Penyebab dan Cara Mengatasi Clear Coat Agar Tidak Berkabut

Penyebab dan cara mengetasi clear coat agar tidak - Hallo dulur.. Tak sedikit orang merasa gagal saat proses repair baik untuk cat mobil maupun motor. Sebetulnya keduanya tidak ada perbedaan ya masbro, baik secara teknik maupun tingkat bahan yang digunakan. Namun untuk mobil memang sedikit rumit dan lebih banyak tantangan, pasalnya cat  harus benar-benar glossy dan tidak ada tekstur kulit jeruk dipermukaanya bahkan ada yang belang. 

Dari semua tahapan proses clear coat lah yang paling sulit dan menentukan bagus tidaknya pekerjaan anda. Dibutuhkan teknik serta jam terbang lama agar mampu menghasilkan cat kilap basah dengan menimpa resiki seperti clear meleleh atau cat timbul keriting/ngangkat. Agar semua berjalan mulus jarak ideal spray gun dengan objek perlu diperhatikan ya masbro, sehingga hasil pengecatan teksturnya lebih mulus dan tidak cenderung kasar.

Sebetulnya untuk naik ke tahap clear coat cat tidak perlu diamplas ya masbro, tindakan ini justru membuat baret bekas amplas akan jelas terlihat saat terlapis pernis. Untuk menghasilkan permukaan cat halus tanpa diamplas sebetulnya sangat simples ya, yakni memakai thinner super sebagai campuranya dengan takaran cat dan tiner yang pass.

Penyebab Clear Coat Berkabut dan Cara Mengatasi nya

Seperti yang kami katakan tadi tahap clear Coat merupakan penentu bagus tidaknya repair anda. Jadi sebelim diaplikasikan dibutuhkan kemantapan hati, pasalnya boal dilakukan secara ragu-ragu justru hasilnya akan kurang baik. Beberapa permasalahan yang sering dihadapi adalah timbulnya kabut pada permukaan clear coat. Nah berikut adalah beberapa poin mengapa pernis bisa berkabut.

Penggunaan Thinner

Poin pertama adalah kelirunya pemakain thiner untuk campuranya, idealnya untuk mixing clear coat adalah memakai tinner PU. Mengapa demikian ? Berbeda dengan tipe lain tiner PU/bakar sifatnya cepat mengguap dan panas, jadi tanpa butuh mesin oven atau meski prosesnya diruang terbuka pernis akan mengering setelah disemprotkan.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Beberapa orang salah kaprah yang justru memakai thinner super cobra atau ND sebagai campuranya. Selain memperlambat proses pengeringan dan mampu menimbulkan kabut penggunaan thinner biasa juga menggurangi tinggat glossy pad pernis itu sendiri.



Untuk urusan thinner kami sarankan jangan membeli eceran ya masbro, yang dibungkus plastik atau botol minum. Terkadang ada beberapa oknum nakal yang sengaja mengoplosnya dengan bahan lain. Tentu hal ini kurang baik serta membuat cat tidak bisa tercampur secara sempurna. Jadi untuk menghindari hal ini anda bisa memakai tiner kemasan dengan merk terpercaya.

Faktor Cuaca

Musim hujan merupakan salah satu kendala untuk mengecat, ya tanpa sinar matahari cat akan mengering lebih lama. Beda lagi bila memiliki mesin oven baik siang malam atau hujan lebat sekalipun masih bisa mengecat tanpa mengurangi kualitasnya.



Bagi yang prosesnya diluar ruangan sebaiknya saat hujan datang sebaiknya hentikan pengecatan. Saat terjadi hujan maupun mendung objek yang akan kita cat berubah jadi dingin hal inilah yang membuat timbulnya embun dan kabut saat kita cat.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Seperti yang kita tahu tinner memiliki sifat panas bila ketemu degan objek dengan suhu dingin tentu akan menghasilkan reaksi kimia. Tentu masih ingat ya pelajaran fisika waktu smp.hehehe

Sebaiknya untuk menghindari hal yang tidak dinginkan hindari pengecatan saat hujan turun. Selain membuat cat dan clear coat berkabut, air yang terbawa angin kemungkinan besar mengenai pernis dan membuat bolong bolong dipermukaanya.

Mengatasi clear coat Berkabut

Untuk mengatasinya sebetulnya cukup simpel ya masbro, sebelum ditimpa kembali tunggu hingga kabut menghilang selama beberapa menit. Bila dipaksakan justru kabut dipermukaanya akan semakin bertambah. Tentu hal ini menjadi kurang baik yakni menggurangi tingkat kekerasan dan glossy pada pernis. 

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Clear Yang Tidak Mau Kering

Jadi kunci disini adalah kesabaran dan ketelitian. Jika dipaksa mengecat saat sedang hujan sebaiknya gunakan lampu sorot atau hair dryer sebagai alat pengering bila tidak memiliki ruang oven. 

Sebetulnya faktor kuat penyebab clear coat berkabut adalah penggunaan thinner yang tidak sesuai. Meski cuaca sedang mendung atau tidak ada panas sekalipun bila pakai tiner PU sebagai pelarutnya tidak mempengaruhi hasil repair serta pernis tetap mengkilap dengan proses pengeringan yang cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas