperti ini tunda dulu jika ingin mengecat, pasalnya bila dipaksa tentu hasil yang di dapat kurang baik seperti timbulnya kabut pada pernis serta membuat cat menjadi berembun.

Selain perlu penggunaan bahan kualitas tinggi memilihan peralatan pendukung juga tak kalah penting yakni spray gun. Seperti yang kita tahu fungsi spraygun adalah untuk mengantomisasi cat yang awalnya cair dikabutkan yang dibantu angin bertekanan dari kompresor. Semakin lembut matrial cat yang keluar semakin halus juga hasil repair anda tanpa tekstur kulit jeruk.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Sebaiknya untuk mengecat mobil saya rekomendasikan untuk pakai tipe F75 dan F100. Mengapa demikian ?  Beda dengan motor body mobil dimensinya lebih besar dan sangat terlihat bila terjadi kesalahan. Jadi agar semua pekerjaan berjalan mulus gunakan spraygun yang ukuranya lebih besar.

Perbedaan spray gun F75 dengan F100 untuk cat mobil


Spray Gun F75

Pertama kali yang akan kita ulas adalah tipe f75. Jika diperhatikan sepintas tidak ada perbedaan yang signifikat baik letak setelan angin atau pengatura jumlah cat keluar. Hanya saja ukuranya sediki lebih kecil baik dari segi fisik maupun ukuran komponen yang disematkan. 

 Spesifikasi :

Ukuran Nozzel : 1.5 mm

Operating Pressure : 3.0 - 4.0 bar/2.5 - 4.5 kgf/cm2

Lebar Sebar : 150 - 180 mm

Jarak Pengecatan : 15 - 20 cm

Air Consumption : 4,6 - 7 kfm

Kapasitas Tabung : 400 cc

Tipe Tabung : Gravity (Tabung Atas)

Sementara untuk harganya tentu lebih murah ya masbro karena ukuranya lebih kecil ada yang 100 ribuan dan 300 ribu keatas untuk merk ternama seperti wipro, meiji, auarita dan lainya. Namun berhati-hatilah saat membeli spray gun ya masbro, pasalnya saat ini marak meiji palsu yang jelas merugikan anda. 


Ukuran F75 ini lebih sering saya pakai untuk tambal sulam cat namun terkadang juga kami gunakan untuk cat ulang full body baik untuk top coat maupun clear coat.

Spray Gun F100

Seperti yang sudah kami singgung F100 ukuranya lebih besar sehingga paling pas dibuat untuk cat ulang full body dengan begitu proses pengerjaan jauh lebih cepat. Untuk tipe F100 lebih sering saya gunakan saat proses clear Coat dimana semburannya jauh lebih halus ketimbang F75 serta jarak semburanya lebih lebar. Pas banget diaplikasikan saat mengecat warna silver yang rawan belang.

Beberapa keunggulan spraygun F100 adalah daya sebar cat 150 - 180 mm dengan jarak pengecatan ideal 10-15 cm. Karena ukuranya lebih besar tentu butuh  konsumsi angin yang cukup banyak, jadi sebelum anda putuskan ingin menggunkanya pastikan kompresor mampu menghasilkan tekanan angin cukup kuat. Kami sarankan pakai kompresor ukuran 2 HP, pasalnya khusus untuk proses clear coat butuh angin stabil agar tidak meleleh atau bertekstur kulit jeruk.

Jumlah Spray gun untuk cat mobil

Idealnya untuk pengecatan baik mobil maupun motor saya sarankan paling minim punya 3 spraygun yakni untuk epoxy, top coat dan clear coat, sebetulnya 4 ya jadi penggunaan untuk pengecatan waran metalik dan solid disendirikan. Dengan begitu saat mengecat warna solid residu metalik yang tertinggal tidak tercampur, jadi perlu dipertimbangkan.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Dengan membedakan fungsiny tentu lebih aman terutama saat proses clear coat, jadi untuk clear atau epoxy perlu disendirikan. Biar makin awet dan selalu dalam performanya sebaiknya cuci sehabis dipakai luar dalam hingga residu yang ada didalamnya menghilang. 

Kesimpulan

Jadi dapat diambil perbedaan yang spesifik adalah F100 lebih unggul dimana mampu menyemburkan cat dengan ukuran yang lebih lebar serta lebih lembut/hasul. Jadi saya rekomendasikan untuk proses clear coat pakai tipe F100 dengan ukuran kompresor yang mumpuni.

Oke.. Demikian tadi perbedaan spray gun F75 dan F100 untuk cat mobil penggunaan yang sesuai fungsinya tentu memberikan hasil repair yang baik. Semoga bermanfaat dan terimkasih sudah mampir ke blog sederhana ini. Nexs akan kami tulis seputar mengecat yang lebih menarik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas